Ini Dia Menu Makanan Sehat demi Kesehatan Tubuh Jangka Panjang

Yuk, perhatikan asupan nutrisi demi kesehatanmu

Ini Dia Menu Makanan Sehat demi Kesehatan Tubuh Jangka Panjang

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Menu makanan sehat adalah pondasi utama bagi tubuh agar berfungsi dengan baik dan melindungi diri dari berbagai penyakit. Nah, melalui artikel ini, Yummy App akan menjabarkan berbagai aspek menu makanan sehat, manfaatnya, dan tips untuk mengintegrasikannya ke dalam gaya hidup sehari-hari dengan melansir Kemenkes RI.

Alasan kamu butuh makan menu sehat

Makanan adalah bahan bakar yang diberikan kepada tubuh. Apa yang kamu makan secara langsung memengaruhi energi, pertumbuhan, perkembangan, dan kinerja organ-organ dalam tubuh. Jika kamu tidak memberikan makanan yang cukup bergizi, tubuh pun akan mengalami masalah serius dalam jangka panjang.

Salah satu konsep penting dalam makanan sehat adalah keberagaman. Mengonsumsi berbagai macam makanan memberikan tubuh berbagai nutrisi yang diperlukan untuk berfungsi dengan baik.

Itulah mengapa memiliki menu makanan sehat yang beragam sangat penting. Mari bahas lebih lanjut beberapa manfaat utama dari mengonsumsi menu makanan sehat.

Baca Juga: 10 Resep Menu Angkringan Terpopuler yang Wajib Dicoba!

Apa, sih, manfaat menu makanan sehat?

tubuh sehat
ilustrasi orang sehat imunitas tinggi (pixabay.com/4993578)

1. Kesembangan nutrisi

Menu makanan sehat adalah cara terbaik untuk memastikan tubuh kamu mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan. Ini termasuk protein, karbohidrat, lemak sehat, vitamin, mineral, serat, dan air. Nutrisi ini penting untuk pertumbuhan, perbaikan sel, serta keseimbangan dan fungsi tubuh yang baik.

2. Kontrol berat badan

Selain itu, dapat juga mengontrol berat badan kamu, lho, Sobat Yummy! Dengan memilih makanan yang rendah kalori dan kaya serat, kamu bisa mengontrol asupan kalori dan merasa kenyang lebih lama. Ini membantu dalam menghindari peningkatan berat badan yang tidak diinginkan.

3. Kesehatan jantung yang lebih baik

Menu makanan sehat yang rendah lemak jenuh dan kolesterol tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Makanan seperti ikan berlemak, kacang-kacangan, dan sayuran hijau mengandung lemak sehat yang dapat mendukung kesehatan jantung juga.

4. Meningkatkan kesehatan mental

Tidak hanya tubuh yang mendapat manfaat dari makanan sehat, tetapi otak juga. Nutrisi yang baik dapat meningkatkan suasana hati, konsentrasi, dan fungsi kognitif. Makanan yang kaya antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran, juga dapat melindungi otak dari kerusakan oksidatif.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Makanan sehat mendukung sistem kekebalan tubuh, sebab mengandung nutrisi yang tepat untuk membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Makanan yang kaya vitamin C, D, dan zinc dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu, lho.

Baca Juga: Tips Mengolah Kerang Hijau: Cara Membersihkan hingga Resepnya

Menu makanan sehat terdiri dari apa saja?

Mengutip Halodoc, berikut adalah komponen dari menu makanan sehat:

1. Sayuran dan kacang-kacangan

kale sayuran sumber vitamin D
ilustrasi kale (unsplash.com/brian mcgowan)

Sayuran dan kacang-kacangan adalah bagian dari menu makanan sehat karena kaya akan nutrisi, serat, dan manfaat kesehatan. Terdapat berbagai vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan yang akan membantu fungsi tubuh serta melindunginya dari berbagai penyakit.

Contohnya, sayuran hijau tua seperti bayam dan kale mengandung vitamin K yang penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Selain itu, kacang-kacangan seperti almond dan kacang tanah adalah sumber vitamin E yang baik, yang berperan sebagai antioksidan untuk melawan kerusakan sel tubuh. 

Di sisi lain, sayuran dan kacang-kacangan juga merupakan sumber protein nabati yang penting dan rendah kalori serta lemak jenuh. Mereka menjadi pilihan makanan yang baik bagi orang yang ingin menjaga berat badan yang sehat atau yang mengikuti diet vegetarian atau vegan.

2. Buah-buahan

buah-buahan
ilustrasi buah-buahan (pexels.com/janedoan)

Buah-buahan dikenal sebagai sumber beragam vitamin seperti vitamin A, B, B1, B6, dan C, serta mineral dan serat pangan yang penting untuk kesehatan. Selain itu, sebagian besar vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah-buahan memiliki peran penting sebagai sumber antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan faktor-faktor lingkungan berbahaya.

Antioksidan ini berperan dalam menjaga keseimbangan dalam tubuh, mendukung sistem kekebalan, dan mengurangi risiko perkembangan berbagai penyakit kronis. Dengan mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan, seseorang dapat memastikan asupan nutrisi penting ini untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan.

makanan sumber protein untuk ibu hamil
ilustrasi makanan sumber protein (freepik.com)

3. Sumber protein nabati dan hewani

Daging sapi dan unggas tanpa lemak, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah bagian penting dari menu makanan sehat karena mereka merupakan sumber protein berkualitas tinggi, vitamin, mineral, dan serat. Daging sapi dan unggas tanpa lemak adalah sumber protein hewani yang kaya akan zat besi, vitamin B, dan mineral penting.

Di sisi lain, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah sumber protein nabati yang mengandung serat, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Konsumsi makanan-makanan ini mendukung pertumbuhan, perbaikan sel tubuh, kesehatan pencernaan, dan fungsi tubuh secara maksimal.

4. Karbohidrat

biskuit dengan gandum utuh
ilustrasi biskuit gandum (pixabay.com/macroworlds)

Karbohidrat termasuk dalam menu makanan sehat karena berperan sebagai sumber utama energi bagi tubuh. Dalam tubuh, enzim amilase memecah karbohidrat menjadi glukosa, yang digunakan oleh sel-sel tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi, termasuk aktivitas fisik dan mental.

Karbohidrat kompleks, seperti yang terdapat dalam biji-bijian utuh dan sayuran, juga memberikan serat pangan yang mendukung pencernaan sehat dan membantu menjaga berat badan yang seimbang. Selain itu, karbohidrat menyediakan nutrisi penting seperti vitamin B dan mineral.

5. Susu, yoghurt, keju

Anak perempuan sedang minum susu
ilustrasi anak minum susu (pexels.com/Alex Green)

Susu dan yogurt termasuk dalam menu makanan sehat karena mereka adalah sumber kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Di samping itu juga susu dan yogurt termasuk salah satu makanan yang mengandung protein tinggi dan berkualitas tinggi yang mendukung pertumbuhan serta perbaikan sel-sel tubuh.

Susu dan yogurt pun mengandung berbagai vitamin dan mineral yang mendukung fungsi tubuh yang optimal. Yogurt, khususnya, merupakan sumber probiotik alami yang baik untuk pencernaan yang sehat.

Selain itu, susu dan yogurt dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti osteoporosis dan penyakit jantung. Penting untuk memilih variasi rendah gula tambahan untuk mempertahankan keseimbangan nutrisi yang sehat dalam menu makanan sehari-hari. 

Baca Juga: 12 Resep Menu Makan Siang untuk Pulihkan Energi!

Resep makanan sehat ala Yummy App

1. Capcay

resep capcay jamur
ilustrasi capcay jamur (yummy.co.id/Nitalia CS)

Bahan utama:

  1. 100 gram kembang kol
  2. 150 gram brokoli
  3. 5 buah jagung muda, potong serong
  4. 50 gram wortel
  5. 20 ekor udang kupas
  6. 3 siung bawang putih, cincang halus
  7. 2 siung bawang merah iris
  8. Secukupnya larutan maizena
  9. 200 mL air
  10. 3 sdm minya untuk menumis
  11. Secukupnya garam
  12. 1,5 sdt kaldu jamur Totole
  13. Setengah sdt lada

Cara memasak:

  1. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga berwarna kekuningan.
  2. Masukkan udang dan wortel. Tumis beberapa saat, kemudian masukkan brokoli dan kembang kol. Tumis sampai tercampur rata.
  3. Masukkan jagung madu, lalu aduk kembali. Tambahkan air.
  4. Masak hingga mendidih dengan api sedang. Kemudian, tambahkan bumbu.
  5. Tes terlebih dahulu rasanya. Terakhir, beri larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kentalnya pas.
  6. Jika sudah, matikan api, angkat, dan sajikan capcay selagi hangat.

2. Rawon Daging

rawon daging
ilustrasi rawon daging (app.yummy.co.id/raradebtasari)

Bahan utama:

  1. 1 kg daging sapi, rebus dan potong dadu

Bumbu:

  1. 3 biji kluwek, ambil isinya
  2. 2 siung bawang putih
  3. 5 siung bawang merah
  4. 1/2 sdt asam jawa
  5. 1 sdt ketumbar
  6. 1 jari jahe
  7. 2 buah cabai merah
  8. 1/2 sdt jinten

Bahan lain:

  1. 1 jari lengkuas, geprek
  2. 2 lembar daun jeruk
  3. 1 batang serai, geprek
  4. Secukupnya garam
  5. 1 sdt gula
  6. 800 mL air
  7. 1 buah tomat, potong bagi 4
  8. Jeruk nipis sesuai selera

Alat dan perlengkapan:

  1. Kuas
  2. Panci
  3. Panci besar
  4. Panci kecil

Cara memasak:

  1. Pertama-tama, siapkan seluruh bahan yang dibutuhkan.
  2. Haluskan semua bahan bumbu. Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan lengkuas, daun jeruk, dan serai. Tumis hingga harum.
  3. Masukkan daging yang sudah direbus dan dipotong dadu. Aduk rata.
  4. Masukkan air. Tutup panci, masak hingga mendidih.
  5. Matikan api, angkat dan hidangkan dengan perasan jeruk nipis, potongan tomat, dan taburkan bawang goreng. Nikmati dengan nasi hangat.

Selalu cukupi kebutuhan nutrisi dan energi untuk tubuh dari makanan sehat, ya. Sesuaikan dengan porsi makan harianmu juga agar tidak kurang dan berlebihan. Untuk resep menu makanan sehat lainnya bisa kamu temukan di Yummy App!

Baca Juga: 6 Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Simple dan Mudah Dibuat

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

laily puspitasari

laily puspitasari

Mie Kuah Pedas Bumbu Cikur

Mie Kuah Pedas Bumbu Cikur

(5.0)

40 mnt

307

Artikel Lainnya di nutrisi