​Apa itu Beeswax? Ini Kegunaan dan Manfaatnya bagi Tubuh

​Satu keajaiban dari sarang lebah yang harus kamu tahu!

​Apa itu Beeswax? Ini Kegunaan dan Manfaatnya bagi Tubuh

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Beeswax adalah salah satu hasil olahan dari sarang lebah yang memiliki kekayaan sejarah dan manfaat yang sangat berlimpah. Jika dibandingkan dengan produk lebah lainnya, beeswax ternyata punya kegunaan yang lebih banyak.

Di masa lalu, beeswax digunakan sebagai bahan dasar pembuatan lilin karena beeswax memiliki titik leleh yang lebih tinggi dibanding lilin lainnya. Nah, karena titik leleh itulah yang membuat beeswax menjadi lebih tahan lama dan tetap tegak jika berada di cuaca panas. Bagaimana dengan sekarang? Apa saja yang bisa dibuat menggunakan beeswax?

Berikut Yummy App berikan ulasan lengkap seputar pengertian beeswax, manfaat, serta kegunaannya bagi tubuh. Simak sampai selesai, ya!

Apa itu beeswax?

Lebah yang berada di sarang lebah
Unsplash

Beeswax atau lilin lebah adalah sebuah produk yang dibuat oleh lebah pekerja dengan mengubah simpanan nektar dan madu menjadi satu senyawa. Lebah-lebah akan bekerja sama dan menggunakan tubuh kecil mereka untuk membuat sebuah produk. Para lebah biasanya akan menggunakan sebanyak 6 pon madu hanya untuk membuat satu pon lilin saja. 

Tau gak sih? Ternyata terdapat setidaknya 284 senyawa yang berbeda dalam satu beeswax. Di dalamnya terdapat berbagai senyawa, seperti long-chain alkanes, acids, polyesters, hydroxy esters, dan juga esters.

Nah, senyawa yang dibuat tadi dikeluarkan dari kelenjar khusus yang ada pada perut lebah. Nantinya, beeswax akan terbentuk sempurna ketika para lebah bersama-sama menaikkan suhu tubuh mereka. 

Manfaat beeswax untuk tubuh

Jari seseorang yang sedang memegang potongan beeswax
Flickr

Beeswax memiliki banyak manfaat untuk lebah madu dan juga sarangnya. Lilin lebah ini sangat berperan penting dalam fungsi dan kesehatan koloni lebah madu. Tapi tidak hanya untuk lebah madu saja. Beeswax juga bermanfaat bagi manusia, lho! 

Beeswax ternyata telah terbukti mengandung beberapa sifat therapeutic, yang mana memberikan efek penyembuhan. Meskipun bermanfaat, beeswax ini tidak disarankan untuk dikonsumsi seperti madu. Nah, kamu bisa memanfaatkan beeswax untuk beberapa kondisi, diantaranya:

  • Menyembuhkan memar
  • Mengurangi peradangan
  • Mengobati luka bakar

Para peneliti saat ini sedang mempelajari sifat anti mikroba yang ada pada beeswax. Beberapa penelitian juga telah memberikan hasil penelitian mereka bahwa beeswax dapat mengurangi efek samping dari salmonella dan infeksi bakteri staphylococcus

Kegunaan dari beeswax tidak berhenti sampai di situ. Ada beberapa kegunaan beeswax yang ternyata akrab banget dengan kehidupan kita sehari-hari. Apa saja kah itu? Yuk, kita lihat kegunaan lainnya di bawah ini!

Baca Juga: ​Cara Mudah Membedakan Madu Asli dan Palsu di Rumah

Kegunaan beeswax

Beeswax yang sudah diolah menjadi lilin
Unsplash

Lilin lebah atau beeswax punya banyak sekali kegunaan. Berkat aromanya yang unik dan menenangkan, beeswax dipilih sebagai bahan dasar yang populer untuk membuat barang-barang yang berguna untuk kita semua. Berikut beberapa produk yang terbuat dari beeswax.

1. Kosmetik 

Tau gak sih? Ternyata beeswax sering kali dijadikan komposisi dari kosmetik yang kita pakai sehari-hari, lho! Apa aja? Beeswax sering ditambahkan dalam beberapa produk berupa krim, lotion, sabun, hingga lipstik.

Ternyata beeswax dapat meningkatkan kelembutan dan menghidrasi kulit kita. Tak cuma itu, sifat antibiotik pada beeswax ini juga sangat aman digunakan untuk kulit sensitif dan bisa dijadikan sebagai alternatif perawatan alami kulit.

