Tutup

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Cara Menghilangkan Kutu Beras Secara Alami dengan Mudah dan Cepat

Bisa dengan daun pandan atau bawang putih

Kutu beras merupakan serangga berukuran kecil yang sering kali tinggal di beras. Keberadaannya membuat beras terlihat kurang bersih. Kutu beras muncul bukan tanpa sebab, ada beberapa faktor yang memicu kehadiran kutu pada beras seperti di bawah ini.

Jika stok beras kamu sudah terlanjur dihinggapi banyak kutu, tak perlu risau. Yummy App sudah merangkum cara menghilangkan kutu beras yang mudah dan cepat berikut ini.

1. Jemur di bawah sinar matahari

ilustrasi menjemur beras yang ada kutunya (pexels.com/phuongle)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kutu beras dapat muncul dan berkembang biak dalam tempat yang mempunyai kelembaban tinggi. Karena itu, cara menghilangkan kutu beras yang pertama dari Yummy App adalah dengan menjemur beras di bawah sinar matahari. 

Pasalnya, kutu beras tidak bersahabat dengan sinar matahari, sehingga akan memilih untuk pergi. 

Simpanlah beras pada wadah yang lebar, supaya beras tidak menumpuk. Tampah bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu gunakan sebagai wadah menjemur beras. Biarkan beras dijemur selama kurang lebih 15 sampai 30 menit, hingga seluruh kutunya pergi.

2. Daun pandan

ilustrasi daun pandan (pexels.com/andre)

Daun pandan wangi bisa menjadi cara menghilangkan kutu beras yang cukup efektif. Aroma daun pandan yang wangi tidak begitu disukai oleh serangga, termasuk kutu beras.

Taruhlah daun pandan sekitar 0,5 cm di dalam beras yang berkutu. Selain menghilangkan, daun pandan juga dapat mencegah munculnya kutu pada beras, sekaligus mencegah bau apak dan menjaga kualitas beras.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Pahit Pare, Antiribet!

3. Daun salam

ilustrasi daun salam (freepik.com)

Daun salam yang sering kali digunakan untuk memasak dikatakan memiliki kandungan pestisida nabati, yang berguna untuk mengontrol pertumbuhan kutu beras. Sama seperti pandan, daun salam mempunyai aroma wangi yang dihindari oleh serangga seperti kutu beras.

Kamu bisa menaruh beberapa lembar daun salam yang kering dan sudah dibersihkan ke dalam beras. Daun salam dipercaya mampu menghilangkan kutu beras dan mencegah agar tidak kembali berkembang biak.

4. Kayu manis

ilustrasi kayu manis (Pixabay.com/ulleo)

Kayu manis merupakan rempah yang dapat mengusir keberadaan kutu dari beras. Aroma kayu manis yang disukai oleh manusia, ternyata tidak disukai oleh serangga.

Kamu bisa memanfaatkan kelemahan serangga kutu beras, dengan menaruh kulit kayu manis di dalam beras sebagai cara menghilangkan kutu beras. Aroma beras akan jadi lebih harum dibandingkan saat masih ada kutu beras yang singgah.

Baca Juga: 15 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

5. Daun jeruk

ilustrasi daun jeruk purut (pexels.com/kaandurmuş)

Cara menghilangkan kutu beras lainnya yaitu dengan memanfaatkan daun jeruk purut. Biasanya, daun ini digunakan untuk menambah harum aroma masakan supaya terasa lebih nikmat.

Namun kali ini, daun jeruk digunakan untuk mengusir kutu yang membuat beras menjadi terlihat kotor. Kamu bisa memasukkan beberapa lembar daun salam ke dalam beras, supaya kutu beras perlahan akan pergi.

6. Bawang putih

ilustrasi bawang putih mentah (pixabay.com/congerdesign)

Penggunaan bawang putih memang dinilai bisa menghilangkan kutu beras. Aroma bawang putih yang menyengat sangat tidak disukai oleh kutu.

Hanya saja, jika kamu juga tidak menyukai aroma bawang putih jadi menyelimuti beras, tidak disarankan untuk menggunakan cara yang satu ini. Apabila kamu tidak mempunyai masalah dengan aroma bawang putih, taruh saja beberapa siung bawang putih yang sudah dikupas di dalam beras.

Baca Juga: 10 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah, Vitamin Otak hingga Antikanker!

7. Menggunakan larutan cuka

iStockphoto.com

Cara menghilangkan kutu beras yang selanjutnya adalah dengan menggunakan larutan cuka. Cuka dapat digunakan untuk membersihkan tempat penyimpanan beras. Larutan cuka dapat membunuh telur dan larva kutu.

Pastikan untuk mengeringkan tempat penyimpanan dengan baik setelah dibersihkan dengan cuka.

8. Menggunakan wadah penyimpanan yang tertutup rapat

ilustrasi wadah tertutup (pexels.com/ibrahimplasticindustry)

Menggunakan wadah penyimpanan yang tertutup rapat sangat penting untuk mencegah masuknya kutu beras. Pastikan untuk menggunakan wadah yang kedap udara untuk menjaga beras tetap segar dan bebas dari kutu.

9. Menyimpan beras di tempat yang kering dan sejuk

Kutu beras berkembang biak di tempat yang lembap. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyimpan beras di tempat yang kering dan sejuk. Hal ini akan mencegah pertumbuhan kutu dan menjaga kualitas beras.

10. Rutin memeriksa kondisi beras dan mengganti beras secara berkala.

ilustrasi beras (pixabay.com/whitekim)

Cara menghilangkan kutu beras yang terakhir adalah dengan rutin memeriksa kondisi beras dan menggantinya secara berkala. Jika Sobat Yummy melihat tanda-tanda adanya kutu beras, segera lakukan beberapa cara yang telah disebutkan sebelumnya agar kutu beras tidak menyebar lebih luas.

Selain memeriksa kondisi beras, pastikan juga untuk tidak menyimpan beras dalam waktu yang terlalu lama. Perlu Sobay Yummy ketahui juga, mengganti beras secara berkala secara berkala dapat membantu mencegah pertumbuhan kutu beras.

Itulah beberapa cara menghilangkan kutu beras yang bisa juga menjadi cara untuk mencegah munculnya kutu beras.

Dari beberapa cara menghilangkan kutu berasa tersebut, Sobat Yummy dapat mencoba beberapa diantaranya dan melihat haslinya pada beras di rumah Sobat Yummy. Selamat mencoba.

Baca Juga: ​10 Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Mulut, Dijamin Ampuh

Bagikan: