Cara Membuat Adonan Martabak Manis Mengembang Sempurna

Sini belajar bersama Yummy App cara buat martabak!

Cara Membuat Adonan Martabak Manis Mengembang Sempurna

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Martabak manis adalah salah satu makanan lezat yang populer di Indonesia. Bagi pecinta martabak, rasanya tidak lengkap jika martabak tidak memiliki lapisan tipis yang bersarang dan mengembang sempurna. Menciptakan martabak yang sempurna dengan lapisan tipis dan mengembang dapat menjadi tantangan tersendiri.

Namun, dengan beberapa tips dan trik yang tepat, Sobat Yummy dapat membuat martabak manis yang bersarang dan mengembang sempurna di rumah. Dalam artikel ini, Yummy App akan membagikan tips agar kamu dapat membuat adonan martabak manis dan mengembang dengan sempurna, simak selengkapnya ya.

1. Gunakan tepung terigu berprotein tinggi

cara membuat adonan martabak manis mengembang
ilustrasi martabak manis yang mengembang (flickr.com/Martabak Cirebon)

Cara membuat adonan martabak manis mengembang sempurna yang pertama, tentunya adalah pilihlah tepung terigu protein tinggi atau tepung terigu protein sedang yang biasa digunakan untuk membuat roti. Tepung terigu dengan kandungan protein yang tinggi akan memberikan jumlah gluten yang cukup dalam adonan martabak.

Gluten adalah protein yang memberikan kekuatan dan kelelehan pada adonan roti. Ketika adonan diolah dan diuleni, gluten akan membentuk jaringan yang elastis.

Hal ini sangat penting dalam pembuatan martabak, karena gluten yang kuat akan memberikan struktur dan mengembang dengan baik saat martabak dipanggang. Jadi, pastikan kamu memilih tepung terigu dengan tingkat protein yang sesuai.

Kedua, protein tinggi dalam tepung terigu juga membantu menciptakan tekstur martabak yang elastis dan mengembang dengan baik. Ketika gluten dalam adonan terhidrasi dan diolah secara mekanik, molekul gluten akan saling terhubung dan membentuk jaringan yang lentur.

Ketika martabak dipanggang, gas yang dihasilkan oleh ragi atau bahan pengembang lainnya terperangkap dalam jaringan gluten tersebut. Sehingga akan menciptakan lapisan-lapisan tipis yang mengembang.

Tekstur elastis yang dihasilkan oleh gluten akan memberikan sensasi kenyal saat menggigit martabak. Oleh karena itu, menggunakan tepung terigu protein tinggi atau protein sedang yang mengandung gluten yang kuat akan membantu menciptakan tekstur martabak yang enak dan mengembang secara optimal.

2. Fermentasi adonan

cara membuat adonan martabak manis yang mengembang
ilustrasi membuat adonan martabak manis (freepik.com)

Salah satu kunci utama untuk menciptakan martabak mengembang sempurna adalah memberikan waktu yang cukup agar adonan mengalami proses fermentasi.

Inilah cara membuat adonan martabak manis dan mengembang sempurna yang kedua, yaitu dengan melakukan proses fermentasi.

Proses fermentasi adalah ketika adonan dibiarkan beristirahat dalam kondisi tertentu. Biasanya pada suhu yang hangat, agar bahan pengembang, seperti ragi, dapat menghasilkan gas karbon dioksida. Gas tersebut akan terperangkap dalam adonan dan menciptakan gelembung-gelembung udara yang menyebabkan martabak mengembang saat dipanggang.

Selama proses fermentasi, ragi atau bahan pengembang lainnya akan mengkonsumsi gula dalam adonan dan menghasilkan gas karbon dioksida sebagai produk sampingan. Gas inilah yang akan membuat adonan martabak mengembang dan membentuk lapisan-lapisan tipis yang bersarang saat dipanggang.

Waktu fermentasi yang cukup penting untuk memungkinkan ragi bekerja secara efektif dan menghasilkan gas karbon dioksida yang cukup. Biasanya, proses fermentasi membutuhkan waktu, tergantung pada suhu ruangan dan kondisi adonan.

3. Gunakan air dingin

cara membuat adonan martabak manis yang mengembang
ilustrasi menuang air ke dalam adonan (freepik.com)

Cara membuat adonan martabak manis mengembang sempurna yang selanjutnya adalah dengan menggunakan air dingin.

