10 Manfaat Pisang yang Luar Biasa bagi Kesehatan

Sumber vitamin A dan C yang tinggi

10 Manfaat Pisang yang Luar Biasa bagi Kesehatan

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat populer dan sering dikonsumsi secara global. Selain rasanya yang lezat dan mudah didapatkan, pisang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah dengan nama ilmiah Musa Paradisiaca ini dikenal sebagai sumber vitamin dan serat. Menurut Kementerian Kesehatan, kandungan karbohidrat pada pisang bahkan dua kali lipat lebih banyak daripada yang terkandung dalam apel.

Lalu, apa saja kebaikan yang bisa diberikan oleh buah kuning satu ini? Berikut manfaat pisang selengkapnya.

1. Sumber energi yang baik

Mengonsumsi pisang dapat memberikan kekuatan dan daya tahan tubuh yang meningkat. Hal ini karena, pisang mengandung karbohidrat kompleks yang merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh. Melansir Healthline, kandungan kalori buah pisang berkisar antara 72–135 kalori dan sekitar 93% kalorinya berasal dari karbohidrat.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga terlindung dari infeksi dan penyakit. Nah, kabar baiknya, pisang termasuk salah satu buah yang tinggi vitamin C, lho. Dengan mengonsumsi 100 gram pisang, kamu akan mendapat asupan vitamin C sekitar 9 mg.

3. Membantu pencernaan

pencernaan lancar
ilustrasi pencernaan lancar (freepik.com/wayhomestudio)

Serat yang terkandung dalam pisang dapat membantu memperbaiki fungsi pencernaan. Pisang juga dapat meringankan masalah perut seperti sembelit dan diare.

Namun, tetap perhatikan jumlah asupannya dan imbangi dengan minum air putih yang cukup, ya. Sebab pisang juga berkontribusi pada masalah sembelit jika mengonsumsinya terlalu banyak.

Baca Juga: Ragam Olahan Pisang Kepok yang Lezat dan Menggugah Selera

4. Menjaga kesehatan jantung

Pisang juga termasuk buah yang tinggi kalium. Setiap 100 gram pisang setidaknya mengandung 420 mg kalium, di mana porsi tersebut sudah bisa memenuhi 10% kebutuhan kalium per hari.

Kalium dikenal sebagai mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium dapat membantu mengatur tekanan darah dan meminimalisir risiko penyakit jantung.

5. Menurunkan risiko kanker

Tidak ketinggalan, pisang juga memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Antioksidan dalam pisang berasal dari kandungan magnesium, vitamin C, dan vitamin B6.

Sebagaimana kita tahu, tubuh memerlukan asupan antioksidan untuk membantu menangkal radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh dan meningkatkan risiko kanker.

6. Menjaga kesehatan mata

menjaga kesehatan mata
ilustrasi menjaga kesehatan mata (pexels.com/Sound On)

Selain sumber vitamin C, pisang juga mengandung vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Terdapat sekitar 64 IU dalam 100 gram pisang. Dengan rutin mengonsumsi pisang, Sobat Yummy dapat menjaga penglihatan dan mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak.

Baca Juga: 10 Jenis Pisang di Indonesia, Ciri Khas, dan Cara Mengolahnya

7. Meningkatkan mood

Pisang mengandung zat triptofan yang dapat membantu meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh, seperti dilansir ndtv.com. Di mana serotonin merupakan hormon yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres.

8. Membantu penurunan berat badan

Meskipun mengandung gula alami, pisang rendah kalori dan mengandung serat yang tinggi. Konsumsi pisang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan membantu mengontrol nafsu makan.

9. Meningkatkan kekuatan otot

membangun otot kuat
ilustrasi otot (pexels.com/samer daboul)

Kandungan magnesium dalam pisang dapat membantu meningkatkan kekuatan otot. Jadi, pisang adalah camilan yang cocok untuk dikonsumsi sebelum atau setelah beraktivitas fisik.

10. Menjaga kesehatan tulang

Pisang mengandung nutrisi penting seperti kalsium, magnesium, dan vitamin D yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang. Konsumsi pisang secara teratur dapat membantu mencegah osteoporosis.

Baca Juga: ​15 Makanan Mengandung Kalsium Tinggi, Baik untuk Tulang

Pisang bukan hanya buah yang lezat, tetapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Jadi, jangan lupa untuk menambahkan pisang dalam menu makanan sehari-harimu, ya.

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Azsha Ramadhani

Azsha Ramadhani

Setup Pisang Nangka

Setup Pisang Nangka

(5.0)

15 mnt

1.6 rb

Artikel Lainnya di nutrisi