Advertisement

Advertisement

Advertisement

6 Cara Mencairkan Daging Beku yang Mudah dan Aman

​Daging beku bukan lagi masalah!

6 Cara Mencairkan Daging Beku yang Mudah dan Aman

penulis:

tim yummy

Bagikan:

Membekukan makanan dapat membuat makanan lebih awet. Apalagi makanan yang berbahan dasar daging. Namun, terkadang daging yang sudah membeku malah menambah masalah baru.

Kamu pernah gak sih mengalami kesusahan ketika mengolah daging beku? Tak perlu khawatir, kamu hanya perlu mengikuti cara mencairkan daging beku ala Yummy App. 

Penasaran? Yuk, simak enam cara mencairkan daging beku yang mudah dan aman.

Advertisement

1. Lemari es

Cara paling aman yang bisa kamu coba untuk mencairkan daging beku adalah dengan menggunakan lemari es. Selama lemari es berfungsi dengan baik, suhunya pasti tidak akan melebihi 4 derajat celcius.

Kamu hanya perlu memasukkan daging ke dalam lemari es. Untuk daging beku berukuran 2,5 kilogram, biasanya dibutuhkan waktu 24 jam atau satu hari untuk membuatnya mencair. Namun, pastikan kamu menaruh daging beku jauh dari makanan lain untuk menjaga kualitas daging sekaligus mencegah tumbuhnya bakteri Salmonella.

Advertisement

2. Air dingin

Daging membeku dicairkan dalam air dingin, memangnya bisa? Bisa! Kamu hanya perlu mengisi mangkuk besar dengan air keran yang dingin. Daging beku yang masih terbungkus plastik bisa langsung kamu masukkan ke dalam air. Gunakan pemberat di atasnya agar seluruh permukaan daging terendam penuh. 

Cara mencairkan daging beku yang satu ini cocok kamu gunakan untuk daging tanpa tulang, dada ayam, daging giling, atau jenis daging tanpa tulang lainnya.

3. Suhu ruangan

Cara mencairkan daging beku berikutnya adalah dengan menyimpan daging dengan suhu ruangan. Suhu ruangan umumnya lebih tinggi dibandingkan suhu freezer. Kamu bisa menyimpan daging beku di atas meja dengan suhu ruangan dan pindahkan kembali daging ke lemari es ketika suhunya sudah mencapai 4 derajat celcius (40 derajat fahrenheit).

4. Pounding

Semakin tipis daging, semakin cepat juga daging mencair, kalau kamu memiliki daging giling yang membeku, kamu bisa menggunakan cara ini. Bagaimana cara kerjanya?

Keluarkan dulu daging giling dari kemasan, letakkan daging di antara dua lembar kertas perkamen atau kantong plastik. Jangan lupa untuk meletakkan daging di atas talenan atau meja.

Kamu bisa mulai menumbuk daging menjadi lebih tipis dengan rolling pin ataupun benda padat lainnya. Cara mencairkan daging beku ini bisa bekerja dengan baik kalau daging yang kamu punya sudah sedikit mencair.

5. Microwave

Cara mencairkan daging beku dengan cepat adalah dengan menggunakan microwave. Alat ini bisa mencairkan daging yang membeku dengan cepat tanpa khawatir akan merubah tekstur dagingnya. 

Namun, ada satu hal yang harus kamu perhatikan ketika menggunakan cara ini, yaitu kamu harus memotong daging dengan ukuran yang rata. Ketika kamu memotong daging dengan ukuran yang tidak rata dan dicairkan di dalam microwave, maka akan ada beberapa bagian daging yang nantinya akan matang lebih dulu.

6. Air panas

Menggunakan air panas untuk mencairkan daging mungkin udah nggak asing lagi. Namun, perlu diperhatikan, saat menggunakan air panas, daging ternyata ada di suhu zona bahaya. Artinya, daging tidak akan bertahan lama karena akan ada pertumbuhan bakteri berbahaya di dalamnya.

Maka dari itu, ketika kamu selesai merendam daging dengan air panas, kamu perlu merendamnya lagi di air dingin agar daging keluar dari suhu zona bahaya (140 derajat fahrenheit) untuk melindungi kualitasnya.

Nah, demikian enam cara mencairkan daging beku yang bisa kamu coba di rumah. Mudah, bukan? Selamat mencoba!

Penulis: Anna Novita Rachim

Baca Juga: 4 Tips agar Daging Sapi Cepat Empuk Tanpa Presto 

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

Riska Wijaya

Riska Wijaya

Gule Daging Sapi

Gule Daging Sapi

(5.0)

45 mnt

65

Artikel Lainnya di tips

Advertisement

Advertisement