Cara Memasak Nasi di Rice Cooker, Mudah dan Hasil Sempurna

Dijamin hasilnya gak ngerak, deh!

Cara Memasak Nasi di Rice Cooker, Mudah dan Hasil Sempurna

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Memasak nasi yang lezat dan sempurna bisa menjadi seni yang memerlukan perhatian dan ketelatenan. Namun, dengan adanya alat dapur modern seperti rice cooker, proses memasak nasi telah menjadi lebih praktis dan efisien.

Kali ini Yummy App akan membahas nutrisi pada nasi dan langkah-langkah sederhana tentang cara memasak nasi di rice cooker agar menghasilkan nasi yang lezat, harum, dan tekstur yang sempurna.

Kandungan nutrisi pada nasi putih

cara agar nasi tidak cepat basi
ilustrasi mengaduk nasi (unsplash.com/mufid majnun)

Melansir dari Healthline, setiap 100 gram nasi mengandung nutrisi sebagai berikut:

  1. Kalori: 123
  2. Protein: 2,9 gram
  3. Karbohidrat: 30 gram
  4. Lemak: 0,4 gram
  5. Serat: 0,9 gram
  6. Folat: 1% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  7. Mangan: 18% dari AKG
  8. Tiamin: 5% dari AKG
  9. Selenium: 13% dari AKG
  10. Niacin: 12% dari AKG
  11. Zat besi: 1% dari AKG
  12. Vitamin B6: 8% dari AKG
  13. Fosor: 6% dari AKG
  14. Tembaga: 4% dari AKG
  15. Magnesium: 2% dari AKG
  16. Seng: 2% dari AKG

Langkah 1: Persiapan

Sebelum memulai proses memasak nasi, siapkan seluruh hal yang dibutuhkan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut adalah tahapan-tahapan persiapan yang perlu kamu lakukan.

  1. Siapkan beras
    Pertama, kamu bisa siapkan beras yang akan dimasak dengan rice cooker. Untuk ukurannya, sesuaikan dengan kebutuhan berapa kali makan dan untuk berapa banyak orang.

  2. Cek rice cooker terlebih dahulu
    Pastikan bahwa rice cooker dalam kondisi baik dan bersih sebelum digunakan. Bersihkan bagian dalam rice cooker dari sisa-sisa nasi yang mungkin menempel sebelum memulai.

Baca Juga: 5 Perbedaan Daun Bawang dan Daun Prei, dari Bentuk hingga Nutrisi!

Langkah 2: Mencuci beras

beras
ilustrasi beras untuk memendam alpukat (unsplash.com/pierre bamin)

Mencuci beras sebelum memasak adalah hal penting untuk menghilangkan kelebihan pati dan kotoran yang mungkin ada pada beras.

Caranya pun mudah, cukup rendam beras dalam air selama beberapa menit untuk membantu menghilangkan pati berlebih. Setelah itu, bilas beras di bawah air mengalir hingga airnya menjadi jernih.

Proses ini akan membantu menghasilkan nasi yang lebih bersih dan tidak lengket setelah dimasak.

Langkah 3: Ukur dan tambahkan air

Setelah beras dicuci, langkah selanjutnya adalah mengukur dan menambahkan air pada beras. Hal ini dimaksudkan agar dapat menghasilkan nasi yang matang secara merata dan memiliki tekstur yang sempurna.

  1. Tuangkan beras ke dalam rice cooker
    Setelah beras dicuci, tuangkan beras yang sudah dicuci ke dalam mangkuk rice cooker. Pastikan lapisan beras merata di seluruh bagian dasar rice cooker.

  2. Tambahkan air
    Tambahkan air sesuai dengan perbandingan yang kamu inginkan (umumnya 1:2). Ini adalah langkah penting untuk mengukur tekstur nasi. Kamu juga dapat menambahkan sedikit garam sesuai selera untuk memberikan dimensi rasa pada nasi.

