Advertisement

Advertisement

Advertisement

​8 Cara Menjernihkan Minyak Jelantah, Mudah dan Cepat

​Cara mudah menghemat minyak di rumah

​8 Cara Menjernihkan Minyak Jelantah, Mudah dan Cepat

penulis:

tim yummy

Bagikan:

Setuju gak kalau minyak goreng adalah bahan dapur yang paling boros saat dipakai? Buat kamu yang selalu memasak setiap hari, kamu pasti familier dengan masalah ini.

Jangan khawatir, ternyata ada cara agar bisa menghemat pemakaian minyak goreng di rumah. Kamu tidak harus menggunakan minyak goreng baru setiap memasak. Kamu bisa hemat minyak goreng dengan cara menggunakan minyak jelantah atau minyak goreng yang sudah dipakai berkali-kali.

Minyak yang terlihat keruh ini bisa kamu ubah menjadi minyak yang bersih dan layak digunakan. Bagaimana cara menjernihkan minyak jelantah? Nah, kalau minyak yang kamu punya masih dalam batas wajar pemakaian, kamu bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Advertisement

1. Diendapkan

XkNXKbPenw0g4ZNs4bxFvFb01azluJpq

Remah-remah makanan sisa menggoreng pasti akan mencemari minyak goreng. Kamu mungkin pernah menyaringnya dengan saringan besi tapi hasilnya nggak maksimal, bukan? Minyak masih terlihat keruh dan bikin kamu berpikir dua kali untuk menggunakannya. 

Idealnya minyak jelantah masih bisa digunakan sebanyak 1-3 kali lagi. Bagaimana cara menjernihkan minyak jelantah? Cara pertama dan yang paling mudah adalah dengan mengendapkan minyak yang baru kamu gunakan selama beberapa jam.

Nantinya, sisa-sisa remah pada minyak akan mengendap ke dalam dasar wadah. Nah, kamu bisa dengan mudah mengambil minyak bening yang ada di atasnya.

Advertisement

2. Jangan simpan di tempat yang panas

Cara menjernihkan minyak jelantah selanjutnya adalah dengan menghindari tempat yang panas. Jauhkan minyak dari kompormu. Pasalnya, minyak yang terkena panas secara tidak langsung dapat mempengaruhi kualitas minyak, bahkan akan mempercepat minyak berbau tengik. Pasti gak mau kan minyak terbuang sia-sia? Kamu bisa menyimpan minyak yang sudah kamu pakai di tempat tertutup atau di rak yang jauh dari kompor.

3. Jangan terkena sinar

r1oF60FpieFBvXMikw2H6JASjObAeYuP

Minyak bisa pecah karena kamu menggunakan cara yang salah saat menyimpannya. Lalu, bagaimana cara yang benar? Agar minyak tetap dalam kondisi yang sempurna, jauhkan minyak dari ruangan yang lembab, cahaya, dan panas. Saat minyak disimpan di tengah cahaya, maka kemungkinan besar minyak tersebut sudah tidak bisa digunakan atau bahkan dijernihkan lagi.

Baca Juga: ​Cara Simpel Menggoreng Kacang Mete yang Renyah dan Gurih

4. Tepung Maizena

Tepung maizena juga bisa kamu gunakan untuk menyaring minyak jelantah. Caranya juga mudah banget. Kamu hanya perlu memanaskan campuran minyak dan tepung maizena dengan api kecil. Hati-hati, jangan sampai kedua bahan ini mendidih yah. 

Setelah itu, aduk terus maizena dengan spatula tahan panas. Campuran maizena ini nantinya akan mengeras dan menangkan semua remah makanan hingga minyak jelantah bersih.

5. Filter Kopi

Kalau kamu suka membuat kopi di rumah, kamu bisa menggunakan saringan kopi untuk menyaring minyak jelantah lho! Caranya, tunggu minyak hingga dingin terlebih dahulu, lalu kamu bisa saring remah makanan yang ada di minyak dengan penyaring kopi. Saringan kop memiliki jaring yang kecil, sehingga dapat menyaring remah terkecil sekali pun.

6. Lemon

Lemon adalh buah yang multifungsi, karena salah satu manfaatnya adalah dapat membersihkan minyak jelantah! Caranya mudah banget, kamu hanya perlu memanaskan minyak jelantah yang ada, potong kecil lemon, dan masukkan ke dalam minyak. Partikel hitam yang ada pada minyak nantinya akan menempel pada lemon. Setelah selesai, kamu bisa menyaring minyak kembali agar hasilnya lebih maksimal.

7. Nasi

Nasi bisa kamu gunakan untuk menjernihkan minyak jelantah. Bagaimana caranya? Pertama-tama, kamu bisa membuat bola nasi hingga padat, lalu masukkan bola nasi ke dalam minyak goreng bekas yang masih panas setelah digoreng. Tekan tekan bola nasi di dalam wajan agar semua remahan makanan di sana bisa menempel pada nasi.

8. Kentang

Bahan terakhir yang bisa kamu pakai untuk menjernihkan minyak adalah kentang. Caranya hampir sama dengan nasi. Kamu hanya perlu memasukkan kentang yang sudah dikupas ke dalam wajan. Tunggu hingga semua remah makanan menempel pada kentang.

Nah, itu lah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjernihkan minyak jelantah yang ada di rumah. Tapi, perlu kamu ingat nih, minyak yang sudah menghitam dan berbau tengik lebih baik dibuang yah karena minyak tersebut sudah tidak sehat dan tidak layak digunakan lagi. Semoga informasi ini bermanfaat, selamat mencoba!


Penulis: Anna Novita Rachim

Baca Juga: ​Rajin Minum Minyak Ikan, Apa Manfaatnya untuk Tubuh?

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

Nurwanida

Nurwanida

Minyak Ayam

Minyak Ayam

(5.0)

5 langkah

170

Artikel Lainnya di tips

Advertisement

Advertisement