Advertisement

Advertisement

Advertisement

Perbedaan Madu Asli dan Palsu, Kamu Harus Tahu!

​Jangan sampai tertipu, cek dulu sebelum dikonsumsi!

Perbedaan Madu Asli dan Palsu, Kamu Harus Tahu!

penulis:

tim yummy

Bagikan:

Madu dikenal sebagai bahan alami yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Selain itu, madu juga mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang penting untuk membantu tubuh bekerja dengan baik. 

Tapi, kamu harus hati-hati ketika memilih madu yang akan dikonsumsi, kenapa? Karena sekarang ini banyak juga produsen madu yang memproduksi madu palsu. 

Madu yang seperti ini pasti dapat membawa pengaruh buruk bagi kesehatan, karena pastinya akan menggunakan banyak sekali gula sebagai bahan pemanisnya.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui perbedaan madu asli dan palsu. Langsung saja, simak ulasan berikut ini ya Sobat Yummy!

Advertisement

Apa itu madu asli?

Madu asli atau madu murni adalah madu yang seharusnya berasal dari lebah, bukan dari sebuah pabrik. Ada dua jenis madu asli yang bisa kamu temui di toko-toko, yaitu madu organik dan madu alami. 

Apa bedanya? Madu alami dibuat oleh lebah yang diberi makan bunga yang tumbuh secara organik. Sedangkan madu organik adalah madu yang langsung dibuat oleh lebah dan berasal dari sarang lebahnya.

Selain itu, rasa manis yang dihasilkan dari madu asli ini berasal dari nektar bunga yang merupakan makanan lebah. Nektar diubah oleh lebah di dalam sarangnya menjadi sejumlah madu.

Advertisement

Apa itu madu palsu?

Madu palsu sering kali sulit dibedakan jika sudah dimasukkan ke dalam kemasan. Namun, rasa dan tekstur pastinya tidak bisa dibohongi.

Lalu, apa itu madu palsu? Ini adalah istilah yang diberikan untuk produk madu yang mengandung bahan-bahan non-lebah, seperti sirup glukosa, larutan gula, sirup jagung, dan lainnya.

Madu palsu mungkin sekilas terlihat seperti madu mentah, tapi perbedaan utamanya adalah proses pembuatannya. Madu palsu dibuat dengan proses sedemikian rupa di sebuah pabrik, sementara madu mentah berasal dari sarang lebah. 

Bagaimana dengan madu yang ada di supermarket?

Madu yang sering ditemukan di supermarket bisa jadi asli, tapi juga bisa juga palsu. Oleh karena itu, kamu perlu tahu perbedaan madu asli dan palsu.

Meski demikian, beberapa madu yang berasal dari madu mentah masih banyak juga dijual di supermarket. Jenis madu ini biasanya akan diproses secara komersial dan sudah dipanaskan hingga mencapai suhu tinggi tertentu. Setelah itu, madu akan disaring hingga mencapai tingkat mikron yang sangat rendah. 

Proses ini dilakukan agar madu tidak mudah mengkristal dan menghilangkan bintik pada madu. Pada dasarnya, proses ini dilakukan untuk meningkatkan masa simpan dan estetika.

Cara membedakan madu asli dan palsu

Lalu, bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu? Tips-tips di bawah ini bisa kamu lakukan ketika kamu hendak membeli madu untuk dikonsumsi. 

1. Lengket 

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah tes seberapa lengket madu yang kamu beli. Madu asli tidak akan terasa lengket jika digosokkan di antara jari-jarimu. Nah, sebaliknya, madu palsu akan terasa lengket karena menggunakan pemanis atau gula saat pembuatannya. 

2. Tekstur

Madu asli memiliki tekstur yang cukup kental dan butuh waktu yang agak lama untuk bergerak. Sedangkan, madu palsu terlihat lebih encer dan cepat tumpah ketika kamu coba untuk mengeluarkannya.

