​12 Buah yang Cocok untuk Salad Buah, Dijamin Lebih Segar dan Sehat!

​Pilihan buah ini kaya akan vitamin untuk tubuh

​12 Buah yang Cocok untuk Salad Buah, Dijamin Lebih Segar dan Sehat!

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Cuaca yang panas memang pas jika ditemani makanan yang segar seperti salad buah! Salad buah merupakan makanan kekinian yang mengkombinasikan buah segar dan saus dressing yang bikin rasanya semakin gurih. 

Selain rasanya yang lezat, salad buah juga sangat mudah dibuat di rumah. Meskipun ada banyak sekali pilihan buah yang bisa kamu gunakan, tapi ternyata tidak semuanya akan cocok dengan rasa salad buah.

Berikut ini beberapa pilihan buah untuk salad buah yang cocok untuk kamu padu padankan.

1. Apel

description
ilustrasi buah apel (pexels.com/gustavofring)

Buah pertama yang wajib kamu masukkan ke dalam salad buah adalah apel. Buah dengan tekstur renyah ini memiliki kandungan air yang pas jika dipadukan dengan jenis buah lain. Tak hanya itu, apel mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin A, B, C, serat, kalsium, fosfor, dan lainnya. Tekstur renyah apel juga membuat siapapun yang menyantap salad buah semakin ketagihan!

2. Anggur

buah anggur baik untuk penderita kolesterol
ilustrasi buah anggur untuk penderita kolesterol (pexels.com/burst)

Buah kedua yang bisa kamu tambahkan pada salad buah adalah anggur. Anggur yang memiliki cita rasa asam dan manis ini sangat pas jika dipadukan dengan dressing salad yang umumnya dominan asam.

Buah bertekstur lembut ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak lho! Kamu bisa menemukan vitamin A, C, K, zat besi, kalsium, serat, potassium, hingga karbohidrat di setiap butir anggur.

3. Pir

buah pir untuk menurunkan kadar kolesterol
ilustrasi buah pir untuk penderita kolesterol (pexels.com/anylane)

Buah yang kaya akan air seperti pir juga bisa kamu masukkan ke dalam campuran salad buahmu. Tekstur renyah dan rasa segar pada pir dapat menambah cita rasa salad buah menjadi semakin lezat. Nah, ada berbagai macam nutrisi yang dapat kamu temui di buah ini, seperti karbohidrat, serat, kalium, fosfor, kalsium, magnesium, hingga vitamin A.

4. Nanas

description
Ilustrasi buah nanas (pexels.comylanitekoppens)

Nanas manis dan asam juga pas banget kamu padukan dengan buah lainnya di salad buah. Buah ini mampu memberikan sensasi segar dan pastinya membuat salad buahmu semakin lezat. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah nanas di antaranya adalah serat, protein, air, vitamin A, B, dan C. 

5. Stroberi

buah stroberi baik untuk menurunkan kolesterol
ilustrasi buah stroberi untuk penderita kolesterol (pexels.com/joshwithers)

Buah favorit sejuta umat ini juga wajib kamu masukkan ke dalam salad buahmu ya! Stroberi yang kaya akan vitamin C sangat cocok untuk dijadikan sebagai paduan dressing salad. Buah stroberi juga kaya akan antioksidan lho! Kandungan ini sangat bagus bagi kesehatan karena dapat melindungi sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas.

6. Kiwi

Potongan buah kiwi hijau
ilustrasi buah kiwi (pexels.com/magdaehlers)

Kiwi adalah buah yang cukup umum ditemukan dalam campuran salad buah. Buah berwarna hijau ini memiliki rasa asam dan manis yang unik. Makanya akan pas sekali jika dipadukan dengan buah manis lainnya seperti melon, anggur, dan apel yang ada di dalam salad buah.

Beberapa kandungan nutrisi yang ada pada kiwi antara lain, vitamin C, K, E, folat, kalium dan juga serat yang sangat bagus untuk sistem pencernaan.

7. Melon

description
ilustrasi buah melon hijau (unsplash.com/K8)

Melon hijau juga menjadi salah satu buah yang sangat cocok untuk dihidangkan di dalam salad buah. Tekstur melon yang lembut akan menyeimbangi tekstur buah lainnya yang lebih renyah, seperti apel dan pir.

Melon juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuhmu, seperti vitamin A, B, C, protein, kalsium, hingga fosfor.

8. Buah Naga

ilustrasi buah naga
ilustrasi buah naga (freepik.com/wirestock)

Ingin salad buah memiliki warna yang unik tanpa menggunakan pewarna tambahan? Buah naga bisa jadi solusi! Buah naga yang memiliki warna merah yang cerah bisa menjadi buah yang memberikan warna cantik dalam campuran salad buahmu. Buah naga juga kaya akan nutrisi baik untuk tubuh, seperti zat besi, serat, magnesium, hingga vitamin C yang cukup tinggi. 

9. Semangka

Potongan buah semangka merah
ilustrasi buah semangka (pexels.com/lisafotios)

Buah untuk campuran salah lainnya adalah semangka. Adanya semangka yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi mungkin akan membuat salad buahmu menjadi lebih watery, tapi justru hal tersebut akan menyeimbangkan kombinasi campuran buah yang ada di dalam salad buahmu lho! 

Beberapa kandungan nutrisi yang ada pada semangka di antaranya vitamin B dan C, zat besi, magnesium, protein, zinc, dan masih banyak lagi.

10. Jeruk

description
ilustrasi buah jeruk untuk penderita kolesterol (pexels.com/pixabay)

Kalau kamu ingin ada sensasi asam yang harum pada salad buahmu, kamu bisa menambahkan potongan jeruk kedalamnya! Sudah menjadi rahasia umum kalau jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

11. Leci

description
ilustrasi buah leci (pexels.com/towfiqubarbhuiya)

Leci juga bisa kamu tambahkan ke dalam salad buah mu untuk cita rasa yang lebih khas dan juga tambahan buah dengan tekstur yang lembut. Buah leci kaya akan kandungan serat, kalsium, kalium, protein, vitamin C, E, dan K.

12. Bluberi

description
ilustrasi buah bluberi (pexels.com/brigittetohm)

Rekomendasi buah untuk salad yang terakhir adalah bluberi. Buah yang memiliki rasa asam dan sedikit manis ini pas dipadukan dengan dressing salad yang creamy. Hampir mirip dengan buah naga, kehadiran bluberi juga bisa menambah warna cantik dalam campuran salah buah mu lho!

Sama seperti buah beri lainnya, bluberi mengandung vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga buah ini sangat direkomendasikan karena mampu menambah daya tahan tubuh.

Itu dia beberapa pilihan buah untuk salad yang bisa kamu gunakan. Meskipun semua buah rasanya enak, namun tidak semua cocok apabila dipadu padankan karena rasa ataupun teksturnya.

Dari rekomendasi buah untuk salad di atas, sekarang kamu jadi lebih tau buah apa yang cocok untuk dikombinasikan satu sama lain di dalam salad buah mu. Selamat mencoba ya, Sobat Yummy!

Baca Juga: 20 Resep Es Buah Segar untuk Berbuka Puasa ala Yummy App

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Astri Anjarwati

Astri Anjarwati

Salad Buah Semangka Apel

Salad Buah Semangka Apel

(5.0)

5 langkah

673

Artikel Lainnya di nutrisi