​5 Cara Goreng Mete agar Renyah dan Gurih, Pasti Enak

​Goreng kacang anti melempem!

​5 Cara Goreng Mete agar Renyah dan Gurih, Pasti Enak

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Siapa yang tidak mengenal kacang mete? Mungkin tidak sedikit orang yang mengira kacang mete termasuk kacang-kacangan. Padahal, kacang mete berasal dari tanaman jambu mete.

Di Indonesia sendiri, kacang mete merupakan kacang mahal yang populer dan biasanya dijadikan sebagai cemilan sambil ditemani dengan secangkir teh. Selain enak, kacang mete juga memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, seperti mengontrol gula darah, menaikkan berat badan, memelihara kesehatan jantung, dan masih banyak lagi.

Namun, kacang mete mentah dapat berbahaya bagi tubuh karena masih mengandung zat urushiol yang dapat memicu reaksi tertentu pada kulit. Untuk itu, kamu perlu tahu cara goreng mete yang benar agar rasanya nikmat dan aman dikonsumsi. Berikut Yummy App sajikan rangkuman cara goreng mete yang renyah dan gurih di rumah.Yuk, disimak!

1. Rendam kacang mete 2-3 kali

Kacang mete yang sedang direndam dalam air
Ilustrasi rendaman kacang mete (flickr.com/lizmochrie)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah merendam kacang di air hangat. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali atau selama 15-30 menit. Merendam kacang mete pada air hangat dapat membantu menghilangkan getah pada kacang. Setelah selesai direndam, pastikan kacang kering merata sebelum disangrai.

2. Sangrai kacang mete

Kacang mete yang sedang disangrai
Ilustrasi menyangrai kacang mete (flickr.com/nchenga)

Langkah kedua dalam cara goreng mete adalah menyangrai kacang mete. Caranya, sangrai kacang mete menggunakan api kecil agar kacang tidak mudah gosong. Proses ini bertujuan untuk mengeluarkan harum pada kacang mete dan mempertahankan kerenyahan kacang saat digoreng nanti. 

3. Tiriskan kembali sebelum digoreng

Kacang mete yang ditiriskan setelah disangrai
Ilustrasi meniriskan kacang mete (unsplash.com/conciousdesign)

Setelah disangrai, jangan buru-buru digoreng kembali atau diberi bumbu. Kamu bisa membiarkan kacang mete berubah suhu menjadi suhu ruang. Hal ini dilakukan supaya kacang lebih renyah dan juga tidak mudah gosong saat digoreng. 

4. Tambahkan bumbu agar lebih gurih

Kacang mete yang sudah diberi bumbu
Ilustrasi kacang mete berbumbu (flickr.com/andrewmartin)

Dalam cara goreng mete, kamu bisa mulai menambahkan bumbu untuk menambah rasa pada mete. Umumnya, kacang mete goreng akan ditambahkan bumbu sederhana saja, seperti bawah putih, cabai, garam, dan gula. Namun, kamu bisa menambahkan berbagai kreasi bumbu sesuai keinginanmu pada proses ini.

5. Gunakan minyak panas untuk menggoreng

Memasak dengan minyak panas
Ilustrasi memasak dengan minyak panas (unsplash.com/consiousdesign)

Setelah kacang sudah berada di suhu ruangan dan sudah dibumbui, ini saatnya kamu menggoreng kacang mete. Gunakan minyak panas dan api sedang saat menggoreng kacang ini supaya lebih matang merata.

Goreng kacang mete selama 5 menit atau hingga warna kacang berubah menjadi kecokelatan. Segera angkat kacang mete dari minyak panas untuk menghindari kacang menjadi gosong.

Nah, demikian beberapa tips dan cara goreng mete yang renyah dan gurih. Caranya mudah bukan? Semoga tips di atas bermanfaat, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Cara Merebus Kacang Hijau Agar Cepat Empuk dan Merekah

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Atik Haryono

Atik Haryono

Ubi Kukus Kacang Mete #JagoMasakMinggu6

Ubi Kukus Kacang Mete #JagoMasakMinggu6

(5.0)

5 langkah

534

Artikel Lainnya di tips