10 Sayuran untuk Diet yang Sehat, Rendah Kalori

Konsumsi sayuran ini untuk bantu turunkan berat badan!

10 Sayuran untuk Diet yang Sehat, Rendah Kalori

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Bagi Sobat Yummy yang sedang berusaha diet, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang dapat membantu proses penurunan berat badan.

Diet bukan berarti kamu harus puasa makan agar berat badan turun, justru itu adalah hal yang salah. Saat sedang diet kamu boleh makan tetap 3 kali sehari dengan memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Ada beberapa jenis sayuran untuk diet yang bisa kamu konsumsi dengan aman, seperti di bawah ini.

1. Bayam Merah

bayam merah
ilustrasi bayam merah (instagram.com/kecipir)

Bayam adalah salah satu sayur yang sering kali diolah menjadi menu masakan sehari-hari. Bayam mempunyai kandungan senyawa flavonoid yang mampu membantu dalam penurunan berat badan secara efektif.

Selain itu, bayam juga bisa menjadi sayuran untuk diet karena rendah kalori, jadi cocok untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan.

2. Brokoli

brokoli
ilustrasi brokoli (pexels.com/pixabay)

Hampir sama seperti bayam, brokoli juga termasuk salah satu sayuran untuk diet dengan kandungan kalori yang rendah, sehingga cocok dikonsumsi untuk membantu dalam proses penurunan berat badan. Brokoli juga memang dikenal sebagai makanan yang dapat mencegah obesitas atau kelebihan berat badan, seperti yang tercantum dalam penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

3. Kembang Kol

kembang kol
ilustrasi kembang kol (pexels.com/alesiakozik)

Kembang kol memiliki rupa yang hampir mirip dengan sayur brokoli. Hanya saja, kembang kol memiliki warna yang agak pucat dan tidak hijau seperti brokoli. Kembang kol termasuk ke dalam sayuran untuk diet yang rendah kalori dan karbohidrat. Sehingga tidak akan menaikkan berat badan secara drastis, melainkan membantu untuk menurunkan berat badan secara berangsur.

Baca Juga: Tips Mengatur Pola Makan Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

4. Selada

selada
ilustrasi selada (pexelss.com/zoranmilosavljevic)

Sayuran yang mempunyai kandungan rendah karbohidrat selanjutnya adalah selada. Sayur an untuk diet ini sering diolah menjadi masakan rumahan ini juga kaya akan serat sehingga dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Kandungan lain seperti vitamin dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

5. Paprika

paprika
ilustrasi paprika (pexels.com/victoriabowers)

Dalam daftar sayuran untuk diet yang rendah kalori kali ini, berikutnya ada paprika. Dalam Nourish by WebMD dijelaskan bahwa paprika memiliki kandungan senyawa capsaicin yang bisa menahan nafsu makan dan bersifat anti-obesitas. Capsaicin mampu meningkatkan metabolisme lemak dalam tubuh dan mengurangi nafsu makan. 

6. Kale

sayur kale
ilustrasi sayur kale (pexels.com/Eva Bronzini)

Kale juga termasuk ke dalam daftar sayur yang bagus untuk diet karena kandungan kalorinya yang rendah. Walaupun begitu, kamu sudah bisa merasakan kenyang jika mengkonsumsi sayur yang satu ini. Hal ini disebabkan kandungan air yang banyak di dalam sayur kale dapat mengenyangkan perut lebih cepat.

7. Timun

timun
ilustrasi timun (pexels.com/lo)

Timun sering kali dijadikan lalapan ataupun dimakan secara langsung karena rasanya yang enak, walaupun terkadang ada rasa pahitnya. Namun, tahukah kamu bahwa timun termasuk salah satu sayuran untuk diet? Hal ini karena kandungan kalori dalam timun terbilang rendah, selain itu timun juga memiliki kandungan air yang banyak.

8. Labu Siam

labu siam
ilustrasi labu siam (pexels.com/danieldan)

Labu siam dapat membuat perut bisa menahan lapar lebih lama, karena mengandung serat fiber. Sayuran labu siam dapat membantu meningkatkan asupan serat saat diet.

Kandungan karbohidrat, sodiumnya rendah, jadi sangat aman dikonsumsi saat diet agar berat badan bisa turun perlahan.

9. Asparagus

sayur asparagus
ilustrasi sayur asparagus (unsplash.com/Peter Schad)

Punya tekstur yang renyah dan rasa yang manis, asparagus juga dapat membantu menurunkan berat badan ketika diet. Asparagus memiliki kandungan rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat mencegah kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Kamu bisa mencampur asparagus dengan beberapa sayuran lainnya.

10. Jamur

jamur
ilustrasi jamur (pexels.com/irinairiser)

Dalam daftar terakhir sayuran untuk diet yang rendah kalori dari Yummy App kali ini adalah jamur.

Jamur mengandung banyak senyawa yang dibutuhkan saat proses diet berjalan, seperti mineral, vitamin, antioksidan, dan juga serat. Kamu bisa mengkonsumsi jamur untuk dijadikan teman makan ketika diet.


Nah, itu dia merupakan daftar sayuran untuk diet yang rendah kalori, dan bisa kamu konsumsi tanpa harus takut berat badan naik. Olah sayuran menjadi salad agar lebih nikmat untuk dikonsumsi. Kamu bisa melihat menu diet yang enak pada laman Yummy App, ya!

Baca Juga: 10 Menu Makanan Sehat untuk Diet, Tetap Enak Dinikmati!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Puspitasari Anggradewi

Puspitasari Anggradewi

Pepes Tahu Jamur for Diet

Pepes Tahu Jamur for Diet

(5.0)

9 langkah

809

Artikel Lainnya di nutrisi