Cara Masak Rendang Daging yang Mudah dan Lezat, Anti Alot

Tips memasak rendang anti alot

Cara Masak Rendang Daging yang Mudah dan Lezat, Anti Alot

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Rendang sapi adalah salah satu makanan asli dari masyarakat Minangkabau yang ada di pulau Sumatera. Makanan ini biasanya dibuat dan disajikan di hari raya, salah satunya saat hari raya Idul Fitri. Hidangan Indonesia yang populer ini dibuat dengan berbagai bumbu dan rempah yang dimasak beberapa jam hingga semua cairan terserap oleh daging. 

Tak perlu ke Sumatera untuk mencoba rendang yang mirip dengan tradisi Minangkabau. Yummy App akan kasih tahu kamu cara masak rendang yang mirip dan otentik ala rendang Minangkabau. Lihat step by step pembuatan rendang di bawah ini ya, sobat Yummy!

1. Siapkan daging sapi

1. Siapkan daging sapi
Ilustrasi daging sapi mentah untuk rendang (yummy.co.id/nareswari)

Cara masak rendang pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan daging yang akan diolah. Pilih daging sapi bagian paha atau bagian belakang yang terluar. Bagian daging sapi ini masih memiliki banyak lemak yang akan melindungi daging agar tidak pecah saat diolah dengan waktu yang lama.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan daging sirloin agar hasil daging rendang menjadi lebih empuk dan topside untuk hasil rendang yang lebih padat. 

Tips agar daging rendang empuk saat diolah adalah memotong daging berlawanan arah dengan arah serat. Cara ini akan ampuh karena serat daging akan terpotong dan lebih pendek.

Sehingga daging akan mudah terurai saat diolah dan daging akan jauh lebih empuk. Jangan lupa untuk memotong daging dengan pisau tajam agar daging tidak alot saat dimasak. 

Untuk hidangan rendang, kamu bisa potong daging sapi menjadi kotak-kotak dengan ukuran 4 cm dan tebal ½ cm. Jangan potong daging terlalu kecil karena akan membuat daging pecah dan menyusut saat dimasak.

Agar daging lebih empuk, kamu bisa menggunakan bantuan buah nanas. Caranya, kamu hanya perlu menambahkan buah nanas saat merebus daging hingga empuk. Selain itu, kamu juga bisa membaluri buah nanas pada daging dan didiamkan beberapa saat sebelum daging diolah. Bukan hanya nanas, kamu juga bisa menggunakan parutan jahe untuk dibaluri pada daging agar lebih empuk. 

Selain itu, supaya daging bisa meresap bumbu lebih optimal, kamu juga bisa memukul daging sampai sedikit pipih. Tapi jangan sampai remuk ya!

2. Buat bumbu rendang

2. Buat bumbu rendang
Ilustrasi bumbu rendang (flickr.com/robin)

Setelah selesai menyiapkan daging, cara masak rendang selanjutnya adalah menyiapkan bumbu. Berikut ini beberapa bahan yang kamu butuhkan untuk membuat rendang dengan takaran 1 kg daging. Yuk, catat resepnya!

Bahan Utama:

  • 100 g kentang rendang
  • 100 g kacang merah segar
  • 100 g kelapa parut
  • 2,5 liter santan

Bumbu Halus:

  • 10 siung bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdt lada
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 ruas kunyit
  • 2 ruas jahe
  • 2 ruas lengkuas
  • 5 buah cengkeh
  • ¼ bagian pala

Bahan Tambahan:

  • 3 batang serai (memarkan)
  • 3 lembar daun kunyit
  • 5 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk

Langkah membuat bumbu rendang:

  1. Pertama-tama, sangrai terlebih dahulu semua bumbu yang sudah disiapkan.
  2. Setelah itu, blender halus bumbu yang sudah disangrai dengan menambahkan minyak goreng. Sisihkan bumbu halus.
  3. Selanjutnya, kamu perlu menyangrai kelapa parut hingga kecoklatan. Haluskan kelapa yang sudah disangrai, bisa digiling atau dihaluskan menggunakan chopper hingga halus. 
  4. Setelah selesai menghaluskan bumbu dan kelapa parut, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan masukkan juga bahan tambahan hingga harum. Bumbu halus pun siap digunakan untuk membuat rendang.

3. Cara mengolah daging rendang

3. Cara mengolah daging rendang
Ilustrasi pembuatan daging rendang (yummy.co.id/nareswari)

Sudah siap memulai cara masak rendang? Hal pertama yang perlu dilakukan adalah merebus daging dengan air mendidih. Hal ini dilakukan agar bakteri pada daging mati. Kamu bisa menggunakan metode merebus 5-30-7.

Pertama-tama, rebus daging di dalam air mendidih selama 5 menit. Matikan api kompor dan diamkan daging dengan keadaan panci tertutup selama 30 menit. Selanjutnya, nyalakan kembali kompor dan rebus daging selama 7 menit. 

Setelah direbus, kamu bisa mengolah daging lebih lanjut. Pertama-tama, siapkan santan dan rebus daging dalam santan. Setelah santan mulai berbuih, tuangkan kelapa parut ke dalam adonan rendang.

Selanjutnya masukkan bumbu halus ke dalam santan, masukkan kentang, dan kacang merah. Tips agar daging empuk dan matang merata adalah dengan memasak daging menggunakan api kecil. 

Berapa lama masak rendang dengan cara ini? Durasi memasak rendang dengan cara ini memang lebih lama, mungkin bumbu dan santan akan menyusut sempurna setelah 3-4 jam.

Namun, hasilnya rendang akan lebih empuk dan bumbu benar-benar meresap. Masak terus hingga daging empuk dan kuah menyusut, jangan lupa untuk mengoreksi rasa daging rendangnya ya!

Itulah dia tiga cara masak rendang yang mudah dan lezat di rumah. Selain cara di atas, masih banyak resep rendang Minang yang bisa kamu recook di Yummy App. Semoga membantu ya, sobat Yummy!

Penulis: Anna Novita Rachim

Baca Juga: 3 Resep Rendang Daging Sapi Empuk dan Tips Memasaknya

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

chalista

chalista

Rendang Kentang Mini

Rendang Kentang Mini

(5.0)

5 langkah

455

Artikel Lainnya di tips