15 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

Selain harum, kayu manis memiliki segudang manfaat, lho!

15 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Kayu manis yang memiliki aroma khas manis, sangat digemari masyarakat Indonesia sebagai campuran olahan makanan ataupun minuman. Rempah ini berfungsi sebagai bahan penambah aroma harum. Kayu manis merupakan rempah yang didapatkan dari pohon cemara dengan genus Cinnamomum. Lapisan dalam pohon tersebut memiliki bau yang manis dan harum, sehingga dimanfaatkan sebagai rempah-rempah.

Tidak banyak yang tahu, selain sebagai penambah harum pada olahan makanan atau minuman, manfaat kayu manis sebenarnya sangat kaya apalagi untuk kesehatan tubuh.

Kandungan rempah ini selain senyawa aromatik minyak atsiri, yakni kaya akan magnesium, fosfor, kalsium, zat besi, protein, serat, vitamin A, vitamin B dan zat lainnya yang bermanfaat. Itulah mengapa, manfaat kayu manis tidak kaleng-kaleng untuk tubuh kamu. Kali ini, Yummy App telah merangkum sederet manfaat dari rempah kayu manis untuk kesehatan kamu. Ada apa saja, ya?

Manfaat kayu manis untuk kesehatan

1. Melancarkan pencernaan

Jika kamu sembelit dan merasa tidak enak pada perut, kamu bisa minum rebusan kayu manis sebagai pelancar pencernaan dan menyamankan perut. Kayu manis mengandung prebiotik yang dapat meningkatkan bakteri baik untuk melancarkan pencernaan. Sensasi hangat yang ditimbulkan dari mengonsumsi kayu manis juga bermanfaat untuk menyamankan perut.

2. Membakar lemak dalam tubuh

Kayu manis merupakan salah satu tanaman yang dapat meningkatkan produksi panas tubuh (thermogenesis). Hal tersebut dapat membantu untuk membakar lemak dalam tubuh. Sehingga kayu manis cocok untuk olahan makanan atau minuman khusus program diet.

3. Mengendalikan kadar gula dalam tubuh

Manfaat kayu manis selanjunya adalah dapat mengendalikan kadar gula dalam tubuh, sehingga sangat bagus untuk penderita diabetes. Mengonsumsi kayu manis dapat meningkatkan insulin untuk mengelola glukosa yang menumpuk dalam tubuh. Kayu manis yang diseduh dengan air hangat, merupakan metode yang terbaik dalam mendapatkan khasiatnya.

4. Bagus untuk jantung

Jika Sobat Yummy memiliki kebiasaan buruk dengan tidak lepas dari makan gorengan dan berlemak, hingga merasa kolesterol menumpuk, mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi olahan kayu manis. Rempah satu ini, dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh, sehingga kesehatan jantung kamu terjaga. Akan tetapi, jangan lupa untuk rutin berolah raga juga, ya. Agar jantungmu tetap sehat.

5. Mengurangi peradangan

Kayu manis memiliki kandungan senyawa flavonoid yang tinggi, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai antiinflamasi. Kemampuan antiinflamasi pada kayu manis dapat menghambat enzim lipooksigenase dan sikloosigenase. Kedua enzim tersebut dapat menyebabkan peradangan pada tubuh.

6. Menjaga tubuh dari radikal bebas

Manfaat kayu manis lainnya yang tak kalah keren dalam menjaga tubuh kamu, adalah melawan radikal bebas. Kayu manis mengandung antioksidan yang berperan sebagai pencegah kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dan menjaga kesehatan tubuhmu.

7. Sebagai antikanker dan antitumor

Masih dengan kandungan flavonoid pada kayu manis, senyawa tersebut juga berperan besar untuk menjaga kerusakan DNA dari sel abnormal yang tumbuh tak terkendali, seperti kanker maupun tumor. Sehingga pengonsumsian olahan kayu manis dapat mencegah kamu dari penyakit kronis.

8. Menangkal stress

Jika Sobat Yummy merasa suntuk karena sibuk memikirkan beban hidup, cobalah untuk menyeduh kayu manis dan hirup aroma harum yang menguar. Aroma menenangkan dan sensasi hangat yang diberikan kayu manis dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh.