Cara yang tepat untuk mengujinya adalah dengan melihat berapa banyak waktu yang dibutuhkan madu ketika hendak kamu konsumsi.

3. Aroma

Bagaimana dengan aromanya? Kamu bisa membedakan madu asli dan palsu melalui aroma.

Madu asli memiliki aroma yang ringan dan sering kali tercium aroma bunga. Namun, aroma bunga ini bisa saja menghilang ketika madu diproses dengan cara dipanaskan dan didinginkan untuk mendapatkan masa simpan yang lebih lama.

Bagaimana dengan madu palsu? Jelas, madu jenis ini sering kali tidak terdapat bau madu sama sekali. Bahkan, kamu terkadang bisa mencium bau asam. 

4. Proses pemanasan

Ketika madu asli dipanaskan, madu akan cepat mengental dan tidak menimbulkan busa. Akan tetapi, madu palsu cenderung akan menghasilkan gelembung dan tidak akan mengental atau menjadi karamel.

5. Tes di atas roti

Coba kamu oleskan beberapa madu yang kamu punya. Madu asli akan terlihat mengeras hanya dalam waktu 60 detik saja. Sedangkan madu palsu tidak akan pernah mengeras dan malah akan membuat roti menjadi lembap.

6. Proses pelarutan

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan melarutkan madu. Madu asli tidak akan larut di dalam air. Madu asli malah akan mengendap di dasar air dalam bentuk gumpalan. Berbeda dengan madu palsu, madu ini akan mudah larut dalam air dan akan merubah air menjadi warna madu.

7. Tes dengan batang korek api

Coba kamu celupkan batang korek api ke dalam madu. Madu asli akan membuat batang korek api menyala setelah direndam. Berbeda dengan madu palsu, madu ini malah akan menghentikan kegunaan korek api karena memiliki tingkat kelembapan yang tinggi.

8. Lihat kotoran yang ada

Di dalam madu asli biasanya akan ada kotoran kecil yang disebabkan karena serbuk sari atau partikel yang berubah warna. Sedangkan madu palsu memiliki cairan yang bening tanpa adanya kotoran sama sekali. Teksturnya akan terkesan halus dan lebih konsisten dibandingkan madu asli.

9. Rasa 

Cara utama yang bisa kamu lakukan adalah dengan merasakan madu asli dan madu palsu. Madu asli biasanya akan sangat terasa alami dilidah dan hanya bertahan dalam beberapa menit saja. Sedangkan madu palsu akan bertahan lebih lama karena terdapat gula yang dapat menjaga rasa 'madu' tersebut tetap ada di dalam mulut.

10. Daya serap

Madu asli tidak akan meninggalkan noda. Coba kamu letakkan madu diatas kertas isap, teteskan madu di atas kertas tersebut, maka madu asli tidak akan terserap sedikit pun. Akan tetapi, madu palsu akan diserap oleh kertas atau bahan lainnya dan akan menodai kertas atau bahan yang digunakan.

11. Tes kuning telur

Kamu bisa menuangkan madu ke dalam wadah yang berisi kuning telur. Lihat beberapa saat ketika kamu mengaduk kuning telur tersebut bersama madu.

Madu asli akan merubah kuning telur menjadi sedikit lebih matang. Sedangkan madu palsu tidak akan merubah kuning telur sedikit pun. Warna kuning telur akan tetap sama.

12. Bahan baku

Jelas, bahan baku harus kamu perhatikan ketika membeli madu. Lihat bagian ingredients yang ada pada kemasan. Madu asli tidak menambahkan bahan apapun lagi. Namun, madu palsu jelas akan menambahkan beberapa bahan tambahan ketika proses madu dibuat.

Itulah perbedaan madu asli dan palsu yang penting kamu ketahui. Pastikan madu yang akan kamu konsumsi asli, ya!

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

Mama Queen

Mama Queen

Pisang Bakar Madu

Pisang Bakar Madu

(5.0)

5 langkah

31

Artikel Lainnya di nutrisi

Advertisement

Advertisement