10 Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas, Wajib Tahu

Tidak semua buah boleh masuk kulkas!

10 Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas, Wajib Tahu

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Seperti yang Sobat Yummy ketahui, bahwa buah merupakan sumber vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dalam pemenuhan gizi baik. Jenis buah-buahan tropis pun menjadi sumber vitamin bagi masyarakat Indonesia, seperti tomat, pisang, alpukat, jeruk, nanas, belimbing, dan lainnya. Di mana vitamin A didapat dari tomat, vitamin B dari alpukat, vitamin C dari buah jeruk dan lemon, dan lain sebagainya.

Jika kamu beli buah, makan perlu diperhatikan cara penyimpanannya agar vitamin dan manfaat yang terkandung dalam buah dapat konsisten bertahan. Kemudian, saat buah dikonsumsi, kamu akan mendapat vitaminnya secara utuh.

Nah, kamu pasti suka menyimpan buah di kulkas, kan? Sayangnya, tidak semua boleh masuk kulkas, Sobat Yummy. Karenanya, perlu kamu perhatikan mana buah yang bisa disimpan di dalam kulkas dan mana yang tidak. Berikut penjelasannya.

1. Pepaya

Buah yang tidak bisa masuk kulkas
buah pepaya (pexels.com/Jess Loiterton)

Jika Sobat Yummy menyimpan pepaya ke dalam kulkas, maka buah akan lebih cepat kering dan mengeras, terutama pada pepaya muda yang telah dikupas. Tekstur dan rasa pastinya akan ikut berubah. Karenanya, kamu bisa menggunakan wadah tertutup atau plastik untuk menyimpan buah pepaya ini di waktu yang lama.

2. Tomat

Buah yang tidak bisa masuk kulkas
buah tomat (pexels.com/Dmitry Demidov)

Mengutip Martha Stewart pada laman webnya, tomat dilarang disimpan di dalam kulkas karena terdapat kandungan enzim yang dapat bereaksi dengan suhu dingin, hingga merusak membran sel. Kulitnya akan mengerut, mudah menyerap aroma dari makanan lainnya, serta vitaminnya akan berkurang. Guna mempertahankan kualitas buah tomat, kamu bisa simpan buah tersebut di dalam plastik dan wadah tertutup atau taruh di suhu ruang.

3. Alpukat

Buah yang tidak bisa masuk kulkas
buah alpukat (pexels.com/Lisa Fotios)

Khususnya untuk alpukat muda, tidak disarankan buah disimpan di dalam kulkas. Hal ini karena akan menghambat proses pematangan. Sedangkan, jika buah ditaruh di suhu ruang, maka justru akan mempercepat proses pematangan. Jadi, penempatan ruang simpan akan memengaruhi percepatan proses pematangan buah juga kondisi buah saat itu. 

Baca Juga: 10 Buah Pelancar BAB Bayi yang Bantu Atasi Sembelit

4. Mangga

Buah yang tidak boleh masuk kulkas
buah mangga (pexels.com/Riski Risnandar)

Sama seperti alpukat, terkhusus untuk mangga yang belum matang, lebih baik disimpan di suhu ruang terlebih dahulu. Hal ini berkaitan dengan percepatan kematangan buah tersebut. Jika buah sudah matang, maka disarankan untuk disimpan di dalam kulkas untuk memperlambat kematangan buah tersebut. 

5. Semangka

Buah yang tidak bisa masuk kulkas
buah semangka (pexels.com/Lisa Fotios)

Jika kamu membeli buah semangka yang utuh, maka lebih baik disimpan di ruang terbuka dahulu dengan suhu ruang. Namun, ketika buah semangka tersebut telah dikupas dan dipotong-potong justru disarankan untuk menyimpannya di dalam kulkas.

Hal ini difokuskan pada kesegaran buah dan rasa yang akan terjaga. Jangan lupa Sobat Yummy masukkan ke dalam plastik atau food wrap terlebih dahulu, ya!

6. Nanas

Buah yang tidak boleh masuk kulkas
buah nanas (pexels.com/Jessica Lewis Creativ

Nanas yang telah terpotong dan terkupas memang harus dimasukkan ke dalam kulkas. Dikarenakan proses oksidasi yang terjadi pada nanas akan membuat warna daging buah menjadi kecokelatan.

Akan tetapi, kamu tidak boleh memperlakukan hal tersebut pada buah nanas utuh. Buah nanas utuh tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas karena akan mengurangi kualitas rasa manisnya.

Baca Juga: 9 Manfaat Ikan Gindara yang Kaya akan Omega-3

7. Melon

Buah yang tidak boleh masuk kulkas
buah melon (pexels.com/Susanne Jutzeler)

Menyimpan buah melon ke dalam kulkas akan menghilangkan zat antioksidan yang terkandung, beserta vitamin-vitamin di dalamnya. Pada suhu ruang, kandungan zat di dalamnya akan menjadi lebih utuh. Akan tetapi, jika telah dipotong, maka simpanlah di dalam kulkas. 

8. Pisang

Buah yang tidak boleh masuk kulkas
buah pisang (pexels.com/Couleur)

Buah pisang yang telah matang, tidak disarankan disimpan di dalam kulkas. Suhu di dalam kulkas akan membuat kulit pisang menjadi kecokelatan karena suhu dingin dalam kulkas dapat mempercepat reaksi pada enzim yang terkandung.

Selain itu, daging buah pisang akan menjadi terlalu lembek. Pisang yang belum matang dapat dimasukkan ke dalam kulkas agar daya simpan lebih lama. Sedangkan pisang yang sudah matang, disarankan untuk disimpan pada suhu ruangan.

9. Anggur

Buah yang tidak boleh masuk kulkas
buah anggur (pexels.com/Kai-Chieh Chan)

Anggur tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas secara sembarangan, lho, Sobat Yummy! Pada dasarnya, jika salah caranya, anggur justru akan cepat membusuk dan kulit keriput. Jadi, jika kamu mau menyimpannya di kulkas, pastikan anggur dalam keadaan kering.

Nah, pisahkan anggur yang sudah busuk, karena akan memancing buah anggur pada tangkai tersebut cepat membusuk. Maka, simpanlah di wadah yang tertutup.

10. Kiwi

Buah yang tidak bisa masuk kulkas
buah kiwi (pexels.com/Photomix Company

Hampir mirip seperti pisang, buah kiwi disarankan untuk tidak masuk kulkas karena akan menyebabkan buah menjadi kering, berkurang cita rasanya, dan tekstur menjadi lebih keras.

Namun, apabila kiwi tersebut sudah matang, maka lebih baik ditaruh kulkas serta segera dimakan. Apabila kiwi dimasukkan ke dalam kantong yang sama dengan pisang, maka akan jadi lebih cepat matang.

Dari kesepuluh jenis buah di atas yang tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas, buah mana yang Sobat Yummy masih suka salah dalam menyimpan? Terapkan saran-saran tersebut untuk bisa mendapatkan kualitas maksimal dari buah yang kamu beli dan simpan di rumah.

Baca Juga: ​12 Buah yang Cocok untuk Salad Buah, Dijamin Lebih Segar dan Sehat!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ummu Alfard

Ummu Alfard

Tumis Brokoli Wortel #YummyXtraPointsMei

Tumis Brokoli Wortel #YummyXtraPointsMei

(5.0)

15 mnt

349

Artikel Lainnya di tips