15 Manfaat Susu Beruang Bagi Kesehatan Tubuh

Susu beruang, solusi minuman untuk tubuh jadi lebih sehat

15 Manfaat Susu Beruang Bagi Kesehatan Tubuh

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Meski namanya susu beruang, namun minuman kalengan ini merupakan susu yang berbahan dasar dari susu sapi. Nama susu beruang berasal dari kemasan susunya menggunakan gambar beruang, walaupun sebenarnya isinya tetap susu sapi.

Banyak yang mengatakan bahwa susu beruang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, jika dibandingkan dengan susu lainnya. Untuk tahu lebih jauh terkait manfaatnya, berikut Yummy App jabarkan selengkapnya.

1. Menetralisir racun

racun dalam tubuh
ilustrasi racun dalam tubuh (pexels.com/cdc)

Dalam Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, disebutkan bahwa susu beruang dapat menetralkan racun yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan proses sterilisasi susu beruang dilakukan hingga seluruh bakteri tidak baik dalam susu mati secara keseluruhan. Di samping itu, kandungan mineral dan zat gizi lainnya yang terkandung mampu menetralkan racun.

2. Mengoptimalisasi kinerja otak

bekerja dengan baik karena kinerja otak yang maksimal
ilustrasi orang bekerja dengan baik (pexels.com/cottonbrostudio)

Susu beruang mengandung vitamin B yang berfungsi untuk membantu perkembangan otak, sehingga kinerja otak juga dapat teroptimalisasi dengan baik. Akan sangat bermanfaat jika dikonsumsi oleh anak-anak usia sekolah, maupun kamu yang sibuk bekerja, supaya pelajaran mampu dikuasai dengan mudah dan pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

3. Mencegah terjadinya osteoporosis

kaki yang sehat
ilustrasi kaki dengan tulang yang sehat (pexels.com/daniaortega)

Kalsium menjadi salah satu zat yang juga terkandung dalam susu beruang. Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa kalsium mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Sehingga jika kamu mengkonsumsi susu beruang secara teratur, dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

Karena itu, mengkonsumsi susu beruang selagi muda akan sangat baik untuk memperkuat tulang, supaya tulang tetap sehat hingga tua nanti.

4. Membantu menjaga kesehatan paru-paru

paru-paru sehat
ilustrasi bernapas lega (pexels.com/oleksandrpidvalnyi)

Manfaat susu beruang lainnya adalah dapat membantu untuk menjaga kesehatan paru-paru. Seperti yang disebutkan dalam Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila bahwa, vitamin kompleks yang terkandung dalam susu beruang, mampu merawat sel paru-paru, menjaga paru-paru dari serangan virus, serta menghindari paru paru terkena paparan debu dari luar.

Baca Juga: 10 Manfaat Susu Sapi Murni bagi Kesehatan yang Harus Diketahui

5. Meredakan flu dan batuk

sakit flu
ilustrasi orang sedang sakit flu (unsplash.com/towfiqubarbhuiya)

Tak hanya menjaga kesehatan paru-paru, susu beruang juga dapat meredakan flu dan batuk yang sedang menyerang tubuh kamu. Hal ini dikarenakan susu beruang mengandung vitamin dan antioksidan alami, yang bisa membantu mempercepat proses pemulihan flu dan batuk.

6. Menjaga kekebalan tubuh

tubuh sehat
ilustrasi tubuh yang sehat (pexels.com/marcusaurelius)

Seperti yang diketahui bahwa antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Antioksidan ini terkandung dalam susu beruang yang mungkin sering kamu minum. Dengan adanya antioksidan dalam susu, kekebalan tubuh kamu dapat terjaga dengan baik, jika kamu mengonsumsi susu beruang secara teratur.

7. Membantu proses diet

diet
ilustrasi mengukur pinggang saat diet (pexels.com/yaroslavshuraev)

Karena kandungan susu beruang yang rendah lemak dengan protein yang tinggi, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendukung proses diet yang sedang kamu jalani saat ini. Bukan hanya dengan berolahraga, kamu perlu memperhatikan apa yang kamu makan dan minum saat proses diet berlangsung. Susu beruang bisa menjadi teman kamu untuk membuat diet menjadi lebih enak.

8. Menambah energi tubuh

anak kecil semangat
ilustrasi anak kecil penuh semangat (pexels.com/emmabauso)

Berbagai kandungan vitamin kompleks yang terdapat pada susu beruang juga dapat menambah energi pada tubuh. Hal ini dikarenakan, susu beruang mampu mempercepat proses metabolisme, sehingga cepat menghasilkan dan menambah energi dalam tubuh.

9. Menjaga kesehatan kulit

masker susu beruang
ilustrasi menggunakan masker susu beruang (pexels.com/polinakovaleva)

Para wanita yang gemar menjaga kecantikan dan kesehatan kulit pasti akan senang mendengar kabar bahwa susu beruang dapat menjaga kulit agar tetap mendapatkan nutrisi dengan baik. Susu beruang mengandung vitamin A, C, dan juga E yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan kulit.

10. Tidur lebih nyenyak

tidur nyenyak
ilustrasi tidur nyenyak (pexels.com/andreapiacquadio)

Dalam susu beruang terdapat kandungan triptofan yang mendukung pembentukan hormon melatonin. Hormon melatonin inilah yang dapat membuat tidur kamu menjadi lebih nyaman dan nyenyak. Minum susu di malam hari juga cenderung membuat kamu lebih cepat merasa kantuk, sehingga dapat membantu supaya kamu lebih mudah tertidur.

11. Mempercepat proses pemulihan tifus

sakait tifus
ilustrasi sakit tifus (pexels.com/andreapiacquadio)

Susu beruang dapat membantu menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Karena itulah, susu beruang juga diyakini mampu membantu proses pemulihan ketika kamu sakit tifus.

12. Menjaga kadar kolesterol

cek kolesterol
ilustrasi cek kolesterol (pexels.com/thirdman)

Susu beruang yang merupakan susu sapi memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Lemak jenuh juga menjadi salah satu kandungan yang terdapat dalam tubuh, yang bisa berguna untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. 

13. Aliran darah menjadi lebih bersih

aliran darah
ilustrasi aliran darah (unsplash.com/anirudh)

Antioksidan tinggi yang ada dalam susu beruang, mampu membantu untuk membersihkan aliran darah. Tujuannya supaya menjadi lebih bersih dan tidak terdapat hal-hal yang berbahaya bagi tubuh.

14. Membantu meregenerasi kulit

kulit sehat
ilustrasi kulit wajah sehat (pexels.com/ronlach)

Jika sebelumnya disebutkan bahwa susu beruang dapat menutrisi kulit, kamu juga perlu tahu bahwa susu beruang dapat membantu dalam proses regenerasi kulit. Hal ini karena didukung oleh kandungan vitamin A, E, dan C pada susu beruang.

15. Mengurangi dampak dari rokok

rokok
ilustrasi rokok (pexels.com/basilmk)

Para perokok aktif juga bisa mendapatkan manfaat dari susu beruang. Pasalnya susu beruang dapat membantu mengurangi dampak dari merokok, seperti batuk, bau mulut, dan juga timbulnya karang pada gigi. Namun kamu harus ingat, kalau menjauhkan rokok dari kehidupan sehari-hari akan lebih baik, dibandingkan dengan mengatasi dampak dari rokok terhadap tubuh.

Banyak sekali, kan, manfaat dari susu beruang untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisinya yang lengkap bisa bantu cukupi kebutuhan gizi harian, tentunya dengan turut didampingi oleh sumber gizi lainnya.

Baca Juga: 10 Produk Olahan Susu Paling Populer, Mana Favoritmu?

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Lina Dwi S

Lina Dwi S

Jelly Teh Susu

Jelly Teh Susu

(5.0)

5 langkah

242

Lia_Ariani

Lia_Ariani

Es Susu Selasih Frambozen

Es Susu Selasih Frambozen

(5.0)

5 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di nutrisi