Pilihan Minuman Penurun Berat Badan yang Cocok untuk Diet

Metabolisme lancar dengan minuman penurun berat badan ini

Pilihan Minuman Penurun Berat Badan yang Cocok untuk Diet

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Program diet dengan hasil ideal dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari membangun lifestyle yang sehat dengan rajin berolah raga, menghindari kebiasaan buruk, membangun pola makan yang baik, hingga rutin meminum minuman penurun berat badan.

Beberapa pilihan minuman terbukti dapat men-support program diet kamu dan efektif menurunkan berat badan. Bahkan tidak perlu merogoh kocek lebih dalam, Sobat Yummy bisa memanfaatkan bahan-bahan dikulkas untuk membuat minuman penurun berat badan yang alami dan nikmat. Yuk, simak variasi minuman enak berikut yang bisa dipilih untuk kamu yang sedang diet.

Baca Juga: ​10 Menu Jus Sehat yang Bagus untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

1. Jus Buah dan Sayur

Minuman ini sangat sering dipilih sebagai salah satu asupan dalam program diet. Hal ini karena jus buah atau sayur tidak memiliki banyak kalori, sehingga berkhasiat dalam penurunan berat badan. Selain itu, kadar serat yang tinggi pada buah maupun sayur membuat Sobat Yummy awet kenyang. Berbagai vitamin yang terkandung juga mampu memelihara dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Jus buah atau sayur yang dapat dipilih untuk dinikmati manfaatnya dalam menurunkan berat badan, yakni jus jeruk, jus timun, jus kubis, jus bit, dan jus wortel. Sobat Yummy harus tahu, untuk mendapatkan manfaat jus yang lebih maksimal, pastikan untuk tidak menambahkan gula dalam jus, atau kamu bisa mengganti gula dengan madu yang pastinya lebih sehat.

2. Infused Water

infused water
ilustrasi infused water (pixabay.com/congerdesign)

Infused water merupakan air putih yang diberi beberapa potongan buah maupun sayuran. Minuman ini juga hampir tidak memiliki kalori, karena terbuat dari hanya air putih dan buah. Sehingga minuman ini sangat cocok mendukung penurunan berat badan.

Komponen utama pada infused water sebenarnya adalah air putih itu sendiri. Hal ini karena air putih mampu meningkatkan laju dari metabolisme dan mengurangi kalori pada tubuh dengan merangsang termogenesis (panas dalam tubuh). Menurut penelitian yang diterbitkan Jurnal Gizi Indonesia (2015), air terbukti menurunkan persen lemak karena menstimulasi lipolisis dalam tubuh. Selain air, komponen buah ataupun sayur berkontribusi dalam asupan vitamin untuk kekebalan tubuhmu.

Infused water pada umumnya dibuat dalam air dingin. Hal ini karena untuk menjaga vitamin dan nutrisi lain dalam buah atau sayur yang digunakan tidak mudah larut. Sobat Yummy bisa mencampurkan buah atau sayur yang kamu suka untuk membuat infused water.

Kombinasi yang populer pada infused water untuk menurunkan berat badan yakni lemon dan mint. Air dan mint yang memiliki khasiat keren dalam mempercepat laju metabolisme, sedangkan lemon yang mengandung polifenol, dapat menstimulasi pembakaran lemak. Kombinasi infused water yang cocok untuk kamu yang bingung dengan minuman penurun berat badan.

Baca Juga: 10 Resep Infused Water untuk Detox dan Meningkatkan Imunitas

3. Teh Hijau

Pilihan minuman penurun berat badan selanjutnya, yakni teh hijau. Berbicara mengenai manfaat baik dari teh jenis ini, memang tiada habisnya. Menurut jurnal terbitan Medical Journal of Lampung University (2016), kandungan kaya antioksidan pada teh hijau sangat berpotensi dalam menstimulasi pembakaran kalori dan mengurangi lemak dalam tubuh, sehingga berkontribusi dalam penurunan berat badan. Teh hijau juga berperan mengurangi selera makan dan menjaga tubuh agar tetap pada kondisi diet.

4. Minuman Probiotik

minuman probiotik
ilustrasi minuman probiotik (pixabay.com/Imoflow)

Pilihan minuman penurun berat badan mengandung probiotik juga mampu mendukung program diet kamu. Pasalnya minuman probiotik mampu menyeimbangkan bakteri di usus dan melancarkan pencernaan.

Probiotik juga berperan dalam melepaskan hormon yang dapat mengendalikan nafsu makan dengan membuat perut merasa kenyang. Minuman probiotik memiliki banyak jenisnya, seperti minuman yogurt, teh kombucha, dan susu almond.

5. Air Kelapa

Air kelapa bisa menjadi pilihan kamu selanjutnya dalam merealisasikan program menurunkan berat badan. Air kelapa dikenal rendah kalori, dan seperti air putih pada umumnya, minuman ini juga bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Bedanya, air kelapa memiliki kandungan vitamin yang dapat melengkapi asupan nutrisimu.

Bagaimana, apa Sobat Yummy sudah menaruh pilihan pada salah satu minuman penurun berat badan di atas? Kamu bisa mencoba semuanya, asal dalam takaran yang tidak berlebihan, ya, agar manfaat keren dalam penurunan berat badan bekerja dengan maksimal.

Baca Juga: ​8 Menu Sarapan Sehat Rendah Kalori untuk Kamu yang Sedang Diet

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Aisah

Aisah

Es Lemon Mint

Es Lemon Mint

(5.0)

5 langkah

501

Artikel Lainnya di nutrisi