10 Bahan Pengawet Makanan yang Aman dan Baik Dikonsumsi

​Sudahkah pengawet makananmu aman untuk dikonsumsi?

10 Bahan Pengawet Makanan yang Aman dan Baik Dikonsumsi

penulis:

Zulfatul Jannah

Bagikan:

Pengawet makanan merupakan zat aditif yang digunakan agar makanan yang dikonsumsi bisa bertahan lebih lama. Jenisnya pun ada yang buatan dan alami. Di dalamnya itu terdapat pengawet yang aman dan berbahaya jika terkonsumsi. 

Di dalam memilih pengawet makanan tentunya kita harus memperhatikan tentang baik dan buruknya zat tersebut, tertuma bagi kamu yang memiliki buah hati.Tentunya kita ingin memastikan makanan yang dikonsumsi oleh keluarga itu aman dan baik untuk kesehatan. Berikut merupakan contoh dari pengawet makanan yang aman dikonsumsi:

Bahan Pengawet yang Aman

Ilustrasi gula
Ilustrasi bahan pengawet (freepik.com/ugryumov)

1. Asam Sorbat

Asam sorbat adalah salah satu pengawet makanan yang aman untuk makanan. Pengawet makanan ini dapat menghambat pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan penyakit. Biasanya, pengawet makanan ini digunakan untuk mengawetkan daging, makanan kaleng, kerang, keju anggur merah dan pastry. Asam sorbat memang menjadi pilihan dalam mengawetkan makanan agar tetap aman dikonsumsi.

2. Asam benzoat

Bahan pengawet satu ini memang yang paling sering digunakan masyarakat untuk mengawetkan makanan. Asam benzoat berfungsi dalam menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur pada makanan. Bahan pengawet ini memang terkenal dalam mencegah perubahan warna, rasa, PH dan tekstur pada makanan. Biasanya bahan ini digunakan dalam mengawetkan makanan ringan seperti, salad, acar, saus, bumbu, dan jus buah.

3. Nitrat dan nitrit

Nitrat dan nitrit adalah salah satu senyawa kimia yang biasanya digunakan untuk mengawetkan makanan. Biasanya, kamu akan menemukan pengawet  ini pada olahan ham, sosis, dan bacon. Nitrat dan nitrit juga terdapat pada beberapa sayuran seperti pakcoy, wortel dan selada. Tak hanya mencegah tumbuhnya mikroorganisme yang menyebabkan pembusukan, tapi mereka juga dapat menambahkan rasa asin pada daging. 

4. Sulfit

Bahan pengawet inilah yang biasanya digunakan untuk makanan kering. Sulfit atau sulfur dioxida adalah pengawet yang berperan dalam mencegah makanan berubah menjadi kecoklatan yang biasanya terjadi pada pembusukan. Kandungan ini sendiri biasanya digunakan pada makanan kering, buah kering, jus buah dan sosis.

5. EDTA

EDTA adalah bahan kimia yang dapat mencegah oksidasi pada makanan, sehingga dapat mecegah perubahan warna, bau dan PH pada makanan. Biasanya, EDTA digunakan pada makanan dalam bentuk kaleng, mayones, dan minuman bersoda.

6. Cuka

Cuka merupakan hasil dari proses fermentasi campuran air dan gula. Hasil dari proses fermentasi itu mendapatkan cuka yang bermanfaat dalam membasmi organisme atau meikroba yang menyebabkan pembusukan. Tentunya penggunaanya disesuaikan dengan makanan yang diawetkan. Biasanya, cuka digunakan dalam jelly, kimchi, dan acar.

7. Garam

Garam adalah salah satu pengawet yang sangat mudah kita temukan di dapur. Garam ternyata mengandung natrium klorida yang dapat menurunkan kadar air pada makanan, sehingga dapat mencegah pembusukan. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat ikan asin, telur asin ataupun acar. 

8. Minyak

Kalian suka mengawetkan makanan dengan digoreng?

Minyak menjadi salah satu bahan yang biasanya digunakan untuk mengawetkan makanan. Biasanya, pada makanan-makanan basah akan lebih bisa bertahan lama jika digoreng kering menggunakan minyak. Minyak sendiri berperan dalam menghambat oksidasi yang dapat menyebabkan pembusukan.

9. Gula

Selai adalah salah satu makanan yang berhasil diawetkan oleh Gula. Hal ini tentunya dikarenakan gula dapat menyerap kelebihan air yang ada dalam makanan. Kelebihan air yang ada dalam makanan dapat menumbuhkan mikroorganisme yang dapat menyebabkan pembusukan. Nah, itulah yang menyebabkan pengawetan menggunakan gula dapat mencegah timbulnya jamur. 

10. Air Lemon

Air lemon ternyata bisa digunakan untuk mengawetkan makanan, lho. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi pada buah kuning ini. Keasaman inilah yang berperan dalam mencegah tumbuhnya mikroorganisme dalam makanan. Kamu bisa menggunakan air lemon untuk marinasi daging sehingga daging menjadi lebih awet dan empuk.

Nah, itulah beberapa bahan pengawet yang aman dikonsumsi. Kamu jadi tidak perlu khawatir lagi untuk mengawetkan makanan yang akan dikonsumsi oleh keluarga tersayang. Kamu juga bisa mendapatkan resep untuk mengawetkan makanan di Yummy App!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Erna

Erna

Manisan Mangga Setengah Kering

Manisan Mangga Setengah Kering

(5.0)

30 mnt

72

Artikel Lainnya di tips