Langkah 4: Memasak nasi

Kita masuk ke intinya, yaitu memasak nasi di rice cooker. Tidak perlu khawatir karena caranya sangat mudah, yaitu:

  1. Nyalakan rice cooker
    Tutup rice cooker dengan rapat dan nyalakan mesin. Biasanya, rice cooker memiliki dua pengaturan, yaitu "Cook" dan "Warm". Setelah tombol "Cook" atau "Start" ditekan, rice cooker akan mulai memasak nasi. Waktu memasak biasanya berlangsung sekitar 15–20 menit tergantung pada jenis rice cooker dan jumlah nasi yang dimasak.

  2. Proses pemanasan
    Setelah proses memasak selesai, rice cooker akan otomatis berpindah ke mode "Warm" atau "Keep Warm". Biarkan nasi beristirahat selama sekitar 10–15 menit. Proses ini dibutuhkan untuk memastikan bahwa nasi matang sempurna, tidak berkerak, dan serat dalam nasi menjadi lebih lembut.

Baca Juga: Ini Rahasianya! Cara agar Nasi Tidak Cepat Basi

Langkah 5: Penyajian

cara agar nasi tidak cepat basi
ilustrasi nasi matang (unsplash.com/faris mohammed)

Tahap terakhir dari seluruh rangkaiannya adalah mengeluarkan dan menyajikan nasi yang telah matang. Kamu bisa melakukannya dengan langkah berikut.

  1. Gunakan sendok nasi
    Setelah nasi matang dan didiamkan, gunakan sendok nasi yang bersih dan kering untuk mengeluarkan nasi dari rice cooker. Pastikan kamu mengambil nasi dari seluruh bagian rice cooker untuk memastikan hasil yang merata.

  2. Aduk nasi dengan lembut
    Aduk nasi dengan lembut menggunakan sendok nasi atau spatula untuk memisahkan butiran nasi yang mungkin menempel. Hal ini akan memberikan tekstur nasi yang lebih menggembirakan.

Tips memasak nasi agar tidak mengerak dan berbau

Melansir IDN Times, berikut tips memasak nasi agar tidak mengerak dan berbau.

  1. Pastikan wadah kamu itu kering sebelum digunakan. Jangan ada sisa kerak atau nasi yang masih menempel di wadah rice cooker.
  2. Masak dengan ukuran beras yang sesuai (terlalu banyak atau terlalu sedikit) agar matang merata dan tidak ada bagian yang menjadi kering.
  3. Gunakan takaran air yang tepat.
  4. Aduk-aduk nasi setelah matang dan didiamkan selama beberapa menit. Pengadukan setelah nasi baru matang dilakukan agar uap air dan air yang ada di sela-sela nasi bisa tersebar.
  5. Jangan menghangatkan nasi terlalu lama agar tidak kering.

Tips tambahan

  1. Sesuaikan perbandingan air
    Jika kamu lebih suka nasi yang lebih lembut, kamu dapat menambahkan sedikit lebih banyak air dari perbandingan 1:2. Untuk nasi yang lebih kering, kurangi jumlah air yang digunakan sesuai selera.

  2. Tambahan aroma
    Untuk memberikan aroma ekstra pada nasi, kamu dapat menambahkan daun pandan, potongan kulit jeruk, atau rempah-rempah lainnya ke dalam rice cooker sebelum memasak.

  3. Penggunaan mode tambahan
    Beberapa rice cooker memiliki mode khusus, seperti mode "Quick Cook" atau "Steam", yang dapat digunakan untuk menghasilkan nasi dengan tekstur yang berbeda. Eksplorasi mode-mode ini disesuaikan dengan kebutuhanmu.

  4. Tambahan garam
    Jika kamu menginginkan rasa yang lebih nikmat pada nasi, kamu bisa menambahkan sedikit garam ke dalam air sebelum memasak. Hal ini akan memberikan rasa yang merata pada nasi.

Baca Juga: 12 Teknik Memasak Profesional yang Wajib Diketahui!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Dapur Mama Hanum

Dapur Mama Hanum

Lemet #KURCEPPEJUANGRESEPNUSANTARA

Lemet #KURCEPPEJUANGRESEPNUSANTARA

(5.0)

30 mnt

271

Artikel Lainnya di tips