9 Tips Aman Berpuasa untuk Penderita Asam Lambung

Benarkah makan daging bisa menyebabkan asam lambung naik?

9 Tips Aman Berpuasa untuk Penderita Asam Lambung

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Pada umumnya, puasa membuat tubuh manusia lebih sehat. Puasa dapat membantu mengatur kembali pola makan sehat yang dapat memperbaiki metabolisme tubuh. Selain itu, puasa juga dapat menurunkan berat badan, membuang racun dalam tubuh, hingga mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. 

Namun, saat berpuasa ada beberapa orang yang juga menghadapi masalah asam lambung. Penyakit ini biasanya dirasakan ketika seseorang kurang memperhatikan pola makannya saat sahur ataupun berbuka. Nah, pilihan terbaik bagi penderita asam lambung adalah mengendalikan pemicunya dibandingkan menderita sakit dari pagi hingga malam. 

Jika kamu salah satu orang yang mengalami permasalahan ini, jangan khawatir dulu. Coba lihat tips berpuasa aman untuk penderita asam lambung ala Yummy App ini, yuk!

1. Jangan skip makan sahur dan berbuka

Seorang perempuan sedang makan salad
Ilustrasi makan salad (freepik.com/drazenzigic)

Penyebab utama asam lambung naik adalah karena jadwal makan yang tidak teratur. Maka dari itu, saat puasa pastikan kamu tidak melewati makan sahur ataupun berbuka.

Ketika melewatkan jadwal makan dan hanya minum air, biasanya akan membuat usus rentan terhadap keasaman. Makanlah dengan porsi yang cukup agar perut tidak kosong lebih lama. 

2. Minum obat asam lambung saat sahur

Seseorang hendak meminum obat
Ilustrasi minum pbat (pexels.com/ronlach)

Jika perutmu terasa tidak nyaman saat sahur, jangan lupa untuk meminum obat asam lambung yang kamu punya. Hal ini bisa mengurangi rasa sakit pada saat berpuasa.

Rasa tidak nyaman yang dirasakan oleh para penderita asam lambung ini biasanya akan berlangsung hingga 7 hari di awal puasa. Selebihnya badanmu akan beradaptasi dengan pola makan yang baru dan kamu bisa menjalani puasa tanpa perlu minum obat pereda nyeri.

3. Perbanyak makan sayur

Seorang perempuan sedang makan sayur
Ilustrasi makan sayur (freepik.com/drazenzigic)

Di bulan puasa ini akan lebih baik jika para penderita asam lambung mengkonsumsi makanan clean food, seperti sayur dan buah. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lauk yang mengandung protein dan rendah lemak, seperti telur, tahu putih, udang, dada ayam tanpa kulit, hingga ikan salmon. 

4. Hindari makanan asam, pedas, dan berlemak

Makanan berlemak dengan rasa asam dan pedas
Ilustrasi makanan asam, pedas, dan berlemak (pexels.com/makafood)

Hindari makanan pedas, asam, dan mengandung banyak lemak jenuh yang dapat memicu naiknya asam lambung dalam tubuh. Makanan yang perlu kamu hindari adalah makanan bersantan, susu, jeroan, makanan yang digoreng, hingga daging. 

Makanan-makanan tersebut malah akan memperberat cara kerja lambung yang mengakibatkan perut tidak nyaman selama puasa.

Baca Juga: ​5 Tips Olahraga Saat Puasa Tanpa Bikin Badan Lemas

5. Minum 8 gelas air putih

Satu gelas penuh air putih
Ilustrasi segelas air putih (pexels.com/lisafotios)

Hal terpenting saat puasa adalah tubuhmu harus tetap terhidrasi. Tubuh membutuhkan sebanyak 2 liter air putih atau setara 8 gelas air putih setiap harinya.

Bagi umat muslim yang berpuasa, agar tidak kembung, kamu bisa menyiasati konsumsi air putih ini dengan cara berikut:

  • 1 gelas sebelum tidur;
  • 1 gelas setelah bangun sahur;
  • 1 gelas selepas sahur;
  • 1 gelas saat berbuka puasa;
  • 1 gelas setelah salat Magrib;
  • 1 gelas setelah makan malam;
  • 1 gelas setelah salat Isya;
  • 1 gelas setelah salat Tarawih.

6. Hindari tidur setelah makan

Seorang wanita sedang tidur di atas kasur
Ilustrasi tidur setelah makan (pexels.com/ketutsubiyanto)

Tidur selepas makan bisa jadi berbahaya untuk para penderita asam lambung. Hal ini bisa menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan dan meninggalkan sensasi terbakar yang tidak nyaman. Di beberapa kasus, tidur setelah makan juga menyebabkan dada terasa sesak dan menyebabkan gejala asam lambung semakin parah. 

7. Berbuka dengan makanan ringan yang berserat

Buka puasa dengan buah kurma
Ilustrasi buah kurma (freepik.con/rawpixel.com)

Saat berbuka, biasakan untuk makan makanan ringan sebelum menuju ke makanan berat. Pertama-tama, kamu bisa makan buah kurma dan segelas air putih hangat untuk menetralisir mulut. Setelahnya, kamu bisa melakukan salat Maghrib atau aktivitas lainnya dan makan makanan berat setelahnya.

8. Makan dengan perlahan

Seorang wanita makan buah apel dengan perlahan
Ilustrasi makan perlahan (pexels.com/paveldanilyuk)

Mungkin kamu merasa sangat lapar saat berbuka puasa, tapi jangan sampai makan dengan terburu-buru, ya. Selain bisa menyebabkan tersedak, hal ini juga bisa menyebabkan banyak udara masuk dalam saluran cerna dan memicu asam lambung.

9. Hindari minuman berkafein dan bersoda

Kopi sebagai minuman berkafein
Ilustrasi kopi berkafein (pexels.com/brigittetohm)

Hal terpenting yang harus dihindari oleh penderita asam lambung adalah dengan tidak minum minuman berkafein dan bersoda.

Teh, kopi, dan soda dapat menyebabkan iritasi pada lambung yang akhirnya menyebabkan kamu merasa mual dan nyeri di ulu hati. Selain itu, minuman ini juga dapat meningkatkan produksi asam pada lambung yang memicu terjadinya gejala sakit maag.

Nah, itulah beberapa tips puasa aman untuk penderita asam lambung yang mudah kamu terapkan di rumah. Mudah banget, ‘kan? Ternyata kuncinya hanya menerapkan pola makan sehat sehat aja, lho. Semoga puasa kamu lancar tahun ini, ya, Sobat Yummy!

Baca Juga: Berapa Gelas Air Putih yang Harus Diminum Saat Puasa?

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Faridha Sadik

Faridha Sadik

Sayur Bening Oyong Bayam

Sayur Bening Oyong Bayam

(5.0)

15 mnt

281

Artikel Lainnya di nutrisi