Cara Masak Rendang Daging Sapi dengan Bumbu Jadi Biar Empuk

Rendang terasa lebih nikmat dengan daging yang empuk

Cara Masak Rendang Daging Sapi dengan Bumbu Jadi Biar Empuk

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Siapa tak yang tahu rendang? Hidangan ikonik khas Minangkabau ini, terkenal dengan kelezatannya yang tiada tara.

Olahan daging sapi dengan cita rasa pedas dan gurih, serta perpaduan rempah yang meresap ke daging selalu berhasil membangkitkan selera. Namun, bagi sebagian orang, proses memasak rendang tradisional bisa terasa rumit dan membutuhkan waktu yang lama.

Buat Sobat Yummy yang ingin menikmati kelezatan rendang tanpa repot, berikut Yummy App berikan cara masak rendang daging sapi biar empuk dengan bumbu jadi. Simak 5 langkah praktis memasak rendang di bawah ini!

1. Siapkan bahan-bahan untuk rendang

Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat rendang, seperti daging sapi, santan, minyak, bumbu perasa, dan bumbu jadi sesuai banyaknya daging yang akan direndang. Tips saat memilih daging, gunakan daging yang mengandung sedikit lemak untuk mendapatkan tekstur daging rendang yang empuk.

2. Potong daging searah serat

Cara memotong dan ukuran potongan daging juga mempengaruhi tingkat keempukan daging. Potong daging searah seratnya dengan ukuran sedang. Dengan begitu, daging menjadi lebih lembut dan dapat meresap bumbu dengan sempurna karena proses memasaknya yang cukup lama.

3. Tumis bumbu jadi rendang

Tumis bumbu jadi rendang hingga wangi, sebelum memasukkan daging dan santan. Gunakan minyak yang cukup agar bumbu tidak kering dan gosong, tambahkan air bila perlu. Menumis bumbu terlebih dahulu, membantu untuk mempercepat proses memasakan rendang karena bumbu sudah matang dan siap meresap ke dalam daging.

Baca Juga: Resep Bumbu Rendang Daging Sapi yang Empuk dan Gurih

4. Masukkan daging, bumbu, dan santan

Masukkan daging dan bumbu perasa sesuai selera ke dalam bumbu tumis. Masak hingga daging berubah warna dan bumbu meresap ke dalam daging. Tuang santan setelah daging hampir matang agar santan tidak pecah dan rendang tidak menjadi gosong.

5. Masak rendang dengan api kecil

Gunakan api kecil saat memasak rendang sambil diaduk teratur agar santan menyatu dengan bumbu dan daging secara merata. Masak rendang hingga hingga daging empuk dan santan menyusut.

Itu lah 5 cara masak rendang daging sapi biar empuk dengan bumbu jadi yang bisa Sobat Yummy coba di rumah. Dengan mengikuti langkah praktis tersebut, Sobat Yummy bisa buat sendiri rendang daging sapi yang empuk dengan mudah dan cepat, tanpa mengurangi kelezatannya.

Penulis: Citra Irhamna

Baca Juga: Apa Itu Lemak? Pengertian, Fungsi, Jenis dan Bahayanya Lemak

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nulli

Nulli

Lemak Sapi Masak Pedas

Lemak Sapi Masak Pedas

(5.0)

6 langkah

3.7 rb

Artikel Lainnya di tips