6 Sayur yang Mengandung Zat Besi untuk Atasi Anemia

Cukupi asupan zat besi dengan mengonsumsi sayuran ini

6 Sayur yang Mengandung Zat Besi untuk Atasi Anemia

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Apa kamu sudah tahu, bahwa zat besi sangat diperlukan oleh tubuh dalam produksi hemoglobin, yakni protein penting pada darah yang berperan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga zat besi yang tercukupi akan mencegah tubuhmu dari kondisi anemia.

Bahkan dilansir dari laman Alodokter, zat besi dapat menjaga kesehatan otak. Kurangnya zat besi dalam tubuh menyebabkan penurunan kemampuan daya ingat seseorang. Maka dari itu, yuk, makan sayur yang mengandung zat besi secara cukup seperti berikut. Apa saja? Let’s move to the list!

1. Bayam

bayam sayuran yang mengandung zat besi
ilustrasi bayam (unsplash.com/micheile henders)

Sobat Yummy pasti sudah tahu, sayuran satu ini terkenal akan sumber zat besinya yang baik. Dalam 200 g bayam, dapat mengandung 6 mg zat besi. Bahkan angka tersebut cukup memenuhi 36% asupan zat besi harian.

Dikutip dari Alodokter, bayam secara ampuh dapat mencegah anemia. Bayam juga dilengkapi dengan vitamin C, yang mana vitamin ini berperan dalam pengoptimalan dalam penyerapan zat besi pada tubuh.

2. Brokoli

brokoli sayuran yang mengandung zat besi
ilustrasi brokoli (unsplash.com/amir hana)

Sayuran banyak manfaat satu ini juga mengandung zat besi. Dalam 100 gramnya memiliki sekitar 1 mg zat besi. Brokoli tinggi akan vitamin A, B, C, D, E, dan K.

Tidak hanya itu, sayuran ini masih memiliki banyak kandunga nutrisinya, seperti serat, fosfor, kalsium, kalium, seng, dan magnesium. Brokoli pula termasuk makanan rendah kalori dan tanpa kolesterol.

3. Kale

kale sayuran yang mengandung zat besi
ilustrasi kale (unsplash.com/char beck)

Kale merupakan sayuran yang mengandung zat besi selanjutnya. Sayuran ini viral diberbagai media sosial akan banyak manfaatnya, sehingga konten cara mengolah kale yang enak mulai bermunculan.

Menurut Kemenkes, sayuran ini secara perlahan masuk ke dalam daftar sayuran yang dapat memenuhi asupan zat besi dalam tubuh. Kale memiliki 1,6 mg zat besi dalam 100 gramnya.

Daun kale juga disebut memiliki nutrisi lengkap, antara lain vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, K, kalium, kalsium, fosfor, tembaga, mangan, hingga antioksidan. Bahkan sayuran kaya manfaat ini dilengkapi dengan senyawa sulforaphane dan indole-3-carbinol. Senyawa-senyawa tersebut ampuh dalam melawan kanker hingga tingkat molekuler.

Baca Juga: 10 Jenis Sayuran yang Tidak Boleh Masuk Kulkas, Perhatikan Caranya!

4. Swiss Chard

swiss chard sayuran yang mengandung zat besi
ilustrasi swiss chard (unsplash.com/hannah w

Sayuran hijau yang berkerabat dekat dengan tanaman bit dan bayam ini memiliki jumlah zat besi 3,4 mg dalam 150 gramnya. Jumlah tersebut dapat mengatasi kondisi anemia dalam tubuh. Selain itu swiss chard juga tinggi nutrisi. Vitamin C dalam sayuran bertangkai merah ini mencapai 30 mg, dengan magnesium berkisar 81 mg.

Nutrisi lainnya antara lain, vitamin B6, B12, D, serat, kalsium, hingga kalium. Tidak hanya menekan anemia, swiss chard juga dapat mencegah hipertensi, mengontrol gula darah, hingga menjaga kesehatan tulang. Jika bingung mengolah sayuran ini, Sobat Yummy bisa memasaknya secara simple dengan menumisnya atau sebagai campuran aglio olio.

5. Selada

selada sayuran yang mengandung zat besi
ilustrasi selada (unplash.com/petr magera)

Nikmat jika dikonsumsi dengan daging panggang atau burger, tahukah kamu bahwa selada merupakan sayuran yang mengandung zat besi tinggi. Jika Sobat Yummy mengonsumsi 100 g selada, maka kamu dapat sejumlah 2 mg zat besi.

Tentunya, jumlah tersebut dapat memenuhi asupan zat besi dalam tubuh. Selain itu, selada mampu dalam menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan mata dan tulang, hingga dapat menurunkan berat badan.

6. Kacang panjang

kacang panjang sayuran yang mengandung zat besi
ilustrasi kacang panjang (unsplash.com/sean stratton)

Sayur dari jenis kacang-kacangan seperti kacang panjang, memiliki jumlah zat besi mencapai 1 mg dalam 100 g. Jumlah ini juga dapat memenuhi asupan zat besi dalam tubuh hingga mengurangi kondisi anemia. Kacang panjang juga bermanfaat dalam pencegahan sembelit, menurunkan tekanan darah, hingga menjaga kesehatan jantung.

Jika Sobat Yummy ingin mendapatkan manfaatnya secara efektif, kamu bisa mengolah sayuran tinggi zat besi di atas dengan mengukus atau direbus. Tidak hanya atasi anemia, daftar sayuran diatas juga memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Yuk, download aplikasi Yummy sekarang untuk dapatkan informasi dan resep masakan terbaru setiap hari.

Baca Juga: Wajib Tahu! 6 Sayuran yang Dilarang untuk Penderita Darah Tinggi

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nunung siti ummu zakiyah

Nunung siti ummu zakiyah

Tumis Kale Bawang Putih

Tumis Kale Bawang Putih

(5.0)

7 langkah

306

Artikel Lainnya di nutrisi