​10 Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan Tubuh 

Temukan beragam manfaat jus wortel untuk kesehatan

​10 Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan Tubuh 

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Wortel adalah tumbuhan jenis sayuran umbi yang biasanya berwarna kuning atau jingga kekuningan. Sayur dengan nama latin Daucus carota L ini memiliki rasa cenderung tawar dengan sedikit hint manis. Wortel banyak diolah sebagai pelengkap beragam santapan, salah satu cara pengolahan wortel yang populer adalah dengan pressed juice atau dijadikan jus.

Kandungan Jus Wortel

jus wortel
ilustrasi jus wortel (pixabay.com/Balu G)

Tidak hanya lezat untuk dijadikan jus, wortel juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Jus wortel menyediakan pigmen karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang bertindak sebagai antioksidan yang melawan molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas. Oleh karena itu, meski jus wortel rendah akan karbohidrat dan kalori, tetapi jus wortel mengandung banyak nutrisi lainnya. Menurut Food Data Central US Department of Agriculture dalam satu cangkir (236 gram) mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 94
  • Protein: 2 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Karbohidrat: 22 gram
  • Gula: 9 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin A (sebagai provitamin A): 251 persen dari Nilai Harian (DV)
  • Vitamin C: 22 persen dari DV
  • Vitamin K: 31 persen dari DV
  • Kalium: 15 persen dari DV

Nah, berikut Yummy App berikan juga 10 manfaat jus tomat yang harus Sobat Yummy ketahui, yuk simak!

1. Meningkatkan kesehatan mata

Jus wortel mengandung sejumlah besar nutrisi yang bermanfaat bagi mata. Penelitian mengatakan bahwa dalam 1 cangkir (236 gram) jus wortel mengandung lebih dari 250 persen DV vitamin A, yang sebagian besar berbentuk provitamin A karotenoid seperti beta karoten yang penting untuk kesehatan mata. Konsumsi jus wortel dapat membantu menjaga kesehatan retina dan mencegah masalah mata yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula.

2. Menyehatkan kulit

Kandungan beta-karoten dalam wortel juga dapat membantu kulit tetap sehat dan bersinar. Jus wortel dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mengurangi risiko penuaan dini.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Wortel mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga tubuh dari infeksi dan penyakit. Selain itu, jus wortel merupakan sumber yang kaya akan vitamin B6, menyediakan 30 persen DV (Daily Value) dalam 1 cangkir (236 gram). Vitamin B6 tidak hanya diperlukan untuk respon imun yang optimal, tetapi kekurangan vitamin B6 juga dikaitkan dengan melemahnya kekebalan tubuh.

4. Menurunkan risiko kanker

jus wortel
ilustrasi jus wortel (pixabay.com/Febe Gracia)

Kandungan antioksidan dalam wortel, seperti beta-karoten dan polifenol, telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker usus besar.

Baca Juga: 10 Manfaat Jus Jeruk untuk Kesehatan Tubuh

5. Mendukung kesehatan jantung

Nutrisi dalam wortel seperti kalium dan serat, dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. 

6. Meningkatkan fungsi pencernaan

Serat dalam wortel membantu pencernaan jadi lebih sehat dan mencegah sembelit. Konsumsi jus wortel secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

7. Menyehatkan gigi dan gusi

Wortel mengandung nutrisi penting seperti vitamin A dan fosfor yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Jadi, jus wortel dapat membantu mencegah penyakit gusi dan memperkuat enamel gigi.

8. Menjaga kesehatan hati

8. Menjaga kesehatan hati
ilustrasi jus wortel (pixabay.com/Ilo)

Kandungan antioksidan dalam wortel dapat membantu melindungi hati dari kerusakan oksidatif dan meningkatkan fungsi detoksifikasi tubuh. Jus wortel merupakan sumber kalium yang baik yakni mineral yang berperan penting dalam pengaturan tekanan darah. Diet tinggi kalium juga telah terbukti melindungi dari tekanan darah tinggi dan stroke.

9. Mengurangi peradangan

Kandungan anti-inflamasi dalam wortel dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat bermanfaat bagi orang-orang yang menderita kondisi inflamasi seperti arthritis.

10. Membantu menurunkan berat badan

Jus wortel rendah kalori tetapi tinggi serat, sehingga dapat membantu memberi rasa kenyang lebih lama dan membantu dalam program penurunan berat badan.

Baca Juga: 10 Minuman dan Jus yang Melancarkan Peredaran Darah

Jus wortel adalah tambahan yang sehat untuk diet seimbang dan dapat membantu mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, seperti halnya dengan semua makanan dan minuman, konsumsilah dalam jumlah yang wajar sebagai bagian dari pola makan yang seimbang. Perlu dicatat juga bahwa jus wortel akan lebih berkhasiat jika diolah tanpa pemanis tambahan.

Apabila ingin mengetahui informasi serupa lebih banyak lagi, yuk unduh Yummy App dan temukan beragam tips dan rekomendasi seputar kuliner yang tentu sangat bermanfaat.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ining Pusposari

Ining Pusposari

Terong Balado Simple

Terong Balado Simple

(5.0)

30 mnt

606

Artikel Lainnya di nutrisi