Boiling adalah Teknik Memasak Basah, Pahami Cara dan Tipsnya!

Agar makin paham, simak rangkuman teknik boiling ini!

Boiling adalah Teknik Memasak Basah, Pahami Cara dan Tipsnya!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Di dunia dapur, terdapat beberapa teknik memasak, salah satunya yakni boiling. Jika kamu hobi memasak, pasti kamu tidak asing dengan teknik boiling. Istilah dalam bahasa Indonesia boiling merujuk pada kata mendidih.

Teknik memasak satu ini pun terbilang lebih sehat. Jika Sobat Yummy ingin tahu lebih, Yummy App kali ini telah merangkum apa itu boiling hingga step by step cara melakukan boiling dengan benar agar kamu lebih paham menggunakan teknik memasak ini!

Apa Itu Boiling?

Boiling adalah teknik memasak basah, yakni dengan cara merebus bahan makanan pada air yang mendidih. Secara umum, liquid yang digunakan pada teknik ini tidak hanya dilakukan dengan air saja. Tetapi bisa pada produk cairan lainnya seperti kaldu, susu, hingga santan.

Boiling dapat dikatakan teknik memasak paling mudah. Hal ini karena hanya merendam bahan makanan pada air yang mendidih (sekitar suhu 100 derajat Celsius) hingga matang, kemudian makanan dapat disajikan.

Cara Memasak dengan Teknik Boiling yang Benar

cara melakukan teknik memasak boiling
ilustrasi cara melakukan proses boiling (unsplash.com/uwe conrad)

Teknik boiling dapat digunakan untuk memasak beberapa bahan makanan seperti umbi-umbian, sayuran, daging, seafood, telur, hingga pasta. Jika Sobat Yummy ingin mempraktikkan teknik boiling untuk merebus bahan makanan, kamu perlu perhatikan step by step dibawah ini, agar teknik yang digunakan tepat dan benar. Let’s check it out!

  1. Gunakan wadah untuk merebus dengan permukaan yang cekung, seperti panci, agar bahan makanan yang akan di boiling dapat terendam air dengan baik.
  2. Takaran liquid untuk boiling harus sampai merendam bahan makanan sepenuhnya. Liquid yang bisa digunakan seperti air, susu, ataupun santan sesuaikan kebutuhan.
  3. Jangan terburu-buru untuk memasukkan bahan makanan ke dalam liquid. Tunggu mendidih terlebih dahulu pada suhu sekitar 100 derajat Celsius, atau hingga terlihat gelembung-gelembung yang muncul dipermukaan. Kemudian kamu bisa memasukkan bahan makanan yang akan direbus.
  4. Setiap bahan makanan yang direbus memiliki waktu matangnya masing-masing. Jadi Sobat Yummy harus paham waktu matang dari bahan makanan yang direbus. Bahan makanan yang umum direbus seperti telur, membutuhkan waktu 10-15 menit untuk matang.
  5. Jika bahan makanan yang direbus sudah matang, matikan kompor. Kemudian makanan siap untuk disajikan.

Baca Juga: Cara Tepat Menggunakan Minyak Zaitun untuk Memasak

Tips Memasak dengan Teknik Boiling

teknik memasak boiling
ilustrasi tips melakukan teknik boiling (pixabay.com/kaboompics)

1. Tutup panci saat melakukan teknik boiling

Menutup panci saat merebus bertujuan untuk memerangkap uap panas didalamnya. Tidak membiarkan uap panas keluar sangat penting dalam proses memasak ini. Dengan begitu dapat mempercepat proses boiling dan bahan makanan cepat matang.

2. Lakukan boiling pada bahan makanan berwarna netral terlebih dahulu

Ada yang perlu diperhatikan jika Sobat Yummy berencana untuk memasak dengan teknik boiling pada beberapa bahan makanan dalam waktu yang bersamaan. Usahakan rebus bahan makanan yang berwarna netral terlebih dahulu, agar tidak merubah warna dari air rebusan. Kemudian kamu bisa merebus bahan makanan yang berwarna lebih gelap.

3. Jangan terlalu lama melakukan boiling pada sayur

Jika bahan makanan yang akan direbus yakni jenis sayuran, sebaiknya jangan terlalu lama. Sayuran yang terlalu matang menyebabkan hilangnya gizi yang terkandung di dalamnya.

Sobat Yummy harus tahu, jenis sayuran berdaun seperti sawi, bayam, dan kangkung, durasi ideal dalam merebusnya cukup 2-3 menit. Jika sayuran dari jenis umbi seperti labu, ubi, dan kentang, umumnya membutuhkan durasi merebus 12-15 menit.

4. Tambahkan sejumput garam

Selain menambah rasa pada bahan makanan, sejumput garam yang ditambahkan saat merebus akan membantu air cepat memanas. Hal ini akan membuat bahan makanan akan lebih cepat matang. Garam juga mampu meminimalkan proses larutnya gizi dari bahan makanan pada air.

5. Rendam dengan air dingin setelah proses boiling

Setelah proses boiling dilakukan, sangat dianjurkan untuk merendam bahan makanan ke dalam air dingin. Sobat Yummy cukup merendamnya sekitar 2 menit.

Hal ini bertujuan untuk menghentikan proses memasak pada bahan makanan akibat suhu panas yang masih melekat setelah pengangkatan. Selain itu, air dingin juga menjaga tekstur, warna, hingga keutuhan gizi dari bahan makanan yang direbus.

Nah, sekarang Sobat Yummy sudah tahu, mengenai definisi dari teknik boiling hingga step by step, dan tips yang benar saat melakukannya. Kamu bisa langsung ke dapur untuk mempratikannya!

Baca Juga: Ketahui Apa Itu Air Fryer, Memasak Tak Perlu Lagi Minyak!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Heny Rosita

Heny Rosita

Kerang Dara Rebus Jahe

Kerang Dara Rebus Jahe

(5.0)

6 langkah

685

Artikel Lainnya di tips