10 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh dari Orang Tua sampai Anak

Mengenal madu beserta manfaatnya untuk tubuh

10 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh dari Orang Tua sampai Anak

penulis:

Zulfatul Jannah

Bagikan:

Sobat Yummy suka madu?

Minuman manis yang berasal dari sarang lebah ini memang banyak sekali disukai berbagai kalangan. Rasanya yang manis serta banyaknya kandungan baik di dalamnya menjadikan madu bisa disandingkan dengan makanan atau minuman manapun. Tak jarang pula masyarakat menganti gula dengan madu sebagai pemanisnya. Biasanya madu memiliki warna coklat muda.

Kendatipun demikian, madu juga memiliki warna coklat tua atau bahkan coklat pekat. Meskipun banyak variasinya sejatinya semua madu sama-sama memiliki kandungan baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan yang ada di dalam madu pun tidak pandang umur. Madu memiliki banyak kebergunaan, baik untuk orang yang sudah berumur maupun anak kecil yang masih dalam masa pertumbuhan. Selain itu, ternyata madu mentah mengandung bee pollen, propolis lebah dan juga banyak antioksidan lainnya.

Bedasarkan Jurnal Trends in Food Science & Technologybee pollen serta propolis lebah sendiri ternyata bisa menjadi kandungan yang memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, bahkan antikanker. Ternyata madu yang sering kita konsumsi memiliki banyak sekali kandungan baik bukan? Sobat Yummy ingin tau lebih jauh tentang manfaat madu untuk kesehatan? Berikut merupakan penjelasannya.

Baca Juga: Dapatkan 8 Khasiat Madu untuk Wanita, Jika Kamu Rutin Meminumnya!

Kandungan Madu

Ilustrasi madu
Ilustrasi madu (freepik.com/freepik)

Madu sendiri memiliki banyak kandungan nutrisi baik untuk kesehatan. Tak jarang madu juga menjadi alternatif obat pada beberapa penyakit yang terjadi pada tubuh manusia. Madu sendiri juga baik dikonsumsi oleh berbagai kalangan dan usia. Berikut merupakan kandungan nutrisi yang ada di satu sendok madu atau 20 gram madu:

  • Kalori: 61.

  • Lemak: 0 gram.

  • Protein: 0 gram.

  • Karbohidrat: 17 gram.

  • Serat: 0 gram.

  • Riboflavin: 1 persen dari nilai harian.

  • Tembaga: 1 persen dari nilai harian.

Selain itu, madu juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk mengurangi stress oksidatif dalam tubuh yang dapat membersihkan radikal bebas. Ternyata madu juga memiliki manfaat yang lain, yang tentunya baik juga untuk kesehatan tubuh, berikut merupakan manfaat yang terkandung pada madu yang harus kamu ketahui:

Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi manfaat madu
Ilustrasi manfaat madu (freepik.com/freepik)

Seperti yang kita ketahui madu memang sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat madu sudah tidak diragukan lagi, mulai dari menjaga imunitas tubuh. meredekan batuk, menjaga sisitem pencernaan, dan masih banyak lagi.

Cairan yang berasal dari lebah ini memang banyak sekali mengandung kandungan baik yang baik jika dikonsumsi oleh tubuh. Tak jarang madu sendiri menjadi salah satu bahan obat herbal, minuman kesehatan bahkan sampai perawatan kulit. Madu juga bisa disajikan menjadi zat pemanis pengganti gula, lho. Nah, ternyata madu memiliki banyak seklai kandungan baik. Berikut adalah manfaat madu yang harus kamu ketahui:

1. Memiliki efek antioksidan

Ilustrasi madu
Ilustrasi madu (freepik.com/freepik)

Berdasarkan laporan dalam The Malaysian Journal of Medical Sciences tahun 2015, madu memiliki banyak senyawa yang berpern sebagai antioksidan, termsuk fitokimia, flavonoid dan asam asakorbat. Kandungan antioksidan yang tinggi ini membuat madu bermanfaat sebagai pencegah sel yang berbahaya, seperti sel kanker.

Dikarenakan antioksidan yang tinggi pada madu pun membuat madu juga bermanfaat untuk mengurangi risiko gangguan jantung dan stroke, lho. Hal ini dikarenakan, madu bisa melancarkan aliran darah yang tersumbat sehingga aliran darah bisa menjadi lebih lancar mengalir ke seluruh tubuh manusia.

2. Sebagai Obat Luka

Ilustrasi madu sebagai obat luka
Ilustrasi madu sebagai obat luka (freepik.com/freepik)

Sobat Yummy perna mengeringkan luka dengan menggunakan madu?

Benar sekali, ternyata madu yang biasanya hanya bisa dikonsumsi juga bisa digunakan sebagai obat luka.Madu memang terkenal memiliki banyak kandungan baik yang sangat bermanfaat, salah satunya adalah kandungan antibakterial dan anti-inflamasi. Kandungan antibakterial dan anti-inflamasi pada madu dapat mencegah bakteri pada luka yang menyebabkan luka jadi lebih mudah kering. Bahkan madu juga bisa menjadi obat sariawan, lho. Sobat Yummy hanya perlu mengoleskan cairan madu pada permukaan kulit yang mengalami luka.

4. Meningkatkan Memori Otak

Ilustrasi madu untuk memori otak
Ilustrasi madu untuk memori otak (freepik.com/pch.vector)

Siapa sangka cairan yang berasal dari lebah ini bisa melawan peradangan di hipokampus. Ternyata cairan yang biasanya diprduksi oleh lebah ini memiliki kandungan yang bisa melawan peradangan pada bagian otak, lho. Hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan yang bernama Polifenol. Kandungan yang ada pada madu ini bermanfaat untuk melawan peradangan. Selain itu, kandungan atioksidan dan antiinflamasi pada madu juga bermanfaat untuk kesehatan otak.

