9 Tips Pola Makan Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Salah satu cara diet sehat dan aman yang bisa ditekuni

9 Tips Pola Makan Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

penulis:

Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Tidak ada diet yang menawarkan hasil instan. Semua membutuhkan proses, kesabaran, konsistensi, dan komitmen yang tinggi. Untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan, diet dalam rangka menurunkan berat badan bisa dimulai dari pengaturan pola makan.

Mengatur pola makan merupakan salah satu cara diet yang sehat dan aman dibanding mengonsumsi obat-obatan, pil, atau treatment tertentu yang menawarkan hasil instan.

Mampu mengatur pola makan dan memperhatikan pilihan makanan selama diet bisa dibilang susah-susah gampang. Namun, kamu bisa memulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu seperti mengonsumsi makanan kaya serat, vitamin, kalsium, dan protein, mengurangi jatah ngemil harian, makan dengan porsi yang cukup, dan minum air putih yang cukup.

Nah, untuk memudahkanmu dalam mengatur diet plan, berikut 9 tips pola makan diet sehat untuk menurunkan berat badan yang bisa kamu coba.

1. Jangan melewatkan sarapan

tips mengatur pola makan diet sehat
ilustrasi sarapan (unsplash.com/Louis Hansel)

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sarapan pagi dapat mengurangi risiko obesitas dan lebih rendah terkena risiko penyakit kronis. Namun, manfaat tersebut tetap dibarengi dengan pola hidup sehat.

Mengisi tenaga dengan sarapan di pagi hari dapat membuat kita lebih bertenaga dan akan mengurangi penambahan jumlah konsumsi kalori. Hal ini karena orang yang tidak makan pagi cenderung akan mudah lelah dan akan makan lebih banyak seharian.

2. Makan secara teratur dan terjadwal

Tips pola makan diet sehat yang kedua adalah dengan mengatur jadwal makan. Atur jadwal makan kamu, dan jangan sampai melewatkannya. Melewatkan waktu makan hanya akan membuat kita lebih mudah lapar, sehingga gula darah menjadi tidak stabil yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Sering mengabaikan waktu makan tak hanya akan membuat tubuhmu lemas. Melainkan juga akan mengganggu sistem pencernaan yang bisa berujung pada penyakit, seperti asam lambung dan maag.

3. Makan sebelum lapar

tips mengatur pola makan diet sehat
ilustrasi pola makan diet sehat (unsplash.com/Louis Hansel)

Jika telah mengatur jadwal makan, tips pola makan diet sehat yang selanjutnya adalah makanlah sebelum lapar.

Kamu perlu memperhatikan untuk tidak menjadwalkan jeda waktu makan yang terlalu lama atau terlalu panjang. Baik antara sarapan dengan makan siang atau makan siang dengan makan malam. Sebab hal ini akan membuatmu semakin merasa lapar.

Biasakan untuk makan di jadwal berikutnya sebelum merasa lapar. Hal ini akan membantumu untuk makan dalam porsi cukup karena perutmu tidak terlalu kosong.

Baca Juga: 10 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Rendah Karbohidrat

4. Makan dengan porsi cukup

Tips pola makan diet sehat yang selanjutnya adalah makan dengan porsi yang cukup. Aturlah porsi makan yang cukup untuk asupan tubuhmu. Jangan biasakan nambah nasi atau lauk setelah porsi makanan pertama habis hanya karena makanannya terlalu nikmat. Agar merasa kenyang lebih lama, selalu makan makanan dengan gizi yang cukup dan seimbang yang bisa didapat dari gabungan protein hewani, protein nabati, dan karbohidrat.

5. Batasi makanan tinggi kalori, gula tambahan, dan berlemak

tips mengatur pola makan diet sehat
ilustrasi makanan manis (unsplash.com/kaouther djouada)

Makanan tinggi kalori, gula tambahan, dan berlemak adalah salah satu penyebab awal naiknya berat badan. Hindari mengonsumsi makanan seperti kue, soda, minuman manis dalam kemasan. Sebab makanan tersebut hanya terdapat sedikit nutrisi, namun tinggi gula yang bisa berakibat pada masalah kesehatan seperti diabetes dan jantung.

6. Batasi kebiasaan ngemil

Pada tips pola makan diet sehat dari Yummy App kali ini, tentunya kamu juga perlu memperhatikan kebiasaan ngemil kamu.

Cemilan yang biasa kita konsumsi pada saat bosan, cemas, sedih, biasanya hanya berputar dalam kawanan keripik, gorengan, dan makanan manis yang mengandung gula berlebih. Jenis makanan ini mengandung lemak jenuh, gula, dan garam.

Untuk membatasi asupan ngemil, kamu bisa menggantinya dengan ngemil buah-buahan, kacang almond, atau yogurt yang lebih kaya serat dan kalsium.

7. Hindari makan mendekati jam tidur

tips mengatur pola makan diet sehat
ilustrasi snack malam (unsplash.com/JESHOOTS.COM)

Makan terlalu malam, terutama mendekati jam tidur, akan mengganggu waktu kerja dan istirahat dari organ mekanisme pencernaan.

Untuk mengurangi rasa ingin ngemil mendekati jam tidur, kamu bisa mencoba untuk langsung menyikat gigi setelah makan malam. Jika masih ingin makan, ganti dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya serat seperti apel, buah naga, buah beri, plum, atau pisang.

8. Mengonsumsi makanan tinggi serat dan protein

Makanan yang kaya serat akan membantu menahan rasa lapar lebih lama yang bisa membuat tubuh memberikan perintah ke otak untuk mengurangi porsi makan dan ngemil. Contoh makanan yang tinggi serat adalah oats, biji-bijian seperti gandum atau granola, beras merah dan sayur hijau.

Sementara protein bermanfaat dalam membantu metabolisme tubuh. Contoh sumber protein yang baik adalah dada ayam, ikan, dan telur.

9. Minum air putih sebelum makan

tips mengatur pola makan diet sehat
ilustrasi minum air putih (pexels.com/Karolina Grabowska)

Air putih memang terkenal memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Minum air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori. Secara keseluruhan, minum air putih yang cukup sepanjang hari dapat mempertahankan berat badan.

Terus sabar dan disiplin dalam menjalankan program dietnya, ya! Jika dilakukan secara konsisten terus-menerus, beberapa tips pola makan diet sehat dari Yummy App tersebut akan bisa menjadi kebiasaan baik yang bisa membantu kamu menurunkan berat badan dan mencapai target yang diinginkan. Selamat menjalankan hidup sehat!

Baca Juga: ​10 Menu Jus Sehat yang Bagus untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Whenie Beckham

Whenie Beckham

Dragon fruit Salad with Lemon Dressing

Dragon fruit Salad with Lemon Dressing

(5.0)

7 langkah

404

Artikel Lainnya di nutrisi