7 Manfaat Susu Kurma dan Cara Membuatnya, Stamina Terjaga saat Puasa

Dapatkan manfaat susu dan kurma sekaligus!

7 Manfaat Susu Kurma dan Cara Membuatnya, Stamina Terjaga saat Puasa

penulis:

Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Kurma adalah buah yang identik dengan bulan Ramadan dan biasa dimakan saat berbuka puasa. Mengonsumsi buah kurma sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat baik yang bisa kamu rasakan. Nah, agar lebih bervariasi, selain dimakan langsung, kamu juga bisa, lho, mengolahnya menjadi susu kurma.

Kombinasi kurma dan susu akan memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Pada kurma terdapat serat, kalsium, zat besi, fosfor, zinc, mangnesium, vitamin A, D, dan C yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kamu. Sementara itu, susu juga mengandung protein, kalsium, potassium, dan kalium yang dapat mendukung sistem pertumbuhan.

Agar kamu semakin yakin untuk mengonsumsinya, yuk, simak manfaat susu kurma berikut. Kamu juga bisa mengetahui cara membuat susu kurma yang enak dan mudah di akhir artikel ini.

Kandungan nutrisi kurma dan susu

ilustrasi susu dan kurma
ilustrasi segelas susu dan semangkuk kurma (freepik.com/freepik)

1. Kandungan nutrisi kurma

Kurma merupakan buah dengan kandungan nutrisi yang cukup kompleks sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi. Berikut kandungan nutrisi yang bisa kamu dapatkan:

  • Karbohidrat kompleks berupa serat
  • Fruktosa
  • Sukroka
  • Protein
  • Selenium
  • Fosfor
  • Vitamin A, C, E, dan B
  • Kalsium
  • Zinc
  • Kalium
  • Zat besi
  • Tembage 
  • Tanin

2. Kandungan nutrisi susu rendah lemak

Sementara itu, susu dikenal sebagai sumber protein dan kalsium yang baik bagi tubuh. Berikut kandungan nutrisi susu rendah lemak selengkapnya:

  • Kalori
  • Lemak
  • Protein
  • Kalsium
  • Natrium
  • Karbohidrat
  • Serat

Manfaat minum susu kurma bagi kesehatan

ilustrasi buah kurma
ilustrasi buah kurma (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Susu kurma merupakan campuran antara susu murni atau susu rendah lemak dengan kurma. Minuman ini tentunya bisa kamu bisa buat sendiri di rumah. Selain nikmat, kamu juga bisa merasakan manfaat kesehatan dari kombinasi kedua bahan pangan yang sama-sama memiliki manfaat baik ini.

Berikut ini 7 manfaat susu kurma bagi kesehatan yang bisa kamu peroleh:

1. Menjaga kesehatan jantung

ilustrasi menjaga kesehatan jantung
ilustrasi menjaga kesehatan jantung (freepik.com/freepik)

Manfaat susu kurma untuk kesehatan yang pertama yakni bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Kurma memiliki kandungan kalium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain kalium, kurma juga merupakan sumber karbohidrat kompleks yang dapat memenuhi kebutuhan serat harian.

Mengombinasikan kurma dengan susu akan menjadi sumber kalium yang baik agar kesehatan jantungmu terus terjaga.

2. Mencegah anemia

perempuan pusing karena anemia
ilustrasi perempuan pusing karena anemia (freepik.com/jcomp)

Anemia merupakan kondisi ketika tubuh mengalami kekurangan darah merah, atau sel darah merah tidak dapat bekerja dengan baik. Kondisi medis ini cukup umum terjadi, yang ditandai dengan gejala seperti lemas, lelah, pucat, dan sesak napas karena oksigen tidak dapat tersuplai ke seluruh tubuh.

Anemia dapat dicegah dengan asupan zat besi yang akan memproduksi hemoglobin. Hemoglobin nantinya bertugas untuk mengikat kembali oksigen dan menyalurkannya ke sel-sel di dalam tubuh.

Kandungan zat besi ini bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi susu kurma. Pada kurma terdapat kandungan zat besi yang akan berperan dalam pembentukan hemoglobin ini, sehingga dapat membantumu mencegah anemia.

3. Membantu mengatasi sembelit

sakit perut karena sembelit
ilustrasi sakit perut karena sembelit (freepik.com/freepik)

Bagi kamu yang sedang memiliki masalah pencernaan, seperti susah buang air besar dan sembelit, kamu bisa mencoba minum susu kurma juga, lho!

Penderita sembelit sangat disarankan untuk mengonsumsi banyak serat. Serat berfungsi untuk menahan air melewati usus dan membantu melunakkan feses, sehingga pencernaan kembali lancar.

