10 Manfaat Jus Strawberry untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin C-nya bantu produksi kolagen untuk kesehatan kulit

10 Manfaat Jus Strawberry untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Buah stroberi atau strawberry adalah buah bernama latin Fragaria ananassa yang memiliki warna merah cerah dan cenderung asam manis. Buah satu ini mampu memikat banyak orang karena menjadi sumber yang bagus untuk vitamin C, mangan, vitamin B9, dan potasium.

Di Indonesia, strawberry kerap diolah menjadi hidangan serta minuman lezat seperti jus, puding, kue, dan masih banyak lagi. Salah satu olahan yang paling populer adalah jus stroberi. Nah di bawah ini Yummy App membagikan kandungan jus strawberry, yuk disimak! 

Baca Juga: ​10 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh 

Kandungan Jus Strawberry

kandungan nutrisi jus strawberry
ilustrasi jus strawberry (pexels.com/Cup of Couple)

Stroberi sebagian besar terdiri dari air (91%) dan karbohidrat (7,7%), serta hanya mengandung sedikit lemak (0,3%) dan protein (0,7%).

Menurut Food Data Central US Departement of Agriculture perkiraan nutrisi dalam 3,5 ons (100 gram) strawberry mentah adalah sebagai berikut:

  • 32 kalori
  • 91% air
  • 0,7 gram protein
  • 7,7 gram karbohidrat
  • 4,9 gram gula
  • 2 gram serat
  • 0,3 gram lemak

Jus strawberry juga berguna sebagai diet penurunan berat badan rendah kalori yang sekaligus dapat memberi tubuh nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang terkonsentrasi.

Jus strawberry merupakan sumber vitamin C, asam folat, kalium, mangan, seng, tembaga, vitamin E, vitamin B-kompleks, kalsium, senyawa polifenol, dan gula alami yang sangat baik untuk sistem fisiologis tubuh.

Manfaat Jus Strawberry

manfaat jus strawberry
ilustrasi jus strawberry (pexels.com/Milada Vigerova)

Jus strawberry memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Lalu, apa saja manfaat yang terkandung di dalamnya?

1. Kaya akan vitamin C

Jus strawberry mengandung tinggi vitamin C yang penting untuk sistem kekebalan tubuh karena membantu melawan infeksi. Tak hanya itu, vitamin C juga turut membantu menjaga kesehatan mata yang dapat muncul seiring bertambahnya usia.

2. Melawan kerusakan sel

Strawberry mengandung antioksidan seperti flavonoid dan asam ellagic, yang dapat membantu melawan kerusakan sel dan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan dalam strawberry juga mendorong produksi kolagen dalam tubuh yang dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

3. Menjaga kesehatan jantung

Strawberry dikenal sebagai salah satu buah yang baik untuk jantung. Kandungan antioksidan dalam jus strawberry dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan mengendalikan tekanan darah.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat Ini Turunkan Resiko Penyakit Jantung!

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Salah satu cara untuk menjaga kulit sehat yaitu dengan banyak mengonsumsi collagen booster. Nah, kamu bisa mendapatkannya secara alami lewat jus strawberry.

Antioksidan dan vitamin C dalam jus strawberry dapat membantu produksi kolagen, yang membuat kulit tetap kenyal dan mencegah penuaan dini serta kerutan.

5. Membantu pencernaan

Bagi kamu yang sulit BAB, tidak ada salahnya untuk memperbanyak minum jus strawberry. Dengan kandungan air dan seratnya yang tinggi, strawberry dapat membantu melancarkan BAB, mencegah sembelit, dan meningkatkan kesehatan pencernaan kamu.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Strawberry juga termasuk dalam daftar buah yang baik untuk orang berkolesterol tinggi, lho. Kandungan serat dan antioksidan dalam jus strawberry dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

7. Mengurangi risiko kanker

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa buah beri dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker melalui kemampuannya melawan stres oksidatif dan peradangan.

Stroberi sendiri telah terbukti menghambat pembentukan tumor pada hewan yang menderita kanker mulut dan pada sel kanker hati manusia. Asam ellagic dalam strawberry telah dikaitkan dengan kemampuan untuk melawan pertumbuhan sel kanker. 

8. Mengontrol diabetes

Ketika karbohidrat dicerna, tubuh akan memecahnya menjadi gula sederhana lalu melepaskannya ke dalam aliran darah dan mulai memproduksi insulin.

Nah, stroberi mampu memperlambat pencernaan glukosa dan mengurangi lonjakan glukosa dan insulin. Oleh karena itu, stroberi berkemungkinan untuk mencegah sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

9. Meningkatkan fungsi otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dan senyawa dalam jus strawberry dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif. Jika dikonsumsi rutin dalam porsi wajar, jus strawberry dapat menurunkan penyakit Alzheimer dan demensia.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kombinasi vitamin dan antioksidan dalam jus strawberry dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan. Vitamin C dan antioksidan dalam strawberry membuat tubuh lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: 9 Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan

Itulah beberapa manfaat jus strawberry yang harus Sobat Yummy ketahui. Agar manfaatnya dapat maksimal, pastikan untuk mengonsumsinya dengan bijak, tanpa pemanis yang tidak perlu dan dengan porsi seimbang sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan aktif.

Apabila ingin mengetahui informasi serupa lebih banyak lagi, yuk, unduh Yummy App dan temukan beragam tips dan rekomendasi seputar kuliner yang tentu sangat bermanfaat.

Di balik rasa asam manisnya yang segar, jus strawberry juga menyimpan manfaat besar bagi kesehatan, lho.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Annisaa T.K

Annisaa T.K

Strawberry Cupcake

Strawberry Cupcake

(5.0)

30 mnt

191

Artikel Lainnya di nutrisi