6 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur, Perbaiki Kualitas Tidurmu

Nikmati manfaat baik minum susu di malam hari sebelum tidur

6 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur, Perbaiki Kualitas Tidurmu

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Susu dikenal memiliki nilai gizi yang sempurna. Kandungan di dalamnya antara lain tinggi protein, kalsium, asam amino, zat besi, karbohidrat, fosfor, mineral, berbagai vitamin, seperti vitamin A, B12, B2, D, dan gizi baik lainnya. Dilansir dari Dispertan Semarang, banyaknya kandungan baik pada susu menjadikan produk hewani ini sebagai salah satu bahan yang tertinggi nilai gizinya. Sehingga mendapat julukan sebagai penyempurna menu makan sehari-hari.

Tentunya, jika Sobat Yummy rutin meminum susu sapi, kamu akan merasakan khasiatnya dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan. Terlebih lagi jika kamu meminumnya di malam hari sebelum tidur. Siapa sangka bahwa minum susu sebelum tidur dapat mengundang manfaat baik, salah satunya yakni memperbaiki kualitas tidurmu. Untuk tahu lebih detail manfaat minum susu sebelum tidur, yuk, simak rangkuman dibawah ini.

1. Memperbaiki kualitas tidur

susu perbaiki kualitas tidur
ilustrasi susu perbaiki kualitas tidur (pixabay.com/ddimitrova)

Tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap manusia. Tidur yang cukup akan mencegahmu dari kondisi stres hingga penurunan imun. Minum segelas susu sebelum tidur terbukti dapat membantumu memicu rasa ngantuk. Sehingga proses tidur ke fase REM cepat terjadi, dan membuatmu tidur dengan nyenyak.

Susu memiliki kandungan asam amino triptofan. Jenis asam amino tersebut berperan dalam produksi serotonin pada otak, kemudian diubah menjadi hormon melatonin yang mengatur tidur. Terlebih lagi jika Sobat Yummy meminum susu dalam keadaan hangat, sehingga membantu tubuh relaks dan memberi efek psikologis agar cepat mengantuk. Hal ini sesuai dengan studi terbitan Jurnal Penelitian Kesehatan, yang mana mengatakan susu hangat sebelum tidur dapat mengatasi insomnia.

2. Kesehatan tulang dan otot terjaga

Sobat Yummy harus tahu, tidur merupakan waktu ideal bagi tubuh dalam mengolah gizi dari apa yang kamu konsumsi. Manfaat minum susu sebelum tidur dapat mendukung peningkatan kesehatan tulang dan otot pada tubuh.

Hal ini karena susu merupakan sumber kalsium, protein, dan vitamin D. Ketiga gizi tersebut jika diolah oleh tubuh akan berperan optimal dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Baca Juga: 10 Manfaat Susu Sapi Murni bagi Kesehatan yang Harus Diketahui

3. Memelihara kesehatan kulit

susu menjaga kesehatan kulit
ilustrasi susu menjaga kesehatan kulit (pixabay.com/whitedaemon)

Ingin awet mudah dengan kulit kencang? Mungkin kamu bisa memulai kebiasaan meminum susu sebelum tidur, karena salah satu manfaat minum susu sebelum tidur adalah dapat memelihara kesehatan kulit.

Susu mengandung vitamin B12 yang dapat berperan memperbaiki elastisitas pada kulit. Kemudian vitamin A pada susu akan mensupport pembentukan sel baru pada kulitmu, sehingga kulit terlihat tetap segar dan awet muda.

4. Meningkatkan mood positif saat bangun tidur

Manfaat minum susu sebelum tidur dapat meningkatkan mood positif, lho! Susu memiliki kandungan vitamin D dan protein, yang berperan dalam tubuh untuk memproduksi hormon pengatur suasana hati.

Selain itu, kandungan magnesiumnya pula berperan dalam mengatasi kelelahan setelah seharian beraktivitas. Maka dengan meminum susu sebelum tidur, ampuh meningkatkan mood positif dan membuat tubuh lebih segar saat bangun tidur.

5. Menjaga kesehatan jantung

susu menjaga kesehatan jantung
ilustrasi susu menjaga kesehatan jantung (unsplash.com/robina weermeijer)

Susu rendah lemak yang diminum sebelum tidur, membantu tubuhmu dalam memelihara kesehatan jantung. Hal ini karena gizi susu berupa kalium mampu menurunkan tekanan darah pada tubuh.

Didukung lagi dengan asam folat pada susu yang berperan dalam pencegahan penggumpalan darah. Maka minum susu rendah lemak akan mencegahmu dari resiko penyakit jantung.

6. Membantu menaikkan berat badan

Jika kamu sedang dalam program menaikkan berat badan, maka salah satu manfaat minum susu sebelum tidur dapat mendukung program kamu.

Susu memiliki kandungan laktosa yang dapat meningkatkan kalori harian, sehingga jika pengonsumsian susu secara rutin mampu menaikkan berat badan kamu.

So, itu tadi manfaat minum susu sebelum tidur yang akan kamu dapatkan jika dilakukan secara rutin. Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, Sobat Yummy disarankan untuk meminum susu 2 jam sebelum tidur.

Baca Juga: 15 Manfaat Susu Beruang Bagi Kesehatan Tubuh

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Shanti Dewi

Shanti Dewi

Hot Milk Tea #YummyXtraPoint

Hot Milk Tea #YummyXtraPoint

(5.0)

5 langkah

390

Artikel Lainnya di nutrisi