​Cara Masak Beras Shirataki, Mudah dan Rendah Kalori

Beras shirataki cocok untuk program diet!

​Cara Masak Beras Shirataki, Mudah dan Rendah Kalori

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Apakah kamu pernah mendengar mengenai beras shirataki? Ya, beras satu ini adalah salah satu beras rendah kalori yang menjadi salah satu alternatif setelah beras putih dan beras merah.

Beras shirataki terbuat dari umbi-umbian yang tersebar di Asia Tenggara. Kalori rendah dan tinggi serat, membuat beras shirataki jadi pilihan tepat untuk diet. Berikut adalah beberapa cara masak beras shirataki yang mudah!

1. Direbus menggunakan panci

description
unsplash.com/Uwe Conrad

Metode pertama yang bisa kamu terapkan di rumah adalah dengan merebus beras shirataki menggunakan panci. Sebelum dimasak, jangan lupa untuk mencuci beras shirataki hingga bersih.

Untuk takaran air, kamu bisa menyiapkan 2 1/2 cangkir air untuk 1 cangkir beras shirataki. Setelah itu, kamu bisa merebus beras selama 20 menit. Kamu dapat mengenali kematangan beras shirataki dari warnanya yang akan mengalami sedikit perubahan. Metode ini juga dikenal sebagai cara masak beras shirataki basah.

Selanjutnya, segera angkat dan sajikan di piring atau wadah terpisah apabila tidak langsung dikonsumsi. Beras yang telah masak harus segera diletakkan dalam wadah tertutup karena apabila dibiarkan, ukurannya bisa bertambah sampai 5 kali lipat dari ukuran normal.

2. Instan menggunakan rice cooker

Apabila kamu memiliki rice cooker di rumah, kamu bisa memasak beras shirataki secara instan! Kamu akan membutuhkan minimal 40 gram beras shirataki kering.

Langkah pertama, rendam beras shirataki kering selama 30 hingga 40 menit dengan air bersih. Tiriskan beras shirataki secara keseluruhan agar tidak terlalu lembek. Masak dengan rice cooker setelah menambahkan 300-350 ml air.

3. Untuk pemula, campur dengan beras biasa

Beras shirataki memiliki tekstur seperti gel, sehingga para pemula akan kesulitan beradaptasi karena terbiasa dengan tekstur beras biasa. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mencampur beras shirataki dengan beras biasa saat dimasak. Dengan cara masak beras shirataki ini, kamu akan beradaptasi dengan tekstur beras shirataki yang sedikit berbeda.

Kamu bisa mencampurkan kurang lebih 180 gram beras biasa dengan 40 gram beras shirataki. Cuci hingga bersih lalu rendam selama 30 menit sebelum dimasak menggunakan panci maupun rice cooker.

Apabila kamu akan menggunakan panci, gunakan api yang stabil. Ketika mendidih, kecilkan api dan biarkan selama 15 menit. Terakhir, kukus selama 10 hingga 15 menit.

4. Makin nikmat dengan bumbu tambahan

Apakah kamu familiar dengan nasi gurih? Kamu juga bisa mengaplikasikannya dengan menggunakan beras shirataki!

Selain karena teksturnya, rasa beras shirataki lebih hambar dari beras biasa sehingga menggunakan rempah-rempah akan memberi rasa yang lebih menggugah selera. Gunakan campuran rempah seperti serai, daun jeruk, garam, dan lain-lain saat memasak.

Cara masak beras shirataki yang satu ini sangat mudah. Sebelum dimasak, cuci 40 gram beras shirataki lalu rendam selama setengah jam.

Setelah direndam, tiriskan lalu masukkan ke dalam rice cooker. Masak bersamaan dengan rempah-rempah yang telah disiapkan. Yummy menyarankan untuk menggunakan serai, daun jeruk, lengkuas, dan garam agar lebih nikmat.

5. Tips dan trik yang perlu diketahui

Dalam memasak beras shirataki, ada beberapa tips yang perlu diketahui. Pertama, jangan lupa untuk selalu mencuci beras hingga bersih sebelum dimasak. Cuci dengan air mengalir dan ulangi prosesnya 2 hingga 3 kali untuk memastikan kebersihannya.

Kedua, ketika menggunakan panci, pastikan untuk memasak beras hingga air yang digunakan mendidih dan aduk merata. Ketiga, setelah masak, pindahkan beras shirataki ke wadah terpisah.

Tunggu nasi sampai dingin, namun jangan biarkan terlalu lama agar tidak mengering. Terakhir, gunakan api besar yang stabil sembari tetap diaduk agar beras shirataki matang secara merata adalah cara masak beras shirataki yang tepat.

Beras shirataki adalah salah satu beras yang kaya serat sehingga cocok sebagai menu diet. Nikmati diet kamu dengan beras shirataki yang sehat!

Penulis: Embun Nadha Pawestri

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Nasi Goreng Kepiting Shirataki

Nasi Goreng Kepiting Shirataki

(4.8)

25 mnt

19 rb

Yummy Official

Yummy Official

Bibimbap Nasi Shirataki

Resep Teruji

Bibimbap Nasi Shirataki

(4.8)

1533,8 Kj

6.7 rb

Agie Rianda

Agie Rianda

Nasi Goreng Shirataki

Nasi Goreng Shirataki

(5.0)

6 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di tips