2. Penutup Makanan

Beeswax juga sering digunakan sebagai alternatif pelapis makanan atau yang biasa disebut juga sebagai beeswax cover. Nah, makanan yang biasanya memakai beeswax sebagai coating adalah permen, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji kopi. Beeswax cover juga ternyata reusable dan sudah banyak dijual di beberapa toko plastik.

3. Semir untuk Furniture

Kalau kamu lihat furnitur di rumah mulai berwarna kusam, saatnya kamu menggunakan beeswax untuk menyemir furniturmu. Bagaimana cara membuat semir sederhana ini? 

Cara buat semir furnitur dari beeswax ini mudah banget, lho. Kamu hanya perlu membagi satu bagian beeswax menjadi tiga. Tambahkan minyak zaitun ke setiap beeswax dan panaskan perlahan dengan ketel ganda hingga semua bahan meleleh. Tiriskan semir hingga dingin dan mengeras.

Gosokkan semir ke furnitur kayu menggunakan kain bersih. Setelah itu, gunakan kain lain untuk menghilangkan residu semir pada kayu hingga bersih. 

4. Semir Bahan Kulit

Beeswax juga sering digunakan dalam dunia furnitur sebagai semir. Tapi gak cuma untuk itu, beeswax juga bisa kamu gunakan menjadi semir apapun yang berbahan kulit. Beberapa senyawa yang ada pada beeswax ini dapat menjaga kualitas kulit agar tetap terlihat bersih dan indah. 

5. Lilin

Beeswax tentu bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah lilin. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, beeswax memiliki titik leleh yang lebih tinggi dibandingkan bahan lainnya. Tapi, bukan cuma itu alasan orang memilih beeswax sebagai bahan dasar lilin. Beeswax juga memiliki aroma alami yang akan menambah keunikan lilin saat dibakar. 

6. Pomade Rambut

Rambut susah diatur atau keriting? Coba deh untuk gosokkan beeswax dengan ujung jari kamu dan ratakan di setiap helaian rambut. Tenang saja, beeswax gak akan bikin rambut kamu jadi berminyak kok.

7. Melancarkan Resleting yang Macet

Pernah mengalami resleting yang tiba-tiba macet? Kamu bisa menggunakan beeswax ini untuk mengatasinya. Kamu hanya perlu menggosokkan potongan kecil beeswax ke gerigi sleting hingga resleting bisa berjalan lancar.

8. Olesan Baking Pan

Kalau untuk masak memasak, beeswax bisa kamu gunakan sebagai lapisan baking pan. Cukup gunakan kain bersih ketika mengoles beeswax pada baking pan dan kamu bisa masak dengan alat ini seperti biasa.

Nah, beeswax pada baking pan ini akan memberikan efek lapisan lilin permanen dan kamu tidak perlu mengolesi minyak pada baking pan saat hendak digunakan.

9. Sepatu Waterproof

Kalau kamu pengguna sepatu berbahan kanvas, pasti kamu kerepotan ketika musim hujan datang. Namun, kalau kamu punya beeswax di rumah, hal ini bukan masalah lagi. Beeswax bisa kamu gunakan untuk memberikan efek waterproof pada sepatumu, lho! Bagaimana caranya?

Pertama-tama, bersihkan dahulu sepatu kanvasmu. Selanjutnya, kamu hanya perlu menggosok beeswax pada sepatu kanvas dan keringkan dengan hairdryer untuk melelehkannya. Gosok sisa beeswax yang masih menempel dengan handuk dan sepatumu siap menghadang musim hujan tahun ini!

10. Membuat Krayon

Buat kamu yang punya balita di rumah, cara menggunakan beeswax ini bisa kamu tiru! Pasalnya, Beeswax bisa digunakan untuk membuat krayon! Gak percaya? Coba cara ini!

Campurkan beeswax dan serutan sabun dengan perbandingan 1:1, setelah itu lelehkan di dalam panci ganda. Setelah semua bahan meleleh, tuang cairan ke dalam cetakan dan tambahkan beberapa tetes pewarna makanan sesuai selera. Aduk semua bahan hingga warna menyatu sempurna. Biarkan cairan mengeras hingga membentuk krayon!

Itulah dia informasi menarik tentang beeswax yang harus kamu tahu! Ternyata beeswax sangat bermanfaat bukan? Bahkan, manfaatnya juga tanpa kita sadari sudah kita rasakan sehari-hari! Nah, kira-kira DIY beeswax mana nih yang mau kamu coba minggu ini?

Baca Juga: 9 Manisan Khas India yang Populer di Dunia dan Cara Membuatnya

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Astri Anjarwati

Astri Anjarwati

Donat Madu

Donat Madu

(5.0)

6 langkah

256

Artikel Lainnya di tips