4 Tips agar Daging Sapi Cepat Empuk Tanpa Presto 

Caranya mudah tanpa perlu dipresto.

4 Tips agar Daging Sapi Cepat Empuk Tanpa Presto 

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Mengolah daging sapi memang susah-susah gampang. Jika salah teknik dan caranya, daging yang seharusnya empuk dan mudah untuk dimakan, malah menjadi alot dan keras. Tidak heran jika akhirnya kamu memutuskan untuk membeli makanan olahan daging sapi yang sudah jadi dari luar.

Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi. Kamu sendiri bisa membuat daging sapi menjadi empuk di rumah. Bahan dan caranya pun mudah dilakukan. Dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan hanya untuk makan olahan daging sapi yang lezat.

Berikut tips dan cara agar daging sapi cepat empuk tanpa presto untuk kamu pencinta daging.

1. Menggunakan bahan-bahan yang dapat mengempukkan daging

description
Pexels.com

Tips yang pertama untuk mengempukkan daging sapi, kamu bisa merendamnya dengan bahan-bahan tertentu sebelum memasaknya. Bahan-bahan yang digunakan pun mudah kamu temukan, baik di toko dekat rumah, maupun pasar. Nah, kira-kira bahan apa saja yang bisa digunakan untuk mengempukkan daging? Berikut penjelasannya!

◇ Buah nanas

Mungkin kamu pernah mendengar atau sudah tidak asing lagi dengan buah nanas yang bisa mengempukkan daging sapi. Hal ini disebabkan karena buah nanas memiliki zat berupa enzim bromelin yang mampu memecah protein dan membuat daging menjadi empuk.

Caranya, kamu bisa haluskan buah nanas segar menggunakan parutan. Kemudian rendam daging ke dalam nanas yang sudah halus. Diamkan selama 30 menit hingga 1 jam sebelum dimasak.

◇ Daun dan buah pepaya

Selain nanas, daun dan buah pepaya juga dapat digunakan untuk mengempukkan daging. Hal ini disebabkan karena getah daun dan buah pepaya muda mengandung enzim papain yang mampu memecah protein.

Caranya, remas-remas daun pepaya hingga getahnya keluar dan gunakan untuk membungkus daging. Diamkan selama kurang lebih 3 jam sebelum dimasak. Pastikan daun membungkus daging dengan merata. Agar rasa tidak berubah, jangan membungkus daging terlau lama.

Sementara itu, buah pepaya muda bisa kamu gunakan agar mengempukkan daging dengan cara merebus daging bersama beberapa potongan buah. Pastikan untuk mencuci buah pepaya muda sebelum digunakan. Rebus daging hingga setengah matang. Setelah itu, daging bisa kamu aolah atau masak sesuai keinginan.

◇ Cola dan baking soda

Selain bahan-bahan alami seperti buah dan daun, kamu juga bisa gunakan cola dan baking soda untuk mengempukkan daging.

Kamu bisa merendam daging ke dalam cola (bukan cola diet) selama 30 menit sebelum dimasak. Merendam daging ke dalam cola selain mengempukkan juga memberikan sensasi rasa unik pada daging.

Sementara itu, untuk baking soda, caranya adalah rendam daging ke dalam larutan baking soda. Diamkan sekitar 15-20 menit pada suhu ruang. Sebelum diolah, kamu bisa bersihkan daging dengan air matang untuk menghilangkan rasa getir pada soda kue.

Selain bahan-bahan yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga bisa gunakan bahan lain seperti garam, teh, sari santan, jeruk nipis, dan lain-lain untuk membuat daging menjadi lebih empuk.

Baca Juga: ​Tips dan Cara Bikin Daging Sate Jadi Super Empuk

2. Memukul-mukul daging

description
Pixabay.com

Kamu pasti pernah melihat pengolah daging memukul-mukul dagingnya dengan alat khusus. Nah, cara tersebut juga terbukti dapat membuat daging menjadi lebih empuk, lho

Caranya, gunakan alat pemukul daging untuk memukul-mukul kedua sisi daging sebelum diolah. Pastikan untuk memukul daging tidak terlalu kencang agar sari daging tidak keluar. Gunakan alas talenan agar daging tidak bergeser ketika dipukul.

Selain menggunakan alat pukul daging, kamu juga bisa gunakan garpu. Caranya cukup dengan menusuk-nusuk daging menggunakan garpu. Kemudian bungkus daging dengan daun pepaya yang sudah diremas-remas. 

3. Merebus daging dengan api kecil

description
Unsplash.com/Frank Zhang

Cara untuk mengempukkan daging sapi dengan cepat tanpa presto adalah dengan merebusnya menggunakan api yang kecil cenderung sedang. Dengan api kecil, kamu bisa mematangkan daging secara merata. Rebus daging di api kecil-sedang selama 40 sampai 50 menit.

Merebus daging menggunakan api kecil cenderung sedang dapat membuat daging menjadi lembut dan membuat bumbu lebih meresap ke dalam. Berbeda dengan merebus daging di api besar yang justru membuat tekstur daging menjadi lebih keras.

4. Merebus daging dengan metode 5-30-7

description
Unsplash.com/Uwe Conrad

Cara agar daging sapi cepat empuk tanpa presto selanjutnya adalah dengan merebusnya menggunakan metode 5-30-7. Metode ini terbukti efektif untuk membuat daging menjadi lebih empuk. Selain itu, penggunaan gas untuk memasak pun menjadi lebih sedikit. Lumayan untuk menghemat pengeluaran, bukan?

Metode 5-30-7:

1. Rebus air di dalam panci hingga benar-benar mendidih. Kemudian, masukkan potongan daging ke dalam panci dan rebus selama 5 menit;

2. Setelah 5 menit, matikan api dan tutup panci rapat-rapat;

3. Diamkan selama 30 menit dan jangan buka-buka tutup panci selama proses tersebut;

4. Setelah 30 menit, nyalakan kembali api kompor dan lanjutkan merebus daging selama 7 menit;

5. Kamu bisa memeriksa tekstur daging setelah selesai merebus selama 7 menit.

Teknik ini memanfaatkan uap air yang dapat mematangkan daging selama proses penutupan panci. Oleh karena itu, ketika proses penutupan selama 30 menit, jangan membuka-tutup panci daging dan biarkan saja proses berjalan.

Itulah 4 tips dan cara agar daging sapi cepat empuk tanpa presto yang bisa kamu praktikkan di rumah. Lakukan cara yang paling mudah untuk dilakukan olehmu.

Setelah mengetahui cara mengempukkan daging tanpa presto, kamu tidak perlu lagi membeli makanan olahan daging dari luar dan justru bisa mengkreasikan makanan dagingmu sendiri di rumah.

Jika artikel ini menurutmu bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan artikel tersebut, ya! Temukan informasi dan tips menarik lainnya seputar masakan hanya di Yummy App.

Penulis: Deden Usman Hafidi

Baca Juga: 10 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas agar Awet dan Tidak Layu

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Mama Alfata

Mama Alfata

Baso Sapi

Baso Sapi

(4.9)

7 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di tips