5 Cara Marinasi Daging Sapi agar Empuk dan Bumbu Meresap

Cuman dengan marinasi, olahan daging bisa jadi lebih enak!

5 Cara Marinasi Daging Sapi agar Empuk dan Bumbu Meresap

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Membuat menu masakan menggunakan daging sapi mungkin terasa mudah bagi banyak orang. Namun ternyata, mengolah daging sapi sebelum dimasak dengan cara yang tidak tepat akan mempengaruhi hasil masakan, loh.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir, karena ada cara untuk mengolah daging sapi agar hasil masakan jadi lebih nikmat, yaitu dengan melakukan marinasi terlebih dahulu.

Nah, marinasi sendiri dilakukan dengan tujuan untuk menambah cita rasa dan melunakkan daging sapi supaya terasa lebih empuk. Kamu tidak perlu lagi berhadapan dengan daging sapi bertekstur keras, yang bisa membuat nafsu makan kamu hilang seketika.

Kalau kamu mau tahu bagaimana cara marinasi daging sapi yang tepat, terus simak artikel ini sampai habis, ya, Sobat Yummy!

1. Siapkan daging yang berkualitas

cara marinasi daging sapi
ilustrasi daging segar (pexels.com/danasredojevic)

Dalam tips cara marinasi daging sapi yang pertama kali ini, kamu harus selalu memastikan bahwa daging yang dibeli mempunyai kualitas yang baik, ya. Hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam proses memasak dan juga menjamin kesehatan tubuh kamu. Daging sapi dengan kualitas yang baik biasanya memiliki aroma yang sedap, warna daging yang kemerahan dan terlihat segar, mempunyai tekstur yang kenyal, serta tidak berair.

Kamu harus menghindari daging sapi jika warnanya terlihat lebih pucat, tekstur daging terasa sangat lembek, dan terlalu banyak kandungan airnya. Untuk lebih pasti, kamu bisa menekan daging sapi menggunakan kedua tangan. Apabila setelah ditekan daging kembali ke posisi semula, maka daging tersebut aman untuk kamu konsumsi. Namun apabila daging tetap di posisinya, kemungkinan daging tersebut sudah tidak segar lagi, dan dikhawatirkan sudah mengalami pembusukan di dalamnya.

2. Tusuk dan sayat daging sapi

memotong daging
ilustrasi menyayat daging (pexels.com/leonardoluz)

Langkah selanjutnya dalam tips cara marinasi daging sapi agar emuk kali ini yang perlu kamu lakukan adalah menusuk-nusuk daging sapi dan menyayatnya menggunakan pisau. Tusuklah daging hingga memiliki banyak lubang, agar nantinya bumbu marinasi bisa meresap dengan baik ke dalam daging. Pastikan kamu menusuknya dengan benar dan secukupnya saja agar daging sapi tidak hancur.

Setelah itu, kamu bisa juga menyayat daging sapi menggunakan pisau di beberapa bagian, untuk membantu proses penyerapan bumbu. Sayatlah hanya pada bagian atas daging saja, tidak perlu menyayatnya terlalu dalam supaya daging tidak terbelah.

Baca Juga: 3 Resep Rendang Daging Sapi Empuk dan Tips Memasaknya

3. Siapkan bumbu marinasi daging

cara marinasi daging sapi
ilustrasi bahan-bahan marinasi (pexels.com/alleksana)

Bumbu marinasi daging merupakan kunci utama untuk membuat cita rasa daging menjadi lebih lezat. Karena itu, Sobat Yummy harus memilah bahan-bahan untuk bumbu marinasi dengan benar.

Biasanya, bahan dasar dalam proses marinasi daging adalah garam dan minyak. Garam diyakini mampu membantu proses penyerapan bumbu ke dalam daging sapi. Sedangkan minyak dapat membantu memperkuat aroma khas yang ke luar dari rempah-rempah. 

Selain garam dan minyak, kamu juga bisa menggunakan kecap asin, madu, dan gula. Jangan lupa untuk menambahkan rempah-rempah sebagai bumbu marinasi daging.

4. Lumuri daging dengan bumbu marinasi

menyimpan daging yang sudah dimarinasi
ilustrasi menyimpan daging yang sudah dimarinasi (pexels.com/erikmclean

Jika sudah menyiapkan bumbunya, lumuri daging sapi yang sudah disayat dengan bumbu marinasi. Pastikan kamu melumuri daging dengan bumbu marinasi secara merata, untuk hasil marinasi daging yang sempurna. Setelah selesai, simpan daging dalam wadah tertutup.

Baca Juga: 10 Resep Rendang Daging Sapi, Enak  dan Empuk Semua

5. Masukkan daging ke dalam lemari es

menyimpan daging di kulkas
ilustrasi menyimpan daging di kulkas (pexels.com/kevinmalik)

Proses marinasi daging pun sampai ke tahap akhir! Daging yang tadi sudah dilumuri dengan bumbu dan disimpan dalam wadah tertutup harus segera dimasukkan ke dalam kulkas. Hal ini berguna untuk menghindari perkembangan bakteri jika didiamkan di luar terlalu lama saat menunggu bumbu marinasi daging meresap.

Biasanya, untuk daging yang memang sudah empuk seperti tenderloin maupun sirloin, tidak memerlukan waktu lama sampai bumbu meresap ke dalam daging. Berbeda halnya dengan daging yang teksturnya cukup keras dan tebal, waktu yang dibutuhkan untuk marinasi bisa lebih lama, mulai dari 3 jam hingga 24 jam sampai bumbu benar-benar meresap ke dalam daging. 

Setelah dimarinasi dengan waktu yang cukup, daging pun siap untuk dimasak. Memang proses marinasi ini memakan banyak waktu, namun hasilnya sudah pasti tidak akan mengecewakan.

Untuk menambah kelezatan daging yang sudah dimarinasi, tentunya kamu harus memastikan bumbu masakan dan memilih cara memasak yang tepat, agar hasilnya melebihi dari kata sempurna. Yuk, langsung saja kamu coba cara marinasi daging sapi tersebut di rumah!

Baca Juga: 9 Olahan Daging Sapi Terenak ala Yummy App

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Mayak Gyeran (Telur Marinasi Korea)

Mayak Gyeran (Telur Marinasi Korea)

(4.7)

6 mnt

recooks-0
Rayna Kitchen

Rayna Kitchen

Tahu Marinasi Berempah

Tahu Marinasi Berempah

(5.0)

6 langkah

347

Artikel Lainnya di tips