10 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Beragam manfaat tomat bagi kesehatan tubuh

10 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Tomat, buah merah yang sering menjadi bahan dasar dalam berbagai hidangan, ternyata tidak hanya lezat tetapi juga memiliki sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan. Dari kandungan nutrisi yang kaya hingga sifat antioksidan yang hebat, tomat telah lama diakui sebagai salah satu superfood yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Mari telusuri lebih dalam tentang khasiat menakjubkan yang terdapat dalam setiap gigitan tomat, serta bagaimana buah ini dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kandungan Tomat

ilustrasi tomat (freepik.com/wangxina)
ilustrasi tomat (freepik.com/wangxina)

Dilansir dari jurnal ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga Skripsi Pengaruh Pemberian Tomat (Solanum lycopersicum L.)Tomat, dengan nama ilmiah Solanum lycopersicum L., mengandung vitamin A dan C serta berbagai senyawa anti-penyakit yang bermanfaat bagi kesehatan, terutama likopen. Zat warna merah ini sangat melimpah dalam buah tomat, memberikan manfaat kesehatan yang besar bagi tubuh. Berikut merupakan kandungan lain dari tomat:

  • Air: 94,1%
  • Energi: 19 kal
  • Protein: 1,0 g
  • Lemak: 0,2 g
  • Karbohidrat: 4,1 g
  • Serat: 0,8 g
  • Abu: 0,6 g
  • Kandungan Mineral: Ca 18,0 mg; P 18,0 mg; Fe 0,8 mg; Na 4,0 mg; K 266,0 mg
  • Vitamin: A 735 IU; tiamin 0,06 mg; riboflavin 0,04 mg; niasin 0,60 mg; asam askorbat 29,0 mg

Baca Juga: 10 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh

ilustrasi tomat (pexels.com/pixabay)
ilustrasi tomat (pexels.com/pixabay)

Rajin mengonsumsi tomat secara teratur akan memberikan sejumlah manfaat positif bagi kesehatan, termasuk:

1. Memelihara kesehatan jantung

Adalah salah satu manfaat tomat. Buah ini kaya akan likopen, sebuah antioksidan yang terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Klikopen dalam tomat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, memberikan perlindungan optimal bagi kesehatan jantung.

2. Menurunkan tekanan darah

Kandungan kalium yang terdapat dalam tomat membantu mengendalikan tekanan darah dengan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah, sehingga mengurangi risiko terkena hipertensi.

3. Pencegahan kanker

Kandungan likopen dalam tomat dikaitkan dengan pengurangan risiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat, paru-paru, dan perut. Konsumsi tomat secara teratur dapat meningkatkan karotenoid dalam tubuh, membantu mencegah pertumbuhan sel kanker pada payudara.

4. Kesehatan mata juga terjaga dengan konsumsi tomat

Berkat kandungan vitamin A, vitamin C, dan likopen. Nutrisi ini membantu mencegah degenerasi makula dan gangguan penglihatan lainnya.

5. Dalam menjaga berat badan yang sehat

Tomat adalah pilihan yang tepat. Buah ini rendah kalori dan tinggi serat, membantu menjaga rasa kenyang lebih lama, mengontrol nafsu makan, serta mendukung program penurunan berat badan.

Baca Juga: 5 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh, Kulit dan Sistem Pencernaan

6. Kesehatan tulang

Kandungan vitamin K dan kalsium dalam tomat juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Kalsium mendukung kepadatan tulang, sedangkan vitamin K mendukung penyerapan kalsium secara optimal.

7. Kekebalan tubuh

Tomat juga berkontribusi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin C-nya. Konsumsi rutin tomat dapat membantu tubuh tetap sehat dan mencegah penyakit.

8. Penuaan kulit

Manfaat tomat tidak hanya bagi kesehatan internal, tapi juga kulit. Kombinasi vitamin C dan likopen membantu melawan penuaan kulit, melindungi dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, serta memperbaiki kerusakan kulit.

9. Kesehatan pencernaan

Konsumsi tomat juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah sembelit, sambil mendukung pertumbuhan bakteri sehat dalam saluran pencernaan.

10. Kesehatan otak

Terakhir, tomat juga memiliki dampak positif pada kesehatan otak. Antioksidan dalam tomat melindungi otak dari kerusakan oksidatif, membantu menjaga kognisi yang baik, dan mencegah penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Dengan segudang manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi tomat secara rutin, tak ada salahnya untuk memasukkan buah ini ke dalam pola makan sehari-hari. Dari menjaga kesehatan jantung hingga mendukung kesehatan kulit dan otak, tomat menjadi pilihan makanan yang sangat menguntungkan bagi tubuh.

Untuk lebih mengeksplorasi beragam resep sehat dan lezat dengan bahan utama tomat, serta aneka hidangan lainnya, jangan ragu untuk menginstal aplikasi Yummy.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Susi Faniati

Susi Faniati

Bolu Tomat Kukus

Bolu Tomat Kukus

(5.0)

30 mnt

1.3 rb

Artikel Lainnya di nutrisi