​10 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh 

Temukan beragam manfaat jus tomat untuk kesehatan tubuh

​10 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh 

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Tomat merupakan salah satu buah yang menyegarkan dan kaya akan kandungan seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Buah dengan nama latin Solanum lycopersicum ini dapat diolah menjadi beragam santapan yang nikmat. Salah satu olahan tomat yang paling populer adalah jus tomat. 

Kandungan Jus Tomat

jus tomat
ilustrasi jus tomat (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Jus tomat memiliki cita rasa ringan yang menyegarkan dan kerap dijadikan minuman untuk menemani musim panas. Selain rasanya yang lezat dan menyegarkan, jus tomat juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut  Food Data Central US Department of Agriculture, berikut informasi nutrisi untuk 1 cangkir (240 ml) jus tomat 100 persen:

  • Kalori: 41
  • Protein: 2 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin A: 22 persen dari Nilai Harian/Daily Value (DV)
  • Vitamin C: 74 persen dari DV
  • Vitamin K: 7 persen dari DV
  • Tiamin (vitamin B1): 8 persen dari DV
  • Niacin (vitamin B3): 8 persen dari DV
  • Piridoksin (vitamin B6): 13 persen dari DV
  • Folat (vitamin B9): 12 persen dari DV
  • Magnesium: 7 persen dari DV
  • Kalium: 16 persen dari DV
  • Tembaga: 7 persen dari DV
  • Mangan: 9 persen dari DV.

Nah, berikut Yummy App berikan juga 10 manfaat jus tomat yang harus Sobat Yummy ketahui, yuk, simak!

1. Sumber antioksidan

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa minum jus tomat yang kaya likopen memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan tubuh khususnya untuk mengurangi peradangan atau inflammation. Tomat mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan likopen, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan jantung

Tomat telah dikenal mengandung likopen dan beta-karoten. Kandungan likopen dalam tomat dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

3. Menurunkan risiko kanker

Karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi, jus tomat telah terbukti memiliki efek anti kanker dalam beberapa penelitian. Likopen dalam tomat juga dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus besar.

4. Meningkatkan kesehatan mata

jus tomat
ilustrasi jus tomat (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Tomat mengandung vitamin A dan likopen, yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A adalah antioksidan kuat yang dapat dibentuk dari kelebihan beta-karoten dalam tubuh. Jus tomat mengandung mineral berharga dan efektif yang dikenal sebagai kromium yang membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali dan melindungi mata dari kerusakan. Konsumsi jus tomat juga dapat membantu menjaga kesehatan retina dan mencegah penyakit mata karena usia.

Baca Juga: 10 Manfaat Jus Jeruk untuk Kesehatan Tubuh

5. Menjaga kulit sehat

Vitamin C dalam tomat membantu produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit. Jus tomat juga bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

6. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Vitamin C dan likopen dalam tomat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Vitamin C juga akan mengatur peningkatan hormon stres yang membantu tubuh tetap bugar, berenergi, dan sehat.

7. Menjaga kesehatan tulang

Tomat mengandung vitamin K dan kalsium, yang penting untuk kesehatan tulang. Kehadiran vitamin K dan kalsium dalam jus tomat berperan untuk memperkuat dan melakukan perbaikan kecil pada tulang. Hal tersebut juga membantu dalam memperbaiki jaringan tulang. Selain itu, antioksidan yang ada dalam tomat dapat membantu menjaga kesehatan tulang termasuk kepadatan tulang sekaligus mencegah osteoporosis.

8. Menurunkan kolesterol

buah tomat
Ilustrasi buah tomat (pexels.com/tugay aydın)

Tahukah Sobat Yummy bahwa serat dalam tomat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah? Tak hanya itu, jus tomat juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: 10 Manfaat Jeruk Mandarin untuk Kesehatan, Simbol Kebahagian Imlek

9. Meningkatkan pencernaan

Jus tomat menjaga sistem tubuh yang berhubungan dengan perut dan menjaganya  agar tetap sehat dengan mencegah sembelit serta kelonggaran usus. Jus tomat mengandung serat berlimpah yang membantu merangsang gerakan peristaltik pada otot-otot pencernaan yang halus yang selanjutnya akan mengeluarkan cairan yang berhubungan dengan lambung dan perut. Hal tersebut dapat mengatur pergerakan usus yang sekaligus meningkatkan kesehatan pencernaan dan menjauh dari masalah seperti perut kembung, sakit perut, sembelit, dll. 

10. Menjaga keseimbangan elektrolit

Tomat mengandung potasium, yang penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Konsumsi jus tomat bisa membantu mencegah kelelahan dan kram otot.

Baca Juga: 10 Manfaat Jus Melon untuk Kesehatan Tubuh dan Mata

Itulah beberapa manfaat jus tomat bagi kesehatan tubuh yang perlu Sobat Yummy ketahui. Perlu diingat bahwa jus tomat akan lebih sehat jika Sobat Yummy tidak menambahkan pemanis tambahan.

Apabila ingin mengetahui informasi serupa lebih banyak lagi, yuk, unduh Yummy App dan temukan beragam tips dan rekomendasi seputar kuliner yang tentu sangat bermanfaat.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Dinar Syarif

Dinar Syarif

Kulit Risol Anti Sobek

Kulit Risol Anti Sobek

(5.0)

30 mnt

341

Artikel Lainnya di nutrisi