Advertisement

Advertisement

Advertisement

​Apa Itu Shoyu? Pengertian dan Rekomendasi Shoyu Halal

Temukan info mengenai pengertian shoyu hingga rekomendasinya

​Apa Itu Shoyu? Pengertian dan Rekomendasi Shoyu Halal

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Siapa, nih, di antara Sobat Yummy yang suka makan makanan Jepang? Pasti sudah tidak asing lagi, dong, dengan bumbu tambahan satu ini dengan cinta rasa asin menggoyang lidah.

Faktanya, shoyu menjadi pendamping wajib untuk berbagai macam makanan khas Jepang, seperti sushi dan sashimi. Jadi, sebetulnya apa itu shoyu? Mari kita bahas lebih lanjut dan berikut Yummy App berikan rekomendasi shoyu yang halal!

Baca Juga: Kecap Inggris: Pengertian, Kegunaan, dan Rekomendasinya

Advertisement

Pengertian Shoyu

shoyu beserta makanan khas Jepang
ilustrasi shoyu beserta makanan khas Jepang (pixabay.com/Olga1205)

Shoyu merupakan bahan pendamping yang biasanya disajikan bersama makanan mentah, seperti sashimi, untuk membantu meningkatkan cita rasanya. Dibandingkan dengan kecap asin, shoyu mempunyai rasa yang lebih ringan dan konsistensinya sedikit lebih cair. 

Meski populer akan kaitannya dengan negara Jepang, aslinya shoyu berasal dari China dan baru masuk ke Jepang pada abad 7 serta mulai diproduksi secara massal sejak abad 16.

Secara umum, shoyu dibuat menggunakan gandum, kedelai yang difermentasikan, beserta garam sebagai bahan utamanya. Karena proses fermentasi, banyak shoyu yang akhirnya mengandung alkohol atau ada juga yang memang sengaja ditambahkan agar dapat mencegah jamur.

Tapi tenang saja, ada banyak merek shoyu yang halal. Yuk, simak beberapa rekomendasi shoyu halal versi Yummy App.

Advertisement

7 Rekomendasi Shoyu Halal

1. Kikkoman Soy Sauce

rekomendasi shoyu halal Kikkoman Soy Sauce Shoyu
ilustrasi Kikkoman Soy Sauce Shoyu (blibli.com)

Untuk merek yang pertama ini, Kikkoman Soy Sauce Shoyu menggunakan resep warisan dari alam laut dengan cita rasa yang kaya. Lebih dari itu, ada kesegaran tersendiri yang dimiliki oleh shoyu ini.

Sifatnya yang kaya akan umami dan rasanya yang kompleks akan menyempurnakan hidangan apa pun, baik dalam masakan maupun sebagai bumbu.

2. Marujyu

rekomendasi shoyu halal Marujyu Soy Sauce
ilustrasi Marujyu Soy Sauce (national-azabu.net)

Marujyu Halal Soy Sauce memiliki warna, rasa, dan aroma yang seimbang. Proses pembuatannya tradisional, memberikan kecap ini kekayaan rasa yang unik.

Kecap Marujyu diseduh secara alami dan berumur panjang untuk mendapatkan cita rasa penuh dari air. Dengan tambahan kedelai non-GM, gandum, dan garam, mengintensifkan rasa dan aroma alami. Rasanya lebih ringan, sangat pas untuk dimakan dengan sashimi atau daging ikan putih lembut.

3. Ebara Niboshi Shoyu Ramen Soup Base

rekomendasi shoyu halal Ebara Niboshi Shoyu Ramen Soup Base
ilustrasi Ebara Niboshi Shoyu Ramen Soup Base (en.ebarafoods.com)

Shoyu yang sering ditambahkan pada sup ramen ini berbahan dasar kecap asin khas Jepang. Ebara Niboshi Shoyu Ramen Soup Base dibuat dengan ikan sarden kecil kering (Niboshi), ikan bonito, serta rumput laut untuk menghasilkan rasa yang kaya dan lembut. Rasanya yang khas dari kecap kedelai Jepang, membuat sup jadi lebih gurih dan enak.

4. Yamasha Shoyu Soy Sauce

rekomendasi shoyu halal Yamasha Shoyu Soy Sauce
ilustrasi shoyu halal Yamasha Shoyu Soy Sauce (shopee.co.id)

Yamasa Shoyu Soy Sauce dari Jepang terkenal enak untuk makan sushi. Rasanya unik, campuran gurih dan asin, buat makanan Jepang makin nikmat. Cocok buat yang suka kuliner Jepang, nih!

Baca Juga: 10 Jenis Sushi Paling Populer yang Patut Dicoba

5. Fukumurasaki

rekomendasi shoyu halal Fukumurasaki
ilustrasi shoyu halal Fukumurasaki (shopee.co.id)

Shoyu halal lainnya adalah Fukumurasaki. Meskipun terbuat dari ikan, tapi shoyu ini justru tidak ada bau ikan. Rasanya ringan dan enak di lidah. Pastinya, tanpa alkohol dan telah memiliki sertifikat halal.

6. Otafuku shoyu

rekomendasi shoyu halal Otafuku shoyu
ilustrasi shoyu halal Otafuku shoyu (tokopedia.com)

Shoyu ini menggunakan kecap kedelai Jepang otentik, memberikan kekayaan rasa dan sentuhan manis yang pas untuk masyarakat Indonesia. Cocok untuk berbagai hidangan seperti sushi, sashimi, dan nimono (hidangan direbus).

7. Fundokin

rekomendasi shoyu halal Fundokin
ilustrasi shoyu halal Fundokin (online.citysuper.com.hk)

Rekomendasi shoyu halal terakhir yaitu Fundokin Shoyu. Shoyu ini sangat pas untuk menemani sashimi dan sushi. Bumbu ini akan menambahkan sentuhan segar dan manis pada hidangan lezat.

Baca Juga: 6 Merk Kecap Ikan Terbaik 2023 dan Nutrisinya

Shoyu adalah kecap khas Jepang yang dapat memberi kenikmatan pada makanan. Meski umumnya mengandung alkohol karena proses fermentasinya, tapi kamu bisa mendapatkan shoyu halal seperti beberapa rekomendasi di atas.

Jika kamu ingin menemukan resep, nutrisi, maupun rekomendasi kuliner lainnya. Kamu bisa download Yummy App! Karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang harus kalian ketahui.

Topik

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

Galia Salfitri

Galia Salfitri

Hot Ramen Beef

Hot Ramen Beef

(5.0)

8 langkah

1.1 rb

Artikel Lainnya di tips

Advertisement