Sudah Tahu Manfaat Sarsaparilla Bagi Kesehatan? Cari Tahu di Sini!

Rasanya unik dan menyehatkan

Sudah Tahu Manfaat Sarsaparilla Bagi Kesehatan? Cari Tahu di Sini!

penulis:

Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Sarsaparilla (Smilar ornata) tumbuh dengan baik di wilayah tropis Amerika Selatan, Kepulauan Karibia, dan Meksiko.

Memiliki cita rasa yang unik, sarsaparilla dimanfaatkan ekstraknya untuk minuman ringan hingga digunakan sebagai perasa pada beberapa makanan seperti permen.

Di Indonesia, tanaman ini juga sudah lama dibudidayakan di beberapa daerah dan diproduksi sebagai minuman bersoda. Sebagian orang mungkin sudah lama mengenal minuman tradisional sarsaparilla yang bercita rasa asam bersoda ini.

Tidak hanya itu, tanaman ini juga banyak diambil karena manfaat kesehatannya. Akar tanaman sarsaparilla mengandung senyawa kimia sarponin, yang dipercaya dapat mengatasi radang sendi dan beragam permasalahan kulit.

Lalu, seperti apa manfaat sarsaparilla lainnya untuk kesehatan? Simak informasi berikut sampai akhir, ya! 

7 Manfaat Sarsaparilla untuk Kesehatan

ilustrasi penyakit nyeri sendi
ilustrasi penyakit nyeri sendi (freepik.com/stefamerpik)

Sarsaparilla mengandung senyawa kimia saponin yang memiliki manfaat baik bagi tubuh manusia. Adapun tujuh manfaat sarsaparilla bagi kesehatan dapat kamu temukan di bawah ini.

1. Mengurangi gejala psoriasis

Psoriasis adalah peradangan kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas, dan terasa gatal. Sebuah studi yang dipublikasikan di situs National Library of Medicine menemukan bahwa akar dari tanaman sarsaparilla dapat digunakan untuk mengobati penyakit ini. 

Hipotesis para ahli mengatakan bahwa kandungan sarsaponin pada sarsaparilla mampu mengikat dan mengeluarkan endotoksin dari tubuh penderita psoriasis. Endotoksin adalah bakteri gram negatif yang bersifat toksik dan merupakan penyebab dari jaringan abnormal pada permasalahan kulit penderita psoriasis.

2. Mengurangi nyeri sendi

Nyeri sendi atau arthritis merupakan kondisi di mana terjadi pembengkakan dan nyeri pada sendi yang disebabkan oleh pertambahan usia.

Sarsaparilla memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Faktor ini membuatnya menjadi salah satu pengobatan yang berguna untuk kondisi peradangan seperti rheumatoid arthritis dan penyebab nyeri sendi lainnya serta pembengkakan yang disebabkan oleh asam urat. 

3. Mengurangi efek dan gejala sifilis

Sifilis atau dikenal juga sebagai raja singa, adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri dan mikroorganisme berbahaya yang menyerang tubuh. 

Meskipun mungkin tidak bekerja sebaik antibiotik dan antijamur modern, sarsarilla telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati penyakit utama seperti penyakit ini dan infeksi mikroba lainnya yang mematikan.

4. Mengobati kusta

Kusta atau lepra merupakan penyakit lainnya yang muncul akibat infeksi bakteri kronis yang menyerang jaringan kulit, saraf tepi, dan saluran pernapasan. Secara tradisional tanaman ini sudah lama dipercaya dapat membantu mengobati serangan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur.

5. Anti-kanker

Kandungan antioksidan pada sarsaparilla juga dapat bermanfaat dalam menangkal radikal bebas serta mencegah kerusakan sel di dalam tubuh. Sehingga, menurut studi yang diterbitkan pada jurnal Cancer Prevention Researchpada tahun 2015, sarsaparilla dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas dan efek samping lainnya sebagai salah satu pencegahan kanker.

6. Memelihara kesehatan liver

Sarsaparilla diketahui juga menunjukkan efek perlindungan pada liver. Penelitian yang dilakukan pada tikus dengan kerusakan hati menemukan bahwa senyawa yang kaya flavonoid dari sarsaparilla mampu membalikkan kerusakan hati dan membantunya berfungsi dengan baik.

7. Merawat kulit

Kandungan antioksidan pada sarsaparilla juga dapat merawat kesehatan dan kekencangan kulit sehingga dapat mencegah proses penuaan. Ekstrak akarnya memiliki manfaat dalam memproduksi kolagen di kulit dan mencegah kerusakan kult akibat paparan sinar matahari.

Meski populer sebagai bahan perisa untuk makanan dan minuman, namun ternyata ada banyak sekali manfaat sarsaparilla untuk kesehatan yang tidak bisa dianggap sepele, ya! Namun, sebelum memilih sarsaparilla sebagai alternatif pengobatan, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya, Sobat Yummy. 

Baca Juga: ​10 Manfaat Air Zamzam Bagi Kesehatan Tubuh

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Colored Cube Soda

Colored Cube Soda

(4.3)

60 mnt

recooks-0
recooks-1
recooks-2
recooks-3
Diana Nurjanah

Diana Nurjanah

Minuman Herbal Berempah

Minuman Herbal Berempah

(5.0)

6 langkah

385

Artikel Lainnya di nutrisi