Bantu Atasi Insomnia, Inilah 5 Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur!

Minumlah teh hijau sebelum tidur dan dapatkan manfaat ini!

Bantu Atasi Insomnia, Inilah 5 Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Bukan sebuah fiksi lagi, jika membicarakan mengenai sederet manfaat dari teh hijau. Teh ini digunakan sebagai obat tradisional Tiongkok, yang telah dipercaya dari tahun ke tahun, dan terbukti mampu mengatasi berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Dalam penelitian yang dipublikasi oleh Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri (2018), menjelaskan bahwa teh dengan kandungan antioksidan tertinggi yakni ada pada teh hijau, dibandingkan dengan jenis teh lainnya, seperti teh hitam dan teh oolong. Selain itu, manfaat minum teh hijau sebelum tidur juga sangat keren. Kandungan theanine dalam teh hijau sangat ajaib dalam memberi efek relaksasi pada tubuh, sehingga membantumu mengatasi insomnia.

Yummy App telah merangkum beberapa manfaat minum teh sebelum tidur untuk kamu. Cukup duduk dan siapkan teh hijaumu sekarang untuk menyimak beberapa manfaat berikut!

Baca Juga: ​4 Perbedaan Matcha dan Green Tea yang Perlu Kamu Tahu

1. Bantu atasi insomnia

Manusia sudah pasti membutuhkan jam untuk tidur yang cukup agar tubuh kembali fit dalam beraktivitas kembali. Seseorang dengan masalah kesehatan seperti insomnia, menyebabkan kurangnya tidur yang berdampak pada penurunan sistem imun hingga masalah kronis, jika tidak segera diatasi.

Manfaat minum teh hijau sebelum tidur utamanya yakni dapat meningkatkan kualitas tidur. Kandungan theanine pada teh hijau dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh. Efek tersebut sangat berpotensi untuk cepat terlelap dan meningkatkan kualitas tidur.

Tapi perlu Sobat Yummy ketahui, jika ingin mendapatkan manfaat ini dari teh hijau, disarankan untuk memilih merek teh hijau rendah kafein. Agar kafein tidak menganggu khasiat dari theanine dalam kualitas tidur kamu.

2. Mengelola stres dan perbaiki mood

ilustrasi orang sedang mengalami stres
ilustrasi stres (pixabay.com/1388843)

Khasiat theanine pada teh hijau tiada habisnya. Senyawa ini juga bantu untuk tenangkan pikiranmu, jika merasa stress dan suntuk.

Theanine bekerja memproduksi gelombang alfa dalam otak, sehingga meminimalkan input sensorik dan mengurangi stress. Hal ini dapat memperbaiki mood kamu menjadi lebih baik!

3. Sistem imun tubuh meningkat

Teh hijau sebagai super drink yang kaya akan kandungan baik, salah satunya adalah polifenol. Dalam penelitian oleh Yusni dkk. (2015), polifenol yang juga merupakan senyawa antioksidan jika dibandingkan dengan vitamin C, memiliki khasiat 100 kali lebih efektif sebagai imunomodulator.

Antioksidan pada teh hijau juga memiliki aktivitas antikanker, antialergi, dan antiinflamasi. Sehingga manfaat minum teh hijau sebelum tidur, membuat tubuhmu menjadi super karena meningkatkan imun.

4. Kesehatan mulut terjaga

kesehatan mulut terjaga
ilustrasi kesehatan mulut terjaga (pixabay.com/marcofedermann)

Saat tidur, bakteri pembawa masalah pada mulut seperti Streptococcus mutans akan berkembang cepat. Kandungan katekin pada teh hijau memiliki kemampuan antibakteri. Sehingga minum teh hijau sebelum tidur membantu dalam penghambatan bakteri penyebab rusaknya gigi, dan bau mulut.

5. Menurunkan berat badan

Teh hijau disebut mampu menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan ECGC atau katekin pada teh hijau berperan dalam pembakaran lemak pada tubuh.

Sobat Yummy bisa rutin meminum teh hijau sebelum tidur untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Tapi perlu diperhatikan juga pola makan, dan olahraga untuk hasil yang maksimal.

Kandungan baik dari teh hijau menjadikan minuman ini sebagai super drink yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh kamu. Sobat Yummy bisa rutin minum teh hijau sebelum tidur untuk menikmati manfaatnya. Tapi jangan lupa, untuk selalu konsumsi apapun dengan cukup, agar tidak menimbulkan alergi.

Baca Juga: ​Nappuccino, Kombinasi Minum Kopi dan Tidur Siang Biar Tubuh Energik!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

andrenia giawati

andrenia giawati

Es Teh Hijau Lemon Mint

Es Teh Hijau Lemon Mint

(5.0)

6 langkah

1.0 rb

Artikel Lainnya di nutrisi