5. Sebagai Obat Ketombe

Ilustrasi berketombe
Ilustrasi berketombe (freepik.com/freepik)

Sobat Yummy perna mengalami rambut yang berketombe?

Ternyata madu juga bisa dijadikan sebagai obat anti-ketombe ,lho. Madu bisa memberikan nutrisi pada rambut kering, sehingga akan menyebabkan rambut menjadi halus dan lembut. Kamu hanya perlu menyampurkan madu dengan minyak sayur, kemudian dapat dibuat menjadi masker rambut , diamkan selama 15 menit setelah keramas. Jangan lupa bilas dengan bersih setelah menggunakan masker rambut satu ini.

6. Obat Batuk

Ilustrasi batuk
Ilustrasi batuk (freepik.com/drobotdean)

Bedasarkan Lybrate, madu memiliki sifat antibaktrial yang lebih ampuh untuk menyembuhkan batuk dibandingkan dengan obat batuk sirup. Madu sendiri memiliki kandungan yang bisa menghilangkan selaput lendir yang biasanya menyumbat saat batuk. Madu bisa dikonsumsi sebagai obat batuk dengan mencampurkan cairan madu pada air hangat atau lemon. Tetapi jangan minumkan madu pada bayi usia dibawah 12 bulan. Hal ini dikarenakan bisa menyebabkan resiko botulisme.

7. Menyeimbangkan Kadar Kolesterol

Ilustrasi tes kolesterol
Ilustrasi tes kolesterol (freepik.com/Lifestylememory)

Kebanyakan orang mengira bahwa kolesterol adalah suatu penyakit. Faktanya,  kolesterol bukanlah sebuah penyakit. Kolesterol sebenarnya adalah suatu hasil dari metabolisme tubuh terhadap lemak yang kita makan. Biasanya, kolesterol tumbuh dengan sendirinya melalui metabolisme tubuh. Kolesterol yang berbahaya adalah kolesterol yang kadar LDL tinggi.

Seperti yang telah diketahui, terdapat dua jenis kolestrol dalam tubuh kita, yakni kolestrol baik (HDL) dan kolestrol jahat (LDL). Kadar kolesterol LDL dibutuhkan untuk tubuh, akan tetapi akan berbahaya jika kadar LDL terlalu banyak. Mengkonsumsi madu membuat kandungan LDL yang berkurang yang menyebabkan kolesterol baik pada tubuh akan meningkat.

8. Membantu Masalah Pencernaan

Ilustrasi sakit pencernaan
Ilustrasi sakit pencernaan (freepik.com/jcomp)

Sobat Yummy sering bermasalah dengan pencernaan?

Mungkin cairan ini merupakan solusinya. Madu sangat bisa digunakan untuk mengobat penyakit diare. Madu memiliki kandungan yang mengandung prebiotik yang akan membantu untuk memberikan nutrisi pada bakteri yang baik pada usus. Selain membantu dalam mengatasi diare, madu juga berfungsi untuk menurunkan asam lambung dan meredakan gejala refluks asam lambung. Tak heran, banyak sekali masyarakat yang menggunakan madu untuk obat berbagai penyakit.

9. Menurunkan Kadar Trigliserid dalam Tubuh

Ilustrasi mengomsumsi madu
Ilustrasi mengomsumsi madu (momjunction.com)

Siapa yang menyangka dengan mengkonsumsi madu daoat menurunkan kadar Trigliserida.Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang paling umum di tubuh. Kadar ini bisa berasal dari makanan, terutama mentega, minyak, dan lemak lain yang kamu makan, termasuk dari asupan kalori ekstra. Trigliserida sendiri dibutuhkan pula untuk tubuh, sama seperti garam trigliserida memang dibutuhkan tapi dengan kadar yang pas dan akan berbahaya jika berlebihan. Kamu hanya perlu mengkonsumsi madu dengan teratur, maka akan terjadi penurunan pada kadar trigliserid sebesar 11-19 persen yang ada di dalam tubuh.

10. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

10. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Ilustrasi kekebalan tubuh (freeoik.com/tonofotorafia

Madu memang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan baik untuk tubuh. Madu sangat baik jika dikonsumsi setiap hari sehingga dapat meningkatkan kekebala tubuh dalam jangka yang panjang. Madu juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Antioksidan dan antibakterial yang ada pada madu dapat membantu menguatkan imun tubuh pada anak-anak saat masa pertumbuhan mereka berlangsung.

Baca Juga: 6 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu dengan Mudah, Jangan Terkecoh 

Nah, ternyata madu memiliki banyak sekali khasiat yang baik untuk tubuh. Madu yang biasanya diproksi oleh hewan kecil yang biasanya kita lihat di kartun bisa menjadi cairan yang memiliki kandungan baik yang hebat, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh sampai sebagai zat yang dapat mencegah kanker. Setelah membaca banyaknya manfaat dan kandungan baik pada madu, apakah kalian masih tidak mau untuk menkonsumsinya?

Untuk informasi, resep, dan rekomendasi lainnya bisa kalian lihat di Yummy App. Jangan sampai ketinggalan, dan download sekarang!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

usiiyanii

usiiyanii

Wedang Kunyit Jahe Madu

Wedang Kunyit Jahe Madu

(5.0)

5 mnt

1.8 rb

Artikel Lainnya di nutrisi