Kenali 10 Manfaat Zat Besi, Cegah Anemia Salah Satunya!

Makanan-makanan yang akan membantu kamu memenuhi zat besi

Kenali 10 Manfaat Zat Besi, Cegah Anemia Salah Satunya!

penulis:

Zulfatul Jannah

Bagikan:

Zat besi mungkin adalah nutrisi yang sering dianggap remeh, tapi siapa sangka mineral ini tidak hanya membantu tubuh untuk tetap sehat melainkan juga menjadi pencegah dan pelindung tubuh kita dari berbagai penyakit. 

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, kamu dapat melancarkan peredaran darah bahkan sampai mencegah infeksi. Untuk itu, mari mengenal lebih dalam mineral hebat satu ini!

Mengenal zat besi

Ilustrasi suplemen zat besi
Ilustrasi suplemen zat besi (pexels.com/Mari Monpari)

Sobat Yummy, ternyata kita sebagai manusia sangat amat membutuhkan zat besi. Bedasarkan angka kecukupan gizi yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI, laki-laki membutuhkan 9 miligram (mg) zat besi per hari. Disisi lain, perempuan membutuhkan 2 kali lipat atau setara dengan 18 miligram (mg) zat besi per harinya.

Hal ini membuktikan bahwa zat besi sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Di dalam tubuh sendiri, zat besi memiliki peran sebagai transportasi oksigen dalam darah, sehingga kekurangan zat bes bisa menybabkan anemia. Tidak hanya itu, zat besi juga terlibat dalam proses metabolisme dan pertumbuhan sel dalam tubuh. Berikut merupakan manfaat penting zat besi bagi kesehatan tubuh.

Manfaat zat besi

Ilustrasi sumber Zat Besi
Ilustrasi sumber Zat Besi (freepik.com/13-Smile)

1. Mencegah anemia

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan hemoglobin. Hal ini dikarenakan sel darah merah tidak dapat membawa oksigen dengan efektif, sehingga organ-organ kekurangan pasokan oksigen yang cukup. Dengan mengonsumsi zat besi Sobat Yummy dapat mengembalikan kadar hemoglobin yang membuat sel darah merah bisa mengikat lebih banyak oksigen.

2. Melindungi kesehatan janin

Sobat Yummy, ternyata mineral ini adalah superhero untuk janin. Hal ini disebabkan karena zat besi diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh ibu maupun janin. Kekurangan zat besi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur serta berat badan lahir rendah (BBLR).

Zat besi yang diperlukan ibu hamil adalah sebanyak 30 miligram sampai 60 miligram setiap hari. Hal ini bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi tablet penambah darah sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

3. Meningkatkan konsentrasi

Siapa sangka manfaat zat besi lainnya adalah menjadi salah satu sumber untuk meningkatkan konsentrasi? Hal ini dikarenakan zat besi berperan dalam transportasi oksigen ke otak, mendukung pertumbuhan sel otak, dan berpartisipasi dalam produksi neurotransmitter. Kekurangan zat besi tentunya akan sangat berpengaruh dalam transportasi oksigen ke otak akan akan menyebabkan kamu sulit fokus.

Baca Juga: 10 Makanan yang Mengandung Zat Besi Penambah Darah, Mudah Didapat!

4. Menjaga kualitas tidur

Sobat Yummy kesulitan tidur?

Mungkin, ini disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh kamu. Jurnal dari African Health Sciences menunjukkan adanya keterkaitan antara kadar zat besi yang rendah dengan sejumlah gangguan tidur, seperti apnea, insomnia, dan rasa gelisah. Sehingga zat besi yang cukup sangat diperlukan tubuh.

5. Menjaga kinerja otot

Zat besi tidak hanya bisa digunakan untuk mencegah anemia. Manfaat zat besi lainnya adalah gunanya dalam pembentukan hemoglobin yang akan membantu memasok oksigen ke otot. Hal ini tentunya menyebabkan otot dapat bekerja secara maksimal.

6. Menjaga kesehatah fungsi otak

Kandungan di dalam zat besi dapat membantu proses transportasi oksigen ke otak. Manfaat zat besi yang ini tentunya akan menjaga kesehatan fungsi otak. Maka dari itu, sangat penting untuk mencukupi jumlah zat besi agar kesehatan otak tetap terjaga

7. Menambah energi dan menjaga metabolisme

Zat besi ternyata juga bermanfaat untuk mengonversi makanan menjadi energi, lho. Tak hanya itu, zat besi juga terlibat dalam metabolisme energi sehingga penting untuk menambah energi dan menjaga metabolisme tubuh.

8. Mengurangi kelelahan

Anemia adalah suatu kondisi kurangnya zat besi dalam tubuh manusia. Pasien yang terkena anemia biasanya merasa mudah lelah. Dengan mengonsumsi zat besi yang cukup, tentu akan membantu Sobat Yummy dalam mencegah serta mengatasi kelelahan.

9. Mencegah infeksi

Mengonsumsi zat besi dengan cukup dapat membantu dalam pembelahan dan proses pematangan sel darah putih, salah satunya limfosit. Limfosit sendiri memiliki manfaat dalam mendeteksi bibit penyakit dan mematikannya. Hal yang buruk akan terjadi pula jika kamu kekurangan zat besi yang akan mengakibatkan sel darah merah tidak mampu menyuplai oksigen dengan cukup, sehingga pemulihan pasca infeksi akan lebih lama.

10. Meningkatkan kinerja tubuh

Asupan zat besi yang cukup akan membantu tubuh manusia untuk meningkatkan kinerja tubuh. Hal ini tentunya dikarenakan zat besi dapat menghasilkan sel darah merah yang berperan dalam mentransfer oksigen ke jaringan. Tak heran, kekurangan zat besi pada tubuh akan menyebabkan kinerja buruk selama melakukan aktivitas fisik.

Jadi, bagaimana Sobat Yummy? Ternyata ada banyak juga, ya, manfaat zat besi.

Bisa dibilang zat besi ternyata memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan. Selain di makanan, kamu juga bisa mendapatkan asupan zat besi dari tablet penambah darah. Jika kalian ingin menemukan resep, nutrisi, maupun rekomendasi kuliner lainnya. Kalian bisa download Yummy App karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang menarik untuk kalian ketahui.

Baca Juga: 6 Sayur yang Mengandung Zat Besi untuk Atasi Anemia

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laila Dawud

Laila Dawud

Kacang Mete Pedas Manis

Kacang Mete Pedas Manis

(5.0)

5 langkah

2.5 rb

Artikel Lainnya di nutrisi