Lotus Root Powder seperti Slime tapi Punya Segudang Manfaat!

Pernah viral di TikTok, makanan ini punya banyak manfaat!

Lotus Root Powder seperti Slime tapi Punya Segudang Manfaat!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Pernah viral di TikTok, Oufen atau lotus root powder (bubuk akar teratai) yang berbentuk seperti slime setelah diseduh, memiliki segudang manfaat baik untuk kamu yang sedang dalam program diet. Makanan dengan tekstur unik ini terbuat dari akar Nelumbo nucifera atau teratai.

Lotus root powder kaya akan nutrisi baik seperti serat, antioksidan, zat besi, vitamin, dan banyak lagi. Sehingga membuat makanan ini membantu memenuhi asupan nutrisi dalam tubuh.

Jika Sobat Yummy ingin tahu lebih lanjut, simak rangkuman oleh Yummy App kali ini, agar kamu paham serba-serbi lotus root powder.

Apa Itu Lotus Root Powder dan Bagimana Rasanya?

Lotus root powder merupakan bubuk dari akar teratai, dan termasuk makanan herbal tinggi khasiat dari Tiongkok. Umumnya dalam pembuatan lotus root powder, yakni tanaman teratai bagian akar dihaluskan kemudian dikeringkan menjadi butiran-butiran halus.

Cara pengonsumsiannya cukup diseduh dengan air panas dan diaduk, hingga lotus root powder berubah tekstur menjadi slimey dan berwarna bening. Lotus root powder memiliki rasa manis yang tidak berlebihan, karena penambahan gulanya hanya sedikit. Dan pastinya, makanan ini halal, ya, Sobat Yummy, karena tidak adanya tambahan bahan selain nabati ataupun bahan kurang halal lainnya.

Sobat Yummy harus tahu, akar teratai sangat populer dikonsumsi oleh masyarakat Tiongkok, hingga menjadi warisan budaya di sana. Tidak hanya kelezatannya, akar teratai juga mengandung sejumlah nutrisi yang super. Dilansir dari Lybrate (2020), kandungan baik pada bubuk akar teratai antara lain, protein, kalsium, zinc, zat besi, fosfor, serat, sejumlah vitamin B, vitamin A, vitamin C dan lainnya.

Akar teratai pula tidak memiliki kolestrol dan dengan sedikit kalori, sehingga sangat cocok dikonsumsi saat diet. Terlebih lotus root powder memiliki berbagai campuran, seperti buah kering dan biji-bijian yang mendukung kelengkapan nutrisi di dalamnya. Tinggi nutrisi inilah membuat lotus root powder memiliki segudang manfaat baik untuk tubuh kamu. Yuk, simak manfaat apa saja yang akan kamu dapatkan jika mengonsumsi lotus root powder!

Manfaat Lotus Root Powder

1. Bagus untuk program diet

menimbang berat badan
ilustrasi menimbang berat badan (unsplash.com/i yunmai)

Masih pada nutrisi serat yang terkandung dalam lotus root powder. Nutrisi tersebut dapat membantu Sobat Yummy dalam menurunkan berat badan. Pasalnya serat pada lotus root powder membuatmu kenyang lebih lama. Tapi disela mengonsumsi makanan ini, kamu juga disarankan untuk rutin berolah raga agar diet ideal dapat terwujud.

2. Melancarkan pencernaan

Lotus root powder tidak perlu ditanya lagi mengenai kandungan tinggi seratnya. Nutrisi ini mampu mengoptimalkan penyerapan air pada tinja, sehingga menjadi lunak dan mudah dikeluarkan.

Lotus root powder efektif dalam mengatasi penderita konstipasi ataupun diare. Tidak hanya itu, makanan ini juga mendukung pelancaran metabolisme dalam tubuh, dan membantu dalam penyerapan nutrisi.

3. Mengatasi masalah pernapasan

description
ilustrasi alat pernapasan (unsplash.com/sincerely media)

Bahan makanan ini terbukti ampuh dalam pencegahan kemungkinan tertular penyakit pernapasan. Hal ini karena mengonsumsi lotus root powder membantu dalam penghilangan lendir pada sistem pernapasan hingga meredakan batuk. Sehingga penyakit seperti asma, ataupun TBC dapat teratasi jika rutin mengonsumsi lotus root powder.

Baca Juga: 10 Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Meremajakan Kulit

4. Kesehatan jantung terjaga

Siapa sangka bahwa bubuk akar teratai juga mampu menjaga kesehatan jantung, lho! Bahan makanan ini tiak mengandung kolestrol. Terlebih lagi, kalium dan potasium yang ada di dalamnya dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh. Sehingga kesehatan jantung lebih terjaga.

5. Memperkuat imun tubuh

infus
ilustrasi infus (unsplash.com/olga kononenko)

Tinggi akan vitamin C yang merupakan antioksidan terkuat, membuat lotus root powder menjadi makanan yang ampuh dalam melawan radikal bebas. Sehingga tubuh lebih terjaga dari berbagai penyakit kronis seperti kanker, hingga penyakit jantung. Mengonsumsi lotus root powder secara rutin dapat menjagamu dari serangan radikal bebas, baik secara kimia ataupun melalui pengaruh lingkungan.

6. Baik untuk kesehatan kulit dan rambut

Ingin kulit kencang dan rambut yang kuat? Keputusanmu sangat tepat, jika kamu memilih untuk rutin mengonsumsi lotus root powder.

Makanan ini mengandung vitamin B hingga C yang mendukung produksi kolagen, sehingga kulit terlihat lebih muda dan kencang. Kandungan zinc pada lotus root powder, berperan memperkuat rambut agar tidak mudah rontok.

7. Mengelola stress

manfaat lotus root powder untuk mengelola stres
ilustrasi stres pekerjaan (unsplash.com/elisa ventur)

Mengonsumsi lotus root powder membantumu dalam mengelola stres. Kolaborasi nutrisi antara vitamin B kompleks dan piridoksin berinteraksi dengan saraf otak, sehingga membantumu dalam relaksasi suasana hati hingga menjaga kesehatan mental. Bahkan makanan ini juga dapat mengatasi sakit kepala, akibat stres.

So, itu tadi serba-serbi mengenai apa itu lotus root powder hingga segudang manfaatnya. Tidak hanya untuk diet, makanan ini juga baik untuk kamu yang ingin memulai pola hidup yang sehat, lho!

Baca Juga: Bantu Atasi Insomnia, Inilah 5 Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Febriyana W

Febriyana W

Lotus Biscoff Cake

Lotus Biscoff Cake

(5.0)

5 langkah

579

Artikel Lainnya di nutrisi