9. Menghambat infeksi HIV

Kayu manis berkhasiat sebagai penghambat laju infeksi HIV. Hal ini dijelaskan pada jurnal A Cinnamon-Derived Procyanidin Compound Display Anti-HIV-1 Activity by Blocking Heparan Sulfate and Co-Receptor Binding Sites on gp120 and Reverses T Cell Exhaustion oleh Connell, dkk pada 2016, kayu manis merupakan alternatif yang murah dan mudah didapatkan untuk menghambat infeksi strain HIV.

10. Perkuat imun tubuh

Kaya akan kandungan yang bermanfaat, seperti flavonoid, minyak atsiri, magnesium, fosfor, zat besi, zat antioksidan, dan vitamin, membuat kayu manis sebagai imunomodulator, yang dapat mengembalikan sistem imun tidak seimbang dalam tubuh.

11. Mengatasi sariawan pada mulut

Sariawan yang mengganggu pada mulut, dapat diatasi dengan mengonsumsi seduhan kayu manis. Rempah ini mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida penyebab utama sariawan. Selain itu, antiinflamasi pada kayu manis juga mengatasi peradangan berlebih pada mulut karena sariawan.

12. Mengurangi resiko Alzheimer

Kandungan polifenol dalam kayu manis, memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan otak dan melindungi neuron otak dari neurotoksin. Hal tersebut menjadikan kayu manis sebagai rempah yang mampu mengurangi resiko Alzheimer.

Tapi, bukan berarti kayu manis tidak untuk dijadikan sebagai obat dalam menyembuhkan penyakit Alzheimer. Rempah ini hanya mampu untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut.

13. Mengatasi bau mulut

Masalah bau mulut pada umumnya disebabkan oleh bakteri pada mulut. Hal ini dapat diatasi dengan olahan kayu manis yang mengandung antibakteri.

14. Mengurangi resiko Multiple Sclerosis (MS)

Multiple Sclerosis atau disebut Sclerosis Ganda dapat melumpuhkan kinerja otak maupun sistem saraf pusat. Kayu manis berkhasiat sebagai antiinflamasi. Khasiat tersebut bermanfaat untuk mengatasi inflamasi pada otak dan sistem saraf pusat seperti yang terjadi pada pengidap Multiple Sclerosis.

15. Mengatasi penuaan dini

Pengonsumsian olahan kayu manis dapat membantu dalam peningkatkan pembentukan kolagen pada kulit. Sehingga rempah ini, dapat mengatasi masalah penuaan dini.

Kayu manis bak si kecil cabe rawit. Manfaat kayu manis yang segudang ini dikarenakan kandungan senyawa baiknya yang sangat banyak. Tidak hanya itu kayu manis juga berkhasiat mengatasi masalah kesehatan pada perempuan. Seperti halnya sebagai berikut.

Baca Juga: 15 Macam Wedang Khas Jawa Tengah, Hangatnya Berkhasiat!

Khasiat kayu manis untuk perempuan

manfaat kayu manis untuk wanita
ilustrasi perempuan sehat (pixabay.com/StockSnap)

Khasiat kayu manis dapat mengurangi rasa sakit, saat kram pada fase menstruasi. Selain itu, kayu manis meredakan mual ataupun muntah selama menstruasi. Aroma harum kayu manis juga dapat memberikan efek relaksasi pada Sobat Yummy saat mengalami PMS.

Dalam jurnal The Effect of Cinnamon Extract on Insulin Resistance Parameters in Polycystic Ovary Syndrom oleh Wang, dkk., pada 2007, menjelaskan bahwa kayu manis terbukti dapat menekan kelainan hormonal pada ovarium atau disebut juga sindrom ovarium polikistik. Sindrom ini menyebabkan ovarium membesar. Pengonsumsian olahan kayu manis dapat mengatasi resistensi insulin pada pengidap sindrom tersebut.

So, itu tadi manfaat kayu manis untuk kesehatan kamu. Tapi perlu diingat, mengonsumsi kayu manis yang berlebih tidak dapat mendatangkan manfaat yang baik untukmu, karena dapat menimbulkan racun ataupun alergi. Konsumsilah kayu manis secukupnya untuk mendapatkan manfaat!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Diana Nurjanah

Diana Nurjanah

Wedang Kayu Manis Pandan Creamy

Wedang Kayu Manis Pandan Creamy

(5.0)

6 langkah

302

Artikel Lainnya di nutrisi