10 Manfaat Wedang Jahe dalam Keseharianmu

Temukan beragam manfaat wedang jahe untuk tubuh

10 Manfaat Wedang Jahe dalam Keseharianmu

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Mengonsumsi minuman hangat seperti wedang jahe, adalah satu dari banyak cara sederhana untuk menjaga kesehatan badan. Wedang jahe adalah minuman sari jahe tradisional khas Jawa Tengah dan Jawa Timur yang biasanya disajikan hangat-hangat, sesuai dari arti nama wedang yang berarti 'minuman panas'.

Wedang Jahe terbuat dari irisan jahe dan gula yang dicampur atau diseduh ke dalam air panas. Jahe yang akan dipakai umumnya akan dibakar beberapa saat terlebih dahulu agar wanginya semakin keluar. Kini, wedang jahe kerap divariasikan dengan menambahkan bahan seperti kayu manis, susu, atau daun pandan.

Berdasarkan Indonesian Food Composition Data, dalam 100 gram jahe yang segar terdapat kandungan sebagai berikut:

  • 51 kalori energi
  • 12 gram serat
  • 10,1 gram karbohidrat
  • 1,5 gram protein
  • 1 gram lemak
  • 441,7 miligram kalium
  • 39 miligram fosfor
  • 21 miligram kalsium
  • 12 miligram sodium
  • 4 miligram vitamin C
  • 3,3 miligram niasin (vitamin B3)
  • 1,6 miligram zat besi
  • 0,7 miligram seng
  • 0,17 miligram riboflavin (vitamin B2)

Namun, apa saja sebenarnya manfaat wedang jahe ini? Yuk, simak pembahasan manfaat wedang jahe berikut!

Baca Juga: 5 Cara Menyimpan Jahe Agar Awet, Sudah Tahu?

1. Meredakan rasa mual

ilustrasi jahe (freepik.com/vecstok)
ilustrasi jahe (freepik.com/vecstok)

Pernah merasa mual selama di perjalanan? Wedang jahe bisa jadi solusinya. Jahe dikenal dapat meredakan gejala mual, baik yang disebabkan oleh perjalanan, kehamilan, hingga efek samping beberapa jenis obat.

2. Meringankan flu

Menghangatkan tubuh saat sedang flu adalah salah satu manfaat wedang jahe. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang baik untuk membantu tubuh melawan flu. Selain itu, jahe mengandung shogaol yang berkhasiat memerangi penyebab flu.

3. Mengatasi mag

Jahe juga dikenal bisa meringankan gejala mag. Hal ini karena senyawa gingerol dan shogaol dalam jahe dapat mengurangi peradangan dan iritasi pada lapisan lambung.

Berdasarkan hasil penelitian yang dimuat di World Journal of Gastroenterology, ekstrak jahe yang diberikan pada pasien dengan penyakit lambung dapat membantu pengosongan lambung dan pengeluaran gas.

4. Mengendalikan kadar gula darah

Sebagai minuman herbal, wedang jahe juga bermanfaat dalam mengendalikan kadar gula darah. Ini adalah kabar baik bagi Sobat Yummy yang sedang menjalani diet atau berupaya menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh.

5. Membantu meredakan nyeri haid

Wedang jahe tidak hanya menghangatkan tubuh, tapi juga meredakan nyeri haid. Sifat analgesik dan anti-inflamasi dalam jahe dapat membantu meredakan nyeri menstruasi. Beberapa penelitian menyatakan bahwa jahe sama efektif dengan obat pereda nyeri dalam mengatasi kram haid.

6. Menurunkan dan menjaga berat badan

wedang jahe
ilustrasi wedang jahe (pexels.com/cupofcouple)

Mencoba menurunkan berat badan? Mungkin ini saatnya untuk membuktikan manfaat wedang jahe. Jahe dapat membantu meningkatkan metabolisme dan menekan nafsu makan, yang berarti akan ikut membantu menurnkan berat badan.

7. Meredakan nyeri otot

Apabila Sobat Yummy merasakan nyeri otot setelah berolahraga, kalian dapat meminum wedang jahe karena minuman satu ini dapat membantu meredakan nyeri otot. Wedang jahe mengandung antioksidan yang kuat, sehingga dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri otot.

8. Berpotensi mencegah kanker

Manfaat wedang jahe yang penting lainnya adalah mampu mencegah terjadinya kanker. Senyawa gingerol dalam jahe memiliki potensi anti-kanker yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap berbagai jenis kanker.

9. Menurunkan kolesterol

Wedang jahe juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi lipoprotein densitas rendah, atau LDL (bad cholesterol), yang dikenal memicu penyakit jantung.

10. Mencegah serangan jantung

Wedang jahe bukan hanya dapat menurunkan kolesterol, tapi juga mencegah serangan jantung. Jahe dapat membantu mencegah penggumpalan darah yang menjadi salah satu faktor utama penyebab serangan jantung.

Baca Juga: Perbedaan Jahe, Lengkuas, Kencur, dan Kunyit, Lengkap!

Wedang jahe, minuman sederhana yang ternyata menyimpan segudang manfaat. Apa pun kondisi tubuh Sobat Yummy, menyeruput wedang jahe dapat menjadi salah satu cara untuk mendukung kesehatan sehari-hari. Tak hanya rasanya yang enak, wedang jahe juga membawa manfaat tak terduga untuk tubuh.

Nah, jika Sobat Yummy ingin mengetahui lebih banyak informasi serupa. Yuk, segera unduh Yummy App!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Dapur MamaKIA

Dapur MamaKIA

Semur Ayam Kecap

Semur Ayam Kecap

(5.0)

25 mnt

113

Artikel Lainnya di nutrisi