Comscore Tracker

​10 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut dengan Cepat

​Tak ada lagi alasan musuhan dengan jengkol
​10 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut dengan Cepat

Bau yang bersarang pada mulut setelah mengonsumsi jengkol sering kali menyebabkan turunnya rasa percaya diri saat bertemu atau berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, ada perasaan khawatir akan membuat orang lain risih dengan kita. Tidak hanya bau mulut, jengkol juga dapat memberikan aroma tak sedap pada air seni atau air kencing.

Oleh karena itu, sebagian orang memilih untuk menghindari mengonsumsi jengkol karena alasan-alasan di atas, meskipun jengkol merupakan salah satu olahan masakan yang nikmat.

Namun, bagi para penggemar jengkol, akan selalu ada cara ampuh yang bisa dilakukan untuk dapat menghilangkan bau jengkol pada mulut dengan cepat. Berikut Yummy rangkum 10 cara tersebut supaya kamu tidak perlu musuhan lagi dengan jengkol.

1. Menyikat gigi dan flossing

Sudah pasti hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi jengkol. Selain itu, menumpuknya plak pada gigi juga bisa jadi salah satu penyebab timbulnya bau mulut. Menyikat gigi dengan rutin akan membantu kamu menjaga kebersihan gigi dan mulut sehingga terhindar dari bau tak sedap

Jika perlu, gunakan benang gigi atau flossing gigi agar sisa-sisa makanan yang masih menempel di sela-sela gigi dapat terangkat.

2. Membersihkan lidah

Selain menyikat gigi, menyikat lidah juga tidak kalah penting sebab lidah juga bisa menjadi tempat terbentuknya lapisan sisa makanan penyebab bakteri dan bau.

Sebaiknya bersihkan lidah dengan sikat khusus yang lembut. Jangkau hingga bagian belajar lidah dan pastikan seluruh area permukaannya bersih dari sisa makanan seperti jengkol agar terhindar dari bakteri.

3. Berkumur dengan obat kumur

Sekarang ini sudah banyak sekali pilihan dan merek obat kumur di pasaran dengan berbagai pilihan aroma seperti mint atau lemon. Obat kumur juga biasanya akan memberikan sensasi segar setelah digunakan dan mampu membasmi bau mulut setelah mengonsumsi jengkol sampai ke sumbernya. Kamu bisa menggunakannya setelah menyikat gigi dan lidah.

4. Mengunyah permen karet

Jika kamu sedang bepergian dan tidak membawa sikat gigi atau obat kumur di dalam tas, kamu dapat menggantinya dengan mengunyah permen karet.

Permen karet dapat merangsang produksi air liur yang bisa membangun mekanisme pertahanan alami mulut terhadap asam penyebab kerusakan gigi dan mulut, serta membilas partikel sisa makanan yang masih tersangkut.

Disarankan untuk mengunyah permen karet tanpa gula sebab gula juga dapat memicu asam yang menjadi penyebab kerusakan gigi.

5. Minum air putih

Cara lainnya yang bisa kamu coba untuk membantu menghilangkan bau jengkol pada mulut adalah dengan mengonsumsi air putih. Air putih dapat mengendalikan bau mulut dan menghindari mulut kering.

Air putih juga dapat membantu mengurangi bau pada air kencing karena zat penyebab bau akan larut bersama air.

6. Minum susu

Susu juga dapat membantu bau mulut lenyap karena sifatnya yang dapat menetralkan. Kamu dapat meminum segelas susu saat mengonsumsi jengkol, atau pun sesudahnya.

7. Minum teh hijau

Teh hijau terkenal memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain itu, the hijau memiliki sifat disinfektan yang optimal menghilangkan bau dan membantu menyegarkan napas.

8. Berkumur dengan sari cuka apel

Selain cara yang sudah disebutkan sebelumnya, sari cuka apel juga bisa kamu coba untuk menghilangkan bau jengkol pada mulut. Tuangkan sari cuka apel secukupnya gelas yang berisi air, dan berkumur seperti biasa.

Sari cuka apel merupakan salah satu obat kumur alami yang dapat dengan cepat menghilangkan napas bau dan membuatnya jadi lebih segar.

9. Makan buah nanas

Beberapa orang juga percaya bahwa mengonsumsi buah nanas dapat menghilangkan bau mulut dengan efektif. Selain dimakan langsung, kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus.

Bilas mulut dengan air bersih setelah mengonsumsi nanas agar gula alami yang terkandung pada nanas tidak menempel di mulut dan mengundang bakteri.

10. Mengunyah garam

Jika kamu ingin menggunakan cara lain yang lebih mudah, bumbu dapur satu ini juga bisa kamu jadikan solusi atas permasalahan bau mulut. Masukkan garam secukupnya pada mulut, kemudian kunyah. Ini akan membantu meminimalisir bau mulut yang mengganggu setelah mengonsumsi jengkol

 

Sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi untuk menikmati olahan jengkol hanya karena takut bau mulut. Ada banyak solusi yang bisa kamu coba untuk mengurangi baunya dengan cepat dan ampuh agar kamu tetap percaya diri.