Comscore Tracker

​Tips Mengatur Pola Makan Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan 

Atur pola makanmu untuk memulai diet sehat
​Tips Mengatur Pola Makan Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan 

Tidak ada diet yang menawarkan hasil instan. Semua membutuhkan proses, kesabaran, konsistensi, dan komitmen yang tinggi. Untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan, diet dalam rangka menurunkan berat badan bisa dimulai dari pengaturan pola makan.

Mengatur pola makan merupakan salah satu cara diet yang sehat dan aman dibanding mengonsumsi obat-obatan, pil, atau treatment tertentu yang menawarkan hasil instan.

Mampu mengatur pola makan dan memperhatikan pilihan makanan selama diet bisa dibilang susah-susah gampang. Namun, kamu bisa memulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu seperti mengonsumsi makanan kaya serat, vitamin, kalsium, dan protein, mengurangi jatah ngemil harian, makan dengan porsi yang cukup, dan minum air putih yang cukup.

Nah, untuk memudahkanmu dalam mengatur diet plan, berikut tips yang bisa kamu terapkan selama melakukan diet.

1. Jangan melewatkan sarapan

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sarapan pagi dapat mengurangi risiko obesitas dan lebih rendah terkena risiko penyakit kronis, namun tetap dibarengi dengan pola hidup sehat.

Mengisi tenaga dengan sarapan di pagi hari dapat membuat kita lebih bertenaga dan akan mengurangi penambahan jumlah konsumsi kalori. Hal ini karena orang yang tidak makan pagi cenderung akan mudah lelah dan akan makan lebih banyak seharian.

2. Makan secara teratur dan terjadwal

Atur jadwal makan, dan jangan sampai melewatkannya. Melewatkan waktu makan hanya akan membuat kita lebih mudah lapar sehingga gula darah menjadi tidak stabil yang berdampak buruk bagi kesehatan.

3. Makan sebelum lapar

Jika telah mengatur jadwal makan, perlu diperhatikan untuk tidak menjadwalkan jeda waktu makan yang terlalu lama atau terlalu panjang antara sarapan dengan makan siang atau makan siang dengan makan malam. Hal ini akan membuatmu semakin merasa lapar.

Biasakan untuk makan di jadwal berikutnya sebelum merasa lapar. Hal ini akan membantumu untuk makan dalam porsi cukup karena perutmu tidak terlalu kosong.

4. Makan dengan porsi cukup

Aturlah porsi makan yang cukup untuk asupan tubuhmu. Jangan biasakan nambah nasi atau lauk setelah porsi makanan pertama habis hanya karena makanannya terlalu nikmat.

Agar merasa kenyang lebih lama, selalu makan makanan dengan gizi yang cukup dan seimbang yang bisa didapat dari gabungan protein hewani, protein nabati, dan karbohidrat.

5. Batasi makanan tinggi kalori, tinggi gula tambahan, dan berlemak

Makanan tinggi kalori, gula tambahan, dan berlemak adalah salah satu penyebab awal naiknya berat badan. Hindari mengonsumsi makanan seperti kue, soda, minuman manis dalam kemasan, karena hanya terdapat sedikit nutrisi namun tinggi gula yang bisa berakibat pada masalah kesehatan seperti diabetes dan jantung.

6. Batasi kebiasaan ngemil

Cemilan yang biasa kita konsumsi pada saat bosan, cemas, sedih, biasanya hanya berputar dalam kawanan keripik, gorengan, dan makanan manis yang mengandung gula berlebih. Jenis makanan ini mengandung lemak jenuh, gula, dan garam.

Untuk membatasi asupan ngemil, kamu bisa menggantinya dengan ngemil buah-buahan, kacang almond, atau yogurt yang lebih kaya serat dan kalsium.

7. Hindari makan mendekati jam tidur

Makan terlalu malam, terutama mendekati jam tidur, akan mengganggu waktu kerja dan istirahat dari organ mekanisme pencernaan.

Untuk mengurangi rasa ingin ngemil mendekati jam tidur, kamu bisa mencoba untuk langsung menyikat gigi setelah makan malam. Jika masih ingin makan, ganti dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya serat seperti apel, buah naga, buah beri, plum, atau pisang.

8. Mengonsumsi makanan tinggi serat dan protein

Makanan yang kaya serat akan membantu menahan rasa lapar lebih lama yang bisa membuat tubuh memberikan perintah ke otak untuk mengurangi porsi makan dan ngemil. Contoh makanan yang tinggi serat adalah oats, biji-bijian seperti gandum atau granola, beras merah dan sayur hijau.

Sementara protein bermanfaat dalam membantu metabolisme tubuh. Contoh sumber protein yang baik adalah dada ayam, ikan, dan telur.

9. Minum air putih sebelum makan

Air putih memang terkenal memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Minum air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori.

Secara keseluruhan, minum air putih yang cukup sepanjang hari dapat mempertahankan berat badan.

Terus sabar dan disiplin dalam menjalankan program dietnya, ya! Jika dilakukan secara konsisten terus-menerus, hal ini akan menjadi kebiasaan baik yang bisa membantu kamu menurunkan berat badan dan mencapai target yang diinginkan. Selamat menjalankan hidup sehat!

Baca Juga: Menu Diet Sehat Seminggu yang Sederhana dan Cocok untuk Pemula