10 Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Bantu jaga kadar gula dalam tubuh

10 Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Buah kurma merupakan buah yang berbentuk lonjong-silinder dan memiliki warna merah cerah ke kuning terang tergantung dari jenisnya. Buah kurma dikelompokkan menjadi tiga golongan utama yaitu kurma kering, kurma semi-kering, dan kurma lunak.

Buah yang memiliki rasa manis legit ini mengandung kalori yang tinggi sehingga dapat diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh untuk djadikan energi. Oleh karena itu, kurma sangat bagus dikonsumsi untuk orang yang sedang berpuasa serta bagus untuk mencegah tubuh terhindar dari radikal bebas.

Nah di bawah ini Yummy App membagikan kandungan kurma agar Sobat Yummy lebih mengetahui khasiat kurma, yuk, disimak! 

Baca Juga: 10 Jenis Kurma dan Manfaatnya, Kenali Bedanya Sebelum Beli

Kandungan Kurma

ciri-ciri dan manfaat kurma mazafati
ilustrasi kurma mazafati (swissun.ch)

Buah kurma memiliki banyak khasiat dan disebut tidak mempunyai dampak negatif meski dikonsumsi rutin setiap hari ataupun ketika berbuka puasa. Menurut Prof. Dr. Ir. Ambar Rukmini, pakar teknologi pangan Universitas Widya Mataram, kandungan gizi kurma per 100 gramnya (± 13 butir) antara lain:

  • 63,35 gram gula
  • 8 gram serat
  • 2,45 gram protein
  • 0,39 gram lemak
  • 2 miligram natrium
  • 656 miligram kalium
  • 299 kkal kalori total

Manfaat Kurma yang Baik untuk Kesehatan

ciri-ciri dan manfaat kurma medjool
ilustrasi kurma medjool (royalpalm-dates.com)

Kurma memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya? Untuk itu, simak manfaat kurma berikut ini!

1. Sumber energi yang baik

Kurma mengandung gula alami, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa, yang memberikan energi instan. Hal ini membuatnya menjadi camilan yang bagus untuk memulihkan energi setelah beraktivitas atau berolahraga.

2. Kaya akan serat

Kurma mengandung serat makanan yang baik untuk pencernaan. Konsumsi serat dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, dan mengurangi risiko penyakit usus.

3. Sumber antioksidan

Kurma mengandung berbagai jenis antioksidan, seperti polifenol, karotenoid, dan flavonoid. Antioksidan membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung.

4. Menyehatkan jantung

Kandungan kalium dalam kurma membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan mengatur tekanan darah. Ini dapat mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kurma mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, dan zat besi. Di mana semua nutrisi tersebut membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi.

6. Menjaga kesehatan tulang

Kurma mengandung mineral penting seperti kalsium, magnesium, dan fosfor, yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Kamu bisa membuat susu kurma tanpa gula untuk mendapatkan manfaat ini secara maksimal.

7. Menyehatkan kulit

Nah, jika kamu merasa kulitmu kering dan kusam, tidak ada salahnya menambahkan kurma ke dalam menu makan sehatmu, lho. Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam kurma membantu menjaga kesehatan kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

8. Menjaga kesehatan mata

Kurma mengandung lutein dan zeaksantin, dua jenis karotenoid yang penting untuk kesehatan mata. Konsumsi kurma secara teratur dapat membantu menjaga penglihatan dan mengurangi risiko degenerasi makula.

9. Membantu mengatur gula darah

Meskipun manis, kurma memiliki indeks glikemik yang rendah dan mengandung serat, yang membantu mencegah lonjakan gula darah yang tajam setelah mengonsumsinya.

Hal tersebut menjadikan kurma sebagai camilan yang cocok untuk Sobat Yummy yang sedang berdiet tapi ingin memakan makanan manis. Tapi, ingat, tetap perlu dikonsumsi dengan bijak, ya.

10. Meningkatkan kesehatan otak

Kandungan potasium dalam kurma membantu menjaga fungsi saraf dan kesehatan otak. Selain itu, kurma juga mengandung vitamin B kompleks yang penting untuk kesehatan saraf dan fungsi kognitif yang optimal.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Susu Kurma yang Manis dan Menyegarkan

Itulah beberapa manfaat kurma yang harus Sobat Yummy ketahui. Agar manfaatnya dapat maksimal, pastikan untuk mengonsumsinya dengan bijak dan dengan porsi seimbang sebagai bagian dari pola makan yang sehat.

Apabila ingin mengetahui informasi serupa lebih banyak lagi, yuk, unduh Yummy App dan temukan beragam tips dan rekomendasi seputar kuliner yang tentu sangat bermanfaat.

Manfaat kurma

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Rayna Kitchen

Rayna Kitchen

Bolu Panggang Kurma Keju

Bolu Panggang Kurma Keju

(5.0)

9 langkah

654

Yummy Official

Yummy Official

Klepon Ubi Isi Kurma

Klepon Ubi Isi Kurma

(4.7)

45 mnt

recooks-0
recooks-1
recooks-2
recooks-3

+5

Artikel Lainnya di nutrisi