10 Manfaat Kacang Hijau yang Baik untuk Kesehatan

Kacang hijau, biji kecil beribu manfaat

10 Manfaat Kacang Hijau yang Baik untuk Kesehatan

penulis:

Zulfatul Jannah

Bagikan:

Sobat Yummy suka bubur kacang hijau?

Kacang hijau memang bisa dikreasikan dalam bentuk makanan manis apapun. Tak hanya itu, kacang ini juga mudah ditemukan di penjual sekitar dengan harga yang termasuk murah. Tak heran, jika banyak masyarakat yang menyukai biji - bijian satu ini.

Disisi lain, kacang hijau juga memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Oleh karena itu, kacang hijau bisa bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker yang mematikan. Berikut ini adalah manfaat kacang hijau yang sayang untuk dilewatkan:

Baca Juga: Kalori Bubur Kacang Hijau, Kandungan Gizi dan Manfaatnya

Kandungan pada Kacang Hijau

Ilustrasi kacang hijau
Ilustrasi kacang hijau (istockphoto.com/Karya:Anusak Panyawai)

Vigna radiata atau yang lebih dikenal dengan kacang hijau, merupakan jenis kacang yang berasal dari India. Meski begitu,  saat ini kacang hijau sudah banyak ditemukan di Asia, salah satunya Indonesia.

Kacang hijau sendiri memang menjadi salah satu kacang yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat, kacang hijau juga memiliki berbagai nutrisi di dalamnya. Di dalam 100 gram kacang hijau terdapat:

  • 31 Kalori
  • 23 gram protein
  • 1,5 gram lemak
  • 57 gram karbohidrat
  • 7,5 gram serat
  • 223 miligram kalsium
  • 319 miligram fosfor
  • 7,5 miligram zat besi
  • 42 miligram natrium
  • 816 miligram kalium
  • Vitamin B dan C
  • Folat
  • Magnesium

Manfaat Kacang Hijau

Ilustrasi bubur kacang hijau
Ilustrasi bubur kacang hijau (istockphoto.com/Kritchai Chaibangyang)

Selain rasanya yang lezat dan mudah dikreasikan, kacang hijau juga memiliki beribu manfaat penting yang baik untuk kesehatan, diantaranya:

1. Menurunkan berat badan

Kandungan serat dan protein yang ada di kacang hijau berguna dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan serat dan protein dapat menekan horman lapar pada pencernaan. Tindakan inilah yang dapat mengontrol nafsu makan yang dapat memangkas asupan kalori dan berdampak pada penurunan berat badan.

2. Menstabilkan gula darah

Kacang hijau memiliki kandungan polifenol yang dapat merangsang hormon insulin untuk bekerja lebih cepat. Hormon insulin sendiri adalah hormon yang dapat mengubah glukosa menjadi energi. Hal ini tentunya akan menyebabkan kadar gula darah menjadi normal dan dapat meminimalisir terjadinya diabetes.

3. Memperbaiki sistem pencernaan

Kandungan serat, dan pati dalam kacang hijau dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan, serat dan pati dapat menciptakan bakteri baik di usus. Bakteri baik ini bisa menangkal bakteri jahat atau penyakit yang muncul di usus.

4. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi dapat berperan dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan penyebab kerusakan pada jaringan tubuh. Kelebihan kadar radikal bebas dapat menyerang tubuh yang sehat ssehingga rusak bahkan sampai mematikan sel secara biologis. Namun dengan mengonsumsi kacang hijau kamu dapat terhindar dari bahaya radikal bebas.

5. Mengontrol tekanan darah

Kandungan antioksidan di dalam kacang hijau dapat menghalangi kinerja angiotensin converting enzyme (ACE). Enzim ini sendiri merupakan enzim yang dapat menaikkan tekanan darah. Dengan mengonsumsi kacang hijau akan menghalangi kinerja enzim tersebut dan tekanan darah akan terkontrol.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan serat dan folat pada kacang hijau dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner, kolesterol,  tekanan darah, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah pada jantung. Hal ini tentunya juga akan berdampak pada kesehatan jantung.

7. Mencegah penyakit tulang

Kandungan magnesium yang tinggi pada kacang hijau dapat membantu dalam menurunkan risiko osteoporosis pada tulang. Selain itu, magnesium yang ada di kacang hijau juga terbukti bisa menambah kepadatan mineral pada tulang. Hal ini akan menyebabkan kesehatan tulang lebih terjaga.

8. Mencegah kanker

Siapa sangka kacang hijau adalah tumbuhan yang kaya akan klorofil. Klorofil ini dapat berperan dalam mencegah penyakit kanker. Selain itu, kandungan serat yang ada di kacang hijau juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker payudara yang mematikan.

9. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kacang hijau dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung karbohidrat kompleks yang dapt diolah menjadi pasokan energi pada tubuh. Pasokan energi ini tentunya akan dapat meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh.

10. Mencegah anemia

Mineral, seperti zat besi, kalsium, fosfor, natrium yanga da pada kacang hijau dapat membantu dalam mencegah penyakit anemia. Kandungan mineral tersebut dapat membantu untuk memproduksi sel darah merah sehingga anemia dapat dicegah secara lebih cepat.

Baca Juga: 7 Cara Merebus Kacang Hijau agar Cepat Empuk dan Merekah

Jadi, bagaimana Sobat Yummy?

Meskipun ukurannya yang kecil, ternyata kacang hijau memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan sampai mencegah kanker dan penyakit jantung. Dengan mengonsumsi kacang hijau kamu akan mendapatkan manfaat baik, seperti manfaat - manfaat di atas.

Jika kamu ingin menemukan resep, nutrisi, maupun rekomendasi kuliner lainnya. Kamu bisa download Yummy App! Karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang harus kalian ketahui.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Erna

Erna

Roti Panggang Tape Kacang Hijau

Roti Panggang Tape Kacang Hijau

(5.0)

60 mnt

947

Artikel Lainnya di nutrisi