Ketika membuat adonan martabak, sebaiknya menggunakan air dingin atau suhu ruangan daripada air hangat. Menggunakan air dingin membantu melambatkan pertumbuhan ragi, memberikan waktu yang cukup bagi adonan untuk mengembang secara perlahan. Ini penting untuk menciptakan lapisan tipis yang bersarang pada martabak.

Dengan menggunakan air dingin, adonan martabak akan mengalami fermentasi yang lebih lambat namun tetap efektif. Ini memungkinkan adonan untuk mengembang secara perlahan, sehingga lapisan tipis yang bersarang dapat terbentuk dengan baik saat martabak dipanggang.

Jika menggunakan air hangat, ragi akan aktif lebih cepat, yang bisa mengakibatkan adonan terlalu cepat mengembang sebelum dipanggang. Hal ini akan menghasilkan martabak yang tidak optimal dalam hal bersarang dan mengembang.

4. Pastikan wajan panggang panas merata

cara membuat martabak manis yang mengembang
ilustrasi membuat martabak manis (flickr.com/Martabak Cirebon)

Tahap terakhir dalam cara membuat adonan martabak manis mengembang sempurna adalah dengan memperhatikan agar panas wajan merata.

Saat memanggang martabak, penting untuk menjaga suhu mentega agar tidak terlalu panas. Mentega yang terlalu panas dapat membuat martabak terlalu cepat gosong di luar, sementara bagian dalamnya masih mentah.

Memiliki suhu mentega yang tepat sangat penting dalam proses memanggang martabak. Suhu yang terlalu tinggi akan menghasilkan martabak yang gosong di luar tetapi masih mentah di dalam.

Baca Juga: Rahasia Membuat Kulit Martabak Telur Agar Tidak Mudah Sobek

Resep martabak manis mini ala Yummy App

resep martabak manis mini dengan topping keju dan coklat
ilustrasi martabak mini (instagram.com/Martabak Minie)

Bahan utama:

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 15 gram susu bubuk
  3. 1/4 sdt baking powder
  4. 50 gram gula halus
  5. 1 bungkus vanili
  6. 1/4 sdt garam
  7. 300 ml air
  8. 1/2 sdt ragi instant
  9. 3 butir telur
  10. 30 gram gula pasir
  11. 3/4 sdt soda kue
  12. 25 gram margarin leleh

Bahan topping:

  1. Meses
  2. Keju parut
  3. Kacang tanah sangrai

Cara udah memasak:

  1. Siapkan wadah lalu campur terigu, susu bubuk, baking powder, gula halus, vanili, dan garam. Kemudian, aduk hingga merata sambil dituangi air sedikit demi sedikit.
  2. Masukkan ragi instan dan aduk. Pastikan adonan sampai benar-benar tercampur rata.
  3. Tutup adonan wadah tersebut dengan menggunakan serbet. Diamkan selama 30 menit sambil menunggu adonan mengembang.
  4. Di wadah terpisah, kocok telur dan gula sampai larut.
  5. Tuang gula dan telur tersebut ke adonan tepung. Aduk hingga merata.
  6. Masukkan soda kue beserta margarin leleh juga.
  7. Aduk sampai benar-benar tercampur rata dan adonan menjadi mulus.
  8. Cetak menggunakan cetakan martabak mini yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan api sedang. Tunggu sampai banyak berpori.
  9. Tutup cetakan sampai matang. Kemudian, angkat.
  10. Martabak mini bersarang dan mengembang sempurna siap disajikan! Bisa ditambahkantaburan topping di atasnya sesuai selera.

Dalam proses pembuatan martabak mini, ada beberapa tips yang dapat kita terapkan agar martabak mini bisa bersarang dan mengembang sempurna. Mulai dari pemilihan tepung terigu protein tinggi, fermentasi yang cukup, hingga penggunaan air dingin.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat menciptakan martabak manis dengan lapisan tipis yang utuh, bersarang dengan sempurna, dan mengembang dengan baik. Tidak hanya memberikan tekstur yang lezat, tetapi juga meningkatkan pengalaman saat menikmati martabak yang renyah. Jadi, mari kita coba terapkan tips ini dan nikmati martabak manis yang istimewa di rumah!

Baca Juga: Tips Membuat Kue Pukis Mengembang Sempurna

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Erna

Erna

Ayam Goreng Kuning

Ayam Goreng Kuning

(5.0)

7 langkah

192

Artikel Lainnya di tips