Dijamin Matang Merata, Ikuti 5 Cara Agar Pisang Cepat Matang Ini!

Punya pisang mentah? Ikuti tips berikut, tanpa ribet, lho!

Dijamin Matang Merata, Ikuti 5 Cara Agar Pisang Cepat Matang Ini!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Buah berkulit kuning yang tinggi serat dan vitamin seperti pisang, menjadi buah terfavorit masyarakat. Pasalnya buah ini harus ada di setiap acara-acara, baik formal maupun non formal.

Selain pisang matang, petani terkadang juga memanen pisang yang belum matang atau masih hijau dan cukup keras. Maka dari itu, untuk mematangkannya, Sobat Yummy perlu perhatikan cara agar pisang cepat matang dari Yummy App kali ini. Let's get to the list!

1. Gunakan paper bag

Pisang merupakan buah klimaterik, yang mana jenis buah tersebut dapat memproduksi gas etilen yang bertanggung jawab atas proses kematangan. Maka cara yang tepat untuk mematangkannya, yakni memerangkap gas tersebut agar tetap mengelilingi pisang.

Sobat Yummy bisa memasukkan pisang ke dalam paper bag, kemudian tutup bagian atas paper bag. Hal ini berguna untuk menyegel gas etilen yang dihasilkan pisang agar tetap berada di sekeliling pisang. Metode ini membutuhkan waktu 1–2 hari untuk buah matang merata.

2. Bungkus dengan aluminium foil

aluminium foil
ilustrasi aluminium foil untuk membungkus pisang (pinterest.com/treehugger.com)

Dalam misi untuk memerangkap gas etilen yang dihasilkan pisang, selain paper bag kamu bisa menggunakan aluminium foil, atau apapun yang dapat membungkus pisang. Dengan begitu gas etilen akan terperangkap dan tidak terbuang ke udara secara percuma.

Baca Juga: Buah Klimaterik vs Buah Non Klimaterik

3. Simpan bersamaan dengan mangga atau pepaya yang telah matang

Cara agar pisang cepat matang selanjutnya, yakni simpan buah bersebelahan dengan mangga atau pepaya matang. Bukan tanpa alasan, hal ini karena mangga atau pepaya sama-sama buah klimaterik.

Meskipun pisang merupakan buah klimaterik yang mampu dengan sendirinya menghasilkan gas etilen, tapi jika di dekatkan dengan buah klimaterik lain, gas etilen akan cepat menumpuk dan mengelilingi buah agar cepat matang.

4. Panggang pisang pada microwave

cara mematangkan pisang
ilustrasi memanggang pisang di microwave (unsplash.com/chanheelee)

Iyup! Kamu tidak salah baca. Cara agar pisang cepat matang yang bisa kamu coba, yakni memanggangnya pada microwave. Metode ini awalnya percobaan ekperimental. Salah satu penyebab cepat matangnya buah salah satunya dari lonjakan laju respirasi buah.

Kondisi ini dapat tercapai saat buah berada pada suhu yang lebih hangat. Buah yang diletakkan pada suhu hangat pula cenderung memiliki tingkat kematangan yang lebih sempurna, dibandingkan pada suhu dingin.

Maka untuk metode ini, Sobat Yummy bisa memasukkan pisang dalam microwave, lalu panggang dengan suhu 77 derajat Celsius hingga 150 derajat Celsius. Awasi setiap 10 menit, perubahan pisang. Biasanya cara ini membutuhkan waktu hanya 30–40 menit.

5. Letakkan pada tempat hangat

Atau jika Sobat Yummy ragu dengan metode memanggang di atas, kamu bisa coba cara ini. Masih dengan tujuan meningkatkan laju respirasi buah agar cepat matang, coba letakkan pisang pada tempat-tempat yang memiliki suhu yang lebih hangat. Misalnya, di belakang lemari es ataupun di samping oven.

Jika kamu punya pisang yang masih mentah di rumah, cus praktikan 5 cara di atas. Tapi ingat! Begitu pisang sudah mencapai kematangan, letakkan buah di suhu ruang kembali agar tidak cepat busuk. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Membuat Roti Pisang Goreng dan Bolu Kukus Pisang, Dijamin Lezat! 

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

usiiyanii

usiiyanii

Pom Pom Banana

Pom Pom Banana

(1.0)

15 mnt

143

Artikel Lainnya di tips