​10 Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Mulut, Dijamin Ampuh

​Nggak ada lagi drama bau mulut!

​10 Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Mulut, Dijamin Ampuh

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Bawang putih sering kali digunakan untuk menambahkan cita rasa pada makanan. Sayangnya, bumbu dapur ini juga bisa menyebabkan kamu mengalami bau mulut atau yang juga dikenal sebagai halitosis.

Bawang putih yang dimakan mentah tentunya akan menghasilkan bau khas pada mulut. Bau khas tersebut ternyata dihasilkan oleh kandungan belerang pada bawang putih. Kandungan belerang ini akan menghasilkan gas yang khas saat dipotong atau dihaluskan. Setelah itu, gas tersebut akan bercampur dengan bakteri penghasil gas lainnya yang akhirnya menyebabkan bau napas, bahkan hingga berjam-jam.

Jangan khawatir, berikut Yummy App sajikan cara menghilangkan bau bawang putih di mulut secara mudah. Yuk, simak caranya di bawah ini!

1. Minum air putih

Dua botol air putih dingin yang mengembun
ilustrasi air putih (unsplash.com)

Minum air putih setelah makan makanan yang mengandung bawang putih dapat mencuci sisa-sisa makanan yang ada pada lidah atau sela-sela gigi. Air putih juga dapat merangsang produksi air liur yang dapat membantu menghilangkan beberapa bakteri yang menyebabkan bau mulut.

2. Sikat gigi setelah makan

Perempuan sedang menggosok gigi dengan sikat gigi berwarna merah
Unsplash

Sebagian besar penyebab bau mulut adalah adanya penumpukkan plak di bawah garis gusi dan pada gigi. Menyikat dan flossing setelah makan makanan yang mengandung bawang putih dapat menghilangkan berbagai bakteri penyebab bau mulut. 

Sikat gigi dapat membuat napas menjadi lebih segar untuk jangka waktu yang lama. Bukan hanya gigi, kamu juga harus menyikat langit-langit mulut dan lidah dengan lembut agar bau mulut hilang maksimal.

3. Gunakan Tongue Scraper

Menyikat lidah juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan alat bantu tongue scraper. Bagian lidah, langit-langit mulut, dan bagian belakang lidah adalah tempat yang paling ideal bagi bakteri untuk berkumpul. Kamu pasti pernah melihat kotoran putih yang ada pada lidah bukan? 

Nah, kotoran tersebut yang bisa menyebabkan bau mulut. Kamu bisa menghilangkannya dengan tongue scraper setiap hari. Bersihkan kotoran hingga tidak ada residu yang tertinggal pada tongue scraper.

4. Gunakan obat kumur

Seorang laki-laki sedang menuang obat kumur pada tutup botolnya
Unsplash

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa obat kumur yang mengandung klorin dioksida efektif bisa mengatasi bau mulut. Klorin dioksida ini dapat menghilangkan plak, bakteri pelapis lidah, dan partikel makanan yang tersisa di mulut. Mouthwash atau obat kumur adalah bahan aman yang digunakan untuk memurnikan dan meningkatkan air liur di dalam mulut. 

Gunakan obat kumur setelah melakukan sikat gigi dan flossing untuk hasil yang maksimal. Penting juga untuk kamu melihat instruksi pemakaian obat kumur pada produk yah!

5. Mengunyah permen karet

Kumpulan jenis permen karet di dalam rak
Unsplash

Kalau kamu gak punya banyak waktu untuk sikat gigi dan lainnya, kamu bisa menggunakan cara menghilangkan bau bawang putih di mulut yang satu ini. Yup, permen karet juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut karena bawang putih.

Selain itu, permen karet juga dapat merangsang produksi air liur pada mulut yang dapat membersihkan sisa partikel makanan yang masih di dalam mulut. Pilihlah permen karet yang bebas gula, karena gula dapat menyebabkan kerusakan gigi.

6. Makan buah-buahan segar

Buah apel yang baru dipetik dari pohonnya
Unsplash

Makanan segar juga bisa kamu gunakan untuk menutupi bau mulut akibat bawang putih. Penelitian menyebutkan kalau apel adalah buah yang bisa kamu konsumsi untuk menghilangkan bau mulut akibat bawang putih secara signifikan.

7. Makan peterseli

Seikat peterseli yang ditaruh di atas meja kayu
Unsplash

Peterseli adalah salah satu pengobatan rumahan yang populer untuk menangani bau mulut, termasuk sebagai cara menghilangkan bau bawang putih di mulut. Aroma peterseli yang kuat dapat menutupi bau mulut dan memberikan efek rileks pada otak dan tubuh setelah makan.

8. Minum teh hijau

Secangkir teh hijau yang ditaruh di atas pisin batu
Unsplash

Cara menghilangkan bau bawang putih di mulut yang ke-8 adalah meminum teh hijau atau green tea. Teh hijau juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau mulut setelah makan bawang putih. Teh hijau gak cuma bisa memperlancar pencernaan, tapi juga terbukti efektif mengurangi senyawa penyebab bau mulut.

9. Minum susu

Secangkir susu segar di atas meja
Unsplash

Meminum segelas susu setelah memakan bawang putih dapat mengurangi konsentrasi dari senyawa belerang yang dihasilkan dari bawang putih. Beberapa penelitian menyatakan bahwa susu yang mengandung banyak lemak lebih baik dikonsumsi untuk menghilangkan bau dibandingkan susu bebas lemak.

10. Minum air lemon

Lemon yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian
Unsplash.com/Cristina Anne Costello

Jus lemon dapat membantu menetralkan bau bawang pada napas. Coba untuk menambahkan perasan jus lemon sebanyak 1 sendok pada segelas air. Minumlah campuran air dan jus lemon itu setelah memakan makanan mengandung bawang. Alhasil, bau napas pun akan hilang.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau bawang putih di mulut setelah memakan hidangan yang mengandung bawang putih. Gak usah khawatir lagi deh untuk menggunakan bawang putih di setiap makananmu. Gak cuma bikin hidangan lebih lezat, bawang putih juga kaya akan manfaat, lho!

Baca Juga: ​10 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut dengan Cepat

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Faridha Sadik

Faridha Sadik

Ayam Goreng Ungkep Bawang Putih

Ayam Goreng Ungkep Bawang Putih

(5.0)

45 mnt

286

Faridha Sadik

Faridha Sadik

Tahu Goreng Bumbu Bawang Putih

Tahu Goreng Bumbu Bawang Putih

(5.0)

30 mnt

recooks-0

Artikel Lainnya di tips