​9 Menu Diet Andalan Tya Ariestya dan Tips Sukses Turun 19 Kg!

Intip tips program diet Tya Ariestya yang sempat viral!

​9 Menu Diet Andalan Tya Ariestya dan Tips Sukses Turun 19 Kg!

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Sempat viral, diet ala artis Tanah Air, Tya Ariestya, sukses menginspirasi banyak orang di Indonesia. Kesuksesannya menjalani program diet pun ia rangkum dalam sebuah buku yang berisikan tips diet ala Tya Ariestya.

Pada buku The Journey of Fit Tya Ariestya, wanita yang lahir di tanggal 30 maret 1986 ini mengklaim bahwa kesuksesan program dietnya ini berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 19 kg dalam jangka waktu 4 bulan.

Nggak cuma itu, ia membagikan juga menu-menu makanan yang ia santap selama menjalani program diet. Wah, kira-kira apa saja menu yang dikonsumsi selama diet ala Tya? Yummy App sudah merangkumnya untuk kamu! Yuk, intip informasinya di bawah ini!

Menu diet ala Tya Ariestya

Nah, buat kamu yang ingin mengikuti program diet ala Tya, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengatur pola makan yang benar. 

Aturan pola makan yang benar, nggak bisa kamu atur sendiri. Penting untuk mengikutsertakan dokter gizi untuk memantau asupan makanan yang sesuai dengan kondisi tubuhmu. Yuk, langsung cek menu makanan yang disantap Tya Ariestya selama diet!

1. Nasi goreng tanpa minyak

nasi goreng tanpa minyak
ilustrasi nasi goreng tanpa minyak (unsplash.com/Annie Spratt)

Siapa yang nggak tergiur sama makanan satu ini? Yup, nasi goreng! Menu makanan pertama yang dikonsumsi Tya adalah nasi goreng tanpa minyak. Semua Bumbu yang digunakan untuk memasak nasi goreng ini nggak ada bedanya kok, sama! 

Tapi, seperti namanya Tya menghindari memasak nasi goreng dengan tambahan minyak sebagai base memasaknya.

2. Nasi garlic tanpa minyak

garlic rice
ilustrasi garlic rice (unsplash.com/Kalyani Akella)

Makanan lezat yang dikonsumsi Tya selanjutnya adalah nasi garlic. Lagi-lagi, nasi garlic yang dibuatnya mengenyampingkan penggunaan minyak. Walaupun begitu, menurutnya rasa nasi garlic yang ia santap tetap lezat, kok!

3. Roti gandum

roti gandum
ilustrasi roti gandum (unsplash.com/Wesual Click)

Nah, kalau ini sudah lumrah banget dikonsumsi para pejuang tubuh ideal, apa lagi kalau bukan roti gandum! Pada program diet yang dilakukan Tya, ia mengkonsumsi roti gandum setiap harinya sebagai cemilan, lho.

4. Ayam cabai hijau

ayam cabai hijau
ilustrasi ayam cabai hijau (flickr.com/Angel Life)

Tya juga mengkonsumsi makanan lezat, seperti ayam cabe hijau ini. Nggak dipungkiri, kalau saat diet rasa ingin memakan makanan yang sedap tuh godaan terbesar. Nah, Tya menyiasati hal ini dengan mencoba membuat ayam cabai hijau yang dimasak tanpa menggunakan minyak dan gula. Jadi, tetap sehat.

5. Sup putih telur

sup putih telur
ilustrasi sup putih telur (dok. Yummy App/Shanti Dewi)

Makanan andalan Tya lainnya adalah sup putih telur. Makanan yang memiliki tekstur lembut dan lezat ini menggunakan sayur-sayuran sebagai topping tambahan, seperti brokoli dan wortel. Telur yang digunakan juga harus dikukus dulu supaya tidak tercampur sengan kuah supnya. Di jamin enak deh!

6. Melon

buah melon
ilustrasi buah melon (freepik.com/jcomp)

Camilan lainnya yang dikonsumsi Tya adalah buah melon. Buah yang mengandung vitamin A, B, C, serta protein, kalsium, dan fosfor ini mengandung banyak sekali air yang bisa menambah hidrasi tubuh.

7. Ayam gulai

nasi rames ayam gulai
ilustrasi nasi rames ayam gulai (flickr.com/Robyn Lee)

Lagi diet makan ayam gulai? Bisa, dong! Di program diet ala Tya Ariestya ini, kamu bisa mengkonsumsi ayam gulai yang dimasak dengan tidak menggunakan santan. Kamu bisa menggunakan susu evaporasi sebagai bahan pengganti santan.

8. Ayam balado tanpa minyak

ayam balado
ilustrasi ayam balado (flickr.com/selaras harmony jiwa)

Selain ayam gulai, kamu juga masih bisa makan ayam balado. Sama seperti yang sebelumnya, telur balado ini dimasak tidak menggunakan minyak dan gula. Walaupun begitu, rasanya masih enak banget, lho!

9. Putih telur

putih dan kuning telur yang dipisahkan
ilustrasi putih dan kuning telur yang dipisahkan (freepik.com/jcomp)

Beda dengan sup putih telur yang sebelumnya, Tya juga menambahkan menu lainnya yaitu putih telur goreng. Tentu, saat menggorengnya ia tidak menggunakan minyak sama sekali. Solusinya adalah kamu bisa menggunakan teflon anti lengket saat memasak atau menambahkan olive oil untuk perasa.

Tips diet ala Tya Ariestya

diet plan
ilustrasi diet plan (dok. Freepik)

Selain masih bisa mengkonsumsi makanan yang enak-enak. Tya juga membagikan tips menarik yang wajib kamu ikuti nih agar program diet berjalan lancar. Apa saja? Yuk, langsung kita bahas!

1. Aturan jam makan

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah aturan jam makan. Hal ini dilakukan untuk memantau asupan makanan yang kamu konsumsi selama satu hari penuh. Ingat, hindari cheating (makan telat waktu, mencicipi makanan, dan lainnya). Berikut ini jadwal makan yang dibuat Tya:

  • Jam 09.00: sarapan
  • Jam 12.00: makan siang
  • Jam 15.30: camilan sore
  • Jam 19.00: makan malam
  • Jam 21.00: camilan malam

Pola makan ini terus berulang di setiap harinya, kamu juga harus makan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang kamu buat, hanya ada toleransi waktu 5 menit.

Selain itu jaga tingkat hidrasi tubuh. Kamu perlu minum air putih maksimal 3 liter per hari dan menghindari makanan yang mengandung minyak, terigu, dan gula.

2. Olahraga jalan

Tya selalu melakukan olahraga jalan setiap harinya selama 45 menit penuh setiap hari. Bukan dengan jalan yang geraknya cepat ya, kamu hanya perlu jalan santai tapi nonstop selama 45 menit.

Nggak cuma olahraga saja, Tya juga menyarankan untuk tidur teratur selama 6-8 jam perhari.

3. Boleh minum air es

Siapa bilang minum air es itu bikin gendut? Nyatanya nggak, kok! Di diet ala Tya ini, kamu masih bisa mengkonsumsi air dingin. Kamu juga masih boleh minum es teh manis, tapi dengan catatan gula yang digunakan itu harus gula diet.

4. Porsi nasi

Hal penting yang menurut Tya adalah konsumsi nasi saat makan. Porsi nasi yang ia makan saat melakukan diet hanya sebanyak 5-6 sendok makan saja. Perubahan ini bisa kamu lakukan bertahap selama 2 minggu agar metabolisme di dalam tubuhmu bisa leluasa beradaptasi. 

Nah, itu dia menu makanan dan tips diet ala artis Tya Ariestya yang wajib kamu tahu! Semoga informasi kali ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Penulis: Anna Novita Rachim

Baca Juga: Cara Melakukan Diet Keto dan Makanan yang Bisa Kamu Konsumsi 

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Puspitasari Anggradewi

Puspitasari Anggradewi

Tumis Tahu Pakcoy Diet

Tumis Tahu Pakcoy Diet

(5.0)

7 langkah

2.0 rb

Artikel Lainnya di nutrisi