Selain mengonsumsi sumber serat dari panganan dan buah-buahan populer lain seperti pepaya, satu sumber serat alternatif lainnya juga bisa kamu dapatkan dari buah kurma. Mencampurkan kurma dengan susu akan dapat membantumu mengatasi masalah sembelit.

Kamu bisa meminumnya di pagi hari sebelum sarapan. Namun, jika kamu memiliki intoleransi laktosa atau alergi susu sapi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan ahli, ya.

4. Menjaga kesehatan saraf

ilustrasi saraf dan otak manusia
ilustrasi saraf dan otak manusia (freepik.com/kjpargeter)

Susu kurma pun bisa bantu menjaga kesehatan sistem saraf berkat kandungan kalium, natrium, dan vitamin B yang terkandung di dalamnya. Nutrisi tersebut dapat merangsang otak untuk mengirimkan sinyal ke tubuh atau sebaliknya, melalui sistem saraf.

Kombinasi susu dan kurma juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi dan mencegah saraf otak dari peradangan.

5. Meningkatkan produksi ASI

susu kurma dapat meningkatkan produksi ASI
ilustrasi perempuan menggendong bayi (freepik.com/freepic.diller)

Para ibu yang sedang berjuang memberi asupan ASI kepada buah hati, bisa mengambil manfaat susu kurma sebagai ASI booster. Sebuah penelitian yang terbit pada Mediterranean Journal of Nutrition and Metabolism tahun 2017 menyebut bahwa kurma memberikan manfaat baik untuk ibu menyusui seperti mengurangi stres serta sebagai ASI booster.

Susu kurma dapat membantu menghasilkan serotonin yang mencegah turunnya kadar prolaktin. Hal ini membuat ibu lebih tenang dan volume ASI pun ikut meningkat.

Baca Juga: 15 Makanan ASI Booster yang Bergizi untuk Busui dan Bayi

6. Mendukung kesehatan tulang

ilustrasi mendukung kesehatan tulang
ilustrasi mendukung kesehatan tulang (freepik.com/kues1)

Manfaat susu yang satu ini sudah sangat populer diketahui. Namun, apakah mencampurnya dengan kurma juga membuatnya memiliki manfaat yang sama?

Layaknya susu, kurma juga mengandung kalsium, bahkan selenium dan tembaga. Artinya, meminum susu kurma dapat memenuhi kebutuhan kalsium harianmu yang akan mendukung pertumbuhan dan kekuatan tulang, terutama bagi anak-anak di masa pertumbuhan.

7. Menjaga stamina

ilustrasi peningkatan stamina
ilustrasi peningkatan stamina (freepik.com/freepik?

Susu dan kurma sama-sama menyediakan energi harian yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat berfungsi melakukan aktivitas keseharian. Susu kurma menjadi asupan padat nutrisi yang dapat membantumu meningkatkan energi terutama saat ingin berolahraga atau menjalankan ibadah puasa.

Kamu bisa minum susu kurma saat sahur agar ibadah puasa makin lancar. Sedangkan untuk kebutuhan lain seperti berolahraga, mengonsumsi susu kurma dapat membuat energi dan stamina tetap terjaga.

Tidak perlu khawatir bagaimana cara mendapatkan produk yang satu ini. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep susu kurma berikut!

Cara membuat susu kurma

ilustrasi minuman susu kurma
ilustrasi minuman susu kurma ala Ayu Aura (app.yummy.co.id/ayu-aura)

Bahan utama:

  • 7 buah kurma
  • 3 sdm madu
  • 150 ml susu UHT full cream
  • 100 ml air panas
  • Es batu secukupnya (opsional)

Alat dan perlengkapan:

  • Blender

Cara membuat:

  1. Siapkan buah kurma dan pisahkan dengan bijinya.
  2. Rendam buah kurma di dalam air panas hingga lunak.
  3. Masukkan kurma ke dalam blender, lalu tuang susu cair full cream.
  4. Blender sampai halus.
  5. Tuang ke dalam gelas saji, lalu beri tambahkan madu dan es batu jika suka. Susu kurma siap disajikan!

Ternyata, ada banyak kebaikan manfaat susu kurma bagi kesehatan, dan cara membuatnya pun tidak sulit. Tertarik untuk mencoba?

Baca Juga: 10 Jenis Kurma dan Manfaatnya, Kenali Bedanya Sebelum Beli

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Rini Dwi Astuti

Rini Dwi Astuti

Roti Bantal Wortel Kurma

Roti Bantal Wortel Kurma

(5.0)

10 langkah

567

Artikel Lainnya di nutrisi