Minuman Penambah Stamina untuk Atasi Rasa Lelah

Minuman ini bisa menambah stamina tubuh!

Minuman Penambah Stamina untuk Atasi Rasa Lelah

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Manusia membutuhkan stamina untuk dapat menjalani hari-harinya dengan baik. Stamina sendiri adalah energi fisik, daya tahan, dan kekuatan yang membuat manusia mampu bertahan menjalani aktivitas. Karena itulah manusia membutuhkan stamina yang cukup setiap hari.

Seperti yang kamu ketahui, stamina bisa diperoleh dari makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Namun pada nyatanya, beberapa minuman juga mampu menambah stamina tubuh manusia. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah meningkatkan stamina dari apa yang kamu minum.

Berikut ini Yummy App sudah rangkum beberapa minuman penambah stamina, yang bisa dikonsumsi oleh Sobat Yummy!

1. Kopi

kopi hitam
ilustrasi kopi hitam (pexels.com/brigittetohm)

Kopi merupakan minuman yang sering kali diminum oleh banyak orang untuk menghilangkan kantuk saat bekerja. Selain dapat menghilangkan kantuk, kopi juga ternyata bisa menjadi minuman penambah stamina, loh.

Hal ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Makassar. Di mana pemberian kafein yang terdapat dalam kopi mampu meningkatkan dan menjaga daya tahan para atlet sepakbola.

Tetapi kamu perlu ingat, ya, kopi yang dapat menambah stamina merupakan olahan kopi murni yang belum dicampur dengan bahan-bahan lain.

2. Air Kelapa Muda

air kelapa untuk diminum
ilustrasi kelapa yang siap untuk dikonsumsi (pexels.com/linakivaka)

Jika kamu tidak suka dengan kopi, kamu masih bisa mengkonsumsi minuman lain seperti air kelapa muda untuk meningkatkan stamina tubuh. Seperti penelitian yang dilakukan dalam Jurnal Kesehatan Masyarakat terhadap para nelayan, di mana hasilnya menunjukkan bahwa manfaat air kelapa muda dapat mengurangi rasa kelelahan para nelayan yang bekerja.

Hal ini dikarenakan, air kelapa muda mengandung natrium dan kalium yang termasuk dalam ion elektrolit pengganti cairan tubuh yang hilang akibat kelelahan bekerja. Biasanya cairan tubuh bisa hilang melalui keringat yang ke luar dari kulit.

Baca Juga: ​8 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil, Adakah Bahayanya? 

3. Madu

madu murni
ilustrasi madu murni (pexels.com/pixabay)

Madu memang dipercaya mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Bukan cuman itu, madu juga memiliki manfaat untuk meningkatkan dan menjaga stamina tubuh manusia seperti yang tertulis dalam Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan. Dalam jurnal tersebut dikatakan bahwa mengkonsumsi madu secara rutin dapat meningkatkan kebugaran tubuh, karena kandungan dari glukosa dan fruktosa yang terdapat dalam madu.

Kamu bisa mengkonsumsi madu yang dicampur dengan air hangat terlebih dahulu agar lebih enak untuk diminum. Jadi, dengan madu kamu bisa menjaga kesehatan tubuh dan juga meningkatkan stamina untuk dapat menjalani hari dengan penuh semangat.

4. Buah Bit

jus buah bit
ilustrasi jus buah bit (freepik.com)

Buah bit merupakan buah yang biasanya digunakan sebagai bahan pewarna makanan alami. Selain digunakan sebagai pewarna makanan, buah bit juga bisa bermanfaat untuk membentuk stamina dalam tubuh. 

Spesialis gizi Universitas Muslim Indonesia Makassar mengungkapkan bahwa buah bit mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, yang salah satunya dapat menambah stamina. Hal ini dikarenakan buah bit mengandung nitrat yang dapat meningkatkan kerja fisik tubuh. Selain bisa dimakan langsung, kamu bisa juga mengolah buah bit menjadi jus agar lebih mudah dan enak untuk dikonsumsi.

5. Infusa Buah Kurma

buah kurma mengandung zat besi
ilustrasi buah kurma (pexels.com/antonishkraba)

Dalam laman UKM Penelitian UNY dijelaskan bahwa infusa buah kurma bisa bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh dengan aman, dibandingkan dengan mengkonsumsi minuman berenergi. Buah kurma mengandung glukosa dan juga vitamin yang dapat menambah dan menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah. 

Buah kurma juga sering kali dijadikan untuk mengganjal perut yang lapar, jika belum sempat untuk makan makanan berat. Jadi, buah kurma ini memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Bukan hanya dengan minuman berenergi, masih banyak bahan-bahan alami yang bisa dijadikan minuman penambah stamina yang bisa kamu konsumsi secara teratur dengan lebih aman, seperti contoh di atas. Kamu bisa memilih salah satu di antara minuman tersebut untuk meningkatkan stamina sebelum memulai aktivitas di pagi hari.

Semua daftar minuman di atas berguna untuk membuat tubuh kamu menjadi tidak mudah lelah. Kamu akan kesulitan beraktivitas dengan baik, jika tubuh kamu mudah lelah. Mari konsumsi minuman penambah stamina yang alami, untuk tubuh yang lebih bugar!

Baca Juga: 7 Manfaat Susu Kurma dan Cara Membuatnya, Stamina Terjaga saat Puasa

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laylla gama

Laylla gama

Jus Buah Bit #JagoMasak2022

Jus Buah Bit #JagoMasak2022

(5.0)

5 langkah

920

Artikel Lainnya di nutrisi