Cara Memasak Nasi Pulen dan Tipsnya, Ternyata Mudah Lho!

Ssstt, ini rahasia memasak nasi pulen dan nikmat!

Cara Memasak Nasi Pulen dan Tipsnya, Ternyata Mudah Lho!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Nasi tidak pernah lepas dari kehidupan Asian people, terlebih orang Indonesia. Sobat Yummy pasti sering mendengar bahwa "tidak makan nasi berarti hanya nyamil", begitu prinsip masyarakat +62 soal makanan pokok yang satu ini.

Makan nasi memang enak jika disandingkan dengan lauk favorit plus sambal. Apalagi jika nasi tersebut dalam keadaan hangat dan pulen, sangat menambah kenikmatan yang hakiki.

Tapi, membuat nasi yang pulen terkadang sangat tricky, karena harus sangat pas cara mencuci, takaran air, dan lainnya. Nah, kali ini Yummy App akan kasih tahu cara memasak nasi pulen, dan tips-tipsnya agar nasi kamu lebih menggugah selera! Langsung saja simak dan catat, ya!

Apa itu nasi pulen?

Nasi pulen adalah nasi matang yang memiliki tekstur lengket, lembut, dan lunak. Tahukah Sobat Yummy, bahwa ternyata tekstur nasi menjadi pulen juga dikarenakan faktor kandungan amilosa di dalamnya.

Umumnya nasi memiliki kandungan 20% amilosa. Senyawa tersebut dapat Menyusun terbentuk pati dalam nasi, dan menentukan tingkat kepulena dari bulir nasi.

Cara masak nasi yang pulen

1. Cuci beras sebanyak 3 kali

mencuci beras untuk memasak nasi pulen
ilustrasi mencuci beras (pixabay.com/jlb enjoy)

Sebelum mulai menanak nasi, mencuci beras adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Selain membersihkan pengotor yang masih menempel di permukaan beras, mencuci beras dengan benar akan membuat nasi yang matang memiliki warna yang lebih cantik dan bersih.

Sobat Yummy bisa menggunakan wadah besar untuk mencuci beras. Ada baiknya untuk mencuci sebanyak 3 kali. Selain sudah pasti bersih, 3 kali pencucian juga tidak membuat hilang gizi baik yang ada di beras.

2. Takaran air yang pas

Kunci terpenting untuk menghasilkan nasi