​Cara Ampuh Membersihkan Wajan Gosong, Tampak Seperti Baru!

Ada 5 metode andalan, semuanya gampang

​Cara Ampuh Membersihkan Wajan Gosong, Tampak Seperti Baru!

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Wajan yang dipakai memasak setiap hari pasti akan kotor dan usang. Terutama jika ada noda gosong yang tidak dibersihkan dengan benar, kemungkinan itu akan sulit hilang.

Cara membersihkan wajan gosong memang tidak cukup dengan sabun cuci piring. Sebab, bercak hangus adalah noda membandel yang memerlukan metode pembersihan khusus. 

Nah, di sini kita akan melihat apa saja teknik membersihkan wajan gosong yang telah teruji ampuh. Simak selengkapnya, ya!

1. Menggunakan kombinasi cuka dan soda kue

ilustrasi cuka dan baking soda
ilustrasi cuka dan baking soda (freepik.com/Freepik)

Metode pertama untuk menghilangkan noda hangus pada wajan adalah dengan menggunakan cuka dan soda kue. Keefektifan cara ini berasal dari kombinasi abrasif dan reaksi kimia saat cuka bercampur soda kue yang bersifat basa. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masukkan segelas air bersih dan segelas cuka ke dalam wajan, didihkan. Perebusan ini bertujuan untuk melonggarkan makanan yang gosong yang terjebak di wajan.
  • Matikan api setelah mendidih, tambahkan 2 sendok makan (sdm) soda kue dan biarkan 10 menit.
  • Buang cairan dan sikat wajan menggunakan penggosok non-logam. 
  • Jika masih ada kerak makanan gosong menempel di wajan, tambahkan lebih banyak baking soda serta air (buat pasta) dan diamkan 10 menit. 
  • Cungkil kotoran yang menempel dengan kayu atau sikat gigi bekas. Jangan menggunakan alat dari logam yang bisa merusak lapisan dalam wajan.
  • Bersihkan lagi wajan dengan penggosok dan sabun cuci piring. 

Saat mendidihkan larutan pembersih, kamu mungkin mencium bau menyengat. Cara membesihkan wajan gosong ini hanya bisa digunakan untuk bagian dalam wajan, dan mungkin tidak bisa mengangkat seluruh noda hitam. 

2. Manfaatkan dryer sheet

ilustrasi dryer sheet
ilustrasi dryer sheet (flickr.com/Helen Orozco)

Cara membersihkan wajan gosong ternyata bisa memanfaatkan dryer sheet yang biasa dipakai untuk mengeringkan dan melembutkan pakaian. Kamu bisa melakukannya dengan: 

  • Tuang beberapa tetes sabun cuci piring ke wajan, tambahkan sedikit air panas. 
  • Masukkan selembar dryer sheet ke dalam wajan dan diamkan selama 1 jam. Jika residu makanannya keras atau lengket, biarkan semalaman. 
  • Lapisan silikon pada dryer sheet akan membantu melunakkan makanan. Jadi gunakan lembar kain itu untuk menyeka makanan tanpa merusak permukaan anti lengket. 
  • Hasil terbaik bisa dikombinaiskan dengan spons untuk menghilangkan bagian yang gosong. 

Kamu bisa menambah jumlah dryer sheet jika dirasa perlu. Metode ini layak dicoba jika kamu tidak punya waktu untuk langsung mencuci wajan. Menambah waktu perendaman juga bisa mengoptimalkan kerja dryer sheet.

Baca Juga: Cara Membersihkan Kulit Sapi dengan Mudah Sebelum Dimasak

3. Membersihkan wajan gosong dengan aluminium foil

ilustrasi aluminium foil
ilustrasi aluminium foil (freepik.com/fabrikasimf)

Alih-alih spons atau sikat gosok, aluminium foil dipercaya bisa menjadi scrubber paling ampuh untuk menyingkarkan noda gosong. Cara membersihkan wajan gosong dengan aluminium foil terhitung sebagai metode yang sangat abrasif, jadi ini tidak disarankan pada panci anti lengket. Namun, jika dilakukan di bagian luar wajan maka tidak masalah.

  • Pertama-tama, buat pasta pembersih dari campuran sedikit air dan 3 sdm soda kue. 
  • Tutupi area yang terbakar dengan pasta tersebut dan diamkan 5 menit.
  • Remas aluminium foil dan mulailah menggosok bagian gosong sampai semua area bersih. 
  • Cuci wajan dengan sabun, lalu bilas dengan air hangat.

Aluminium foil yang digunakan tidak harus baru, kamu bisa mengambil dari kemasan makanan habis pakai. Sejauh ini cara membersihkan wajan dengan aluminium foil dinilai sebagai teknik paling efektif. Selain mudah dan cepat, hasil yang diberikan juga menyerupai  tampilan wajan layaknya baru. Jadi, buktikan sendiri, ya, keampuhannya!

4. Menggunakan air rebusan lemon

tips menggoreng ikan agar tidak lengket di wajan
ilustrasi jeruk lemon (freepik.com/8photo)

Cara membersihkan wajan gosong dengan bahan alami adalah menggunakan lemon yang direbus. Lemon membantu melepas partikel makanan yang menempel di wajan, terutama saat dipanaskan di suhu yang tinggi. Ikuti cara berikut untuk mendapat tampilan bersih pada wajan kamu:

  • Potong 2-3 lemon menjadi beberapa bagian. 
  • Isi wajan dengan segelas air dan tambahan potongan lemon.
  • Rebus selama 10 menit atau sampai kamu melihat sisa makanan yang gosong mengapung ke permukaan.
  • Buang air dan lemon, dan gunakan spons gosok untuk menghilangkan sisa partikel makanan. Lalu bilas sampai bersih.

Teknik menghilangkan noda hangus memakai lemon ini sangat efektif untuk bagian dalam wajan. Namun, untuk bagian luar kamu membutuhkan beberapa penyesuaian dengan membuat larutan lemon dari air panas. Dibandingkan teknik lain, metode ini sangat simpel karena hanya  pakai satu bahan.

5. Menggunakan campuran lemon dan baking soda

ilustrasi cara membersihkan wajan gosong
ilustrasi cara membersihkan wajan gosong (freepik.com/Racool_studio)

Terakhir, cara membersihkan wajan gosong bisa memakai kombinasi bahan dari lemon dan baking soda. Reaksi kimia dari campuran keduanya akan membantu melonggarkan noda gosong yang melekat di wajan. Berikut cara yang bisa kamu coba:

  • Mulailah dengan mengeluarkan sebanyak mungkin makanan gosong dari wajan, dengna mencuci seperti biasa. 
  • Taburkan baking soda ke permukaan wajan yang gosong dan tambahkan sedikit air.
  • Potong lemon jadi dua dan gunakan setengah bagiannya untuk menjadi alat gosok. Sikat bagian yang gosong secara menyeluruh. 
  • Kemudian bilas dengan sabun cuci piring dan air sampai bersih. 

Bahan yang sama juga bisa kamu gunakan untuk menggosok dasar wajan yang gosong. Campuran soda kue dan lemon akan menimbulkan efek mendesis yang bisa mengurangi bekas noda gosong.

Cara membersihkan wajan gosong yang efektif melibatkan penggunaan bahan-bahan khusus seperti lemon, baking soda, hingga cuka. Demi mendapat tampilan bersih maksimal, gunakan penggosok yang sesuai dengan bahan pembuat wajan. Tidak semua metode cocok untuk jenis wajan, jadi sesuaikan kebutuhan, ya!

Baca Juga: Banyak Noda Membandel di Kompor? Coba Tips yang Satu Ini!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Wini Yulita

Wini Yulita

Cheesy Lemon Cake

Cheesy Lemon Cake

(5.0)

7 langkah

428

Artikel Lainnya di tips