6 Merk Kecap Ikan Terbaik 2023 dan Nutrisinya

Seasoning ini ternyata rendah lemak dan cukup tinggi protein

6 Merk Kecap Ikan Terbaik 2023 dan Nutrisinya

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Kecap ikan sudah menjadi rahasia umum masakan dari dapur Asia yang menciptakan hidangan-hidangan istimewa. Seasoning masakan Asia Tenggara ini sudah menjadi pilihan di berbagai macam hidangan seperti nasi goreng, mi goreng, dan masakan bersaus.

Kecap ikan umumnya terbuat dari fermentasi ikan, garam, dan air. Bahan rahasia satu ini dapat memberikan cita rasa gurih, asin, umami, dan beraroma.

Selain itu, kecap asin juga mengandung asam amino esensial dan nutrisi penting, menjadikannya pilihan yang baik untuk meningkatkan kualitas rasa dalam berbagai hidangan.

Ini kandungan nutrisi dari kecap ikan

kandungan nutrisi kecap ikan
ilustrasi kecap (pixabay.com/Canva)

Melansir Fat Secret, berikut adalah kandungan nutrisi dari 100 gram kecap ikan:

  1. Kalori: 35 kilokalori
  2. Lemak: 0,01 gram
  3. Protein: 5,06 gram
  4. Karbohidrat: 3,64 gram
  5. Gula: 3,64 gram
  6. Sodium: 7720 miligram
  7. Kalium: 288 miligram

Baca Juga: 9 Resep Bumbu Kuah Bakso Gurih, Enak dan Mudah Dibuat

Merk kecap ikan terbaik 2023

1. Kecap Ikan Cap Ikan Merah Djoe Hoa

Kecap ikan cap Ikan Merah Djoe Hoa
ilustrasi kecap ikan DJoe Hoa (djoehoa.com)

Kecap Ikan ajaib yang menghidupkan segala hidangan dengan sentuhan khas Asia ini sudah menjadi kecap ikan paling umum dan mudah untuk ditemukan. Terbuat dari ikan pilihan, garam, dan air kecap ikan ini adalah hasil dari warisan turun temurun dari tahun 1942 di Kota Tegal. Setiap tetesnya menggoda selera dengan paduan rasa gurih, asin, dan sedikit manis yang memikat.

2. Squid Brand Fish Sauce

Kecap ikan terbaik 2023 Squid Fish Sauce
ilustrasi Squid Fish Sauce (squidbrand.com)

Kecap ikan asli Thailand ini sudah menjadi bahan dapur maupun restoran di berbagai penjuru dunia. Kecap ikan ini sudah sangat lazim pada setiap hidangan khas Asia di banyak restoran seluruh dunia.

Kecap ini merupakan hasil fermentasi dari ikan Stolephorus spp. 77%, udang kecil, garam, dan gula difermentasi hingga dua tahun. Fermentasi yang lama menghasilkan cita rasa yang kuat, unik, dan menghadirkan rasa gurih yang alami.

3. Chung Jung Won Anchovy Sauce

Merk kecap ikan terbaik 2023 Chung Jung Won
ilustrasi kecap ikan (gochujar.com)

Kecap ikan khas Korea ini menghadirkan rasa unik dari ikan teri yang unik. Terbuat dari ikan teri pilihan yang segar, kecap ini memiliki tekstur yang sedikit lebih kental dari kecap ikan pada umumnya.

Untuk masalah rasa, kecap ikan ini memiliki rasa yang sedikit manis, gurih, asin. Kecap ikan ini juga biasa menjadi bahan pokok untuk hidangan Korea seperti kimchi dan juga untuk cocolan sushi asal Jepang.

Baca Juga: 8 Resep Pizza Rumahan yang Antigagal!

4. Royal Gold Fish Sauce

merk kecap ikan terbaik 2023 Royal Gold
ilustrasi kecap ikan Royal Gold (blibli.com/Gading Shop)

Kecap Ikan Royal Gold adalah kecap ikan istimewa pilihan banyak orang. Terbuat dari 65% ikan teri, garam, gula, dan air, yang mencipkatan cita rasa yang kuat dengan aroma yang tidak menyengat. Dari nasi goreng hingga hidangan khas Asia lainnya dapat dibuat dengan nikmat dengan kecap ikan unggulan ini.

5. Finna Kecap Ikan Cap King Lobster

merek kecap ikan terbaik 2023 Finna ing Lobster Fish Sauce
ilustrasi Finna Kecap Ikan (halalpedia.com/Allyoucannbuy)

Kecap ikan ini adalah kecap yang istimewa dengan rasa gurih dengan aroma yang dapat mengunggah selera. Terbuat dari ikan teri, garam, dan gula berkualitas tinggi.

Kecap ikan Finna memiliki karakter rasa yang lebih segar disbanding kecap ikan lainnya, sangat cocok untuk digunakan pada masakan kamu. Dari hidangan laut hingga hidangan sehari-hari.

6. KAF Kecap Ikan

merk kecap ikan terbaik 2023 KAF Kecap Ikan
ilustrasi KAF Kecap Ikan (tokopedia.com/lunashop78)

Kecap ikan ini menjadi salah satu favorit penyedap masakan banyak orang. Kecap ikan lokal ini terbuat dari campuran ikan teri, garam, dan gula. Tanpa tambahan MSG. Cocok untuk segala jenis masakan karena memiliki rasa yang gurih dan lezat.

Kecap ikan bukan hanya sekedar bumbu dalam hidangan, sumber nilai gizinya pun tak terduga. Terdapat kandungan asam amino esensial dan mineral dalam kecap ikan yang dapat menjadi bahan tambahan untuk pola makan sehat kamu. Namun, penting untuk diingat bahwa terdapat kandungan garam yang ada pada kecap ikan.

Konsumsi yang berlebihan dapat mengakibatkan kadar garam tinggi pada tubuh. Memilih kecap ikan berkualitas tinggi dari produsen yang terpercaya adalah Langkah yang tepat untuk diambil. Kamu tidak hanya menambah cita rasa yang lezat, tetapi juga dapat memperkaya asupan nutrisimu.

Baca Juga: Cara Membuat Saus Spaghetti dan Rekomendasi Merk Terbaiknya

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Chef Anne

Chef Anne

Laksa Ala Singapore

Laksa Ala Singapore

(4.7)

5 langkah

2.9 rb

Artikel Lainnya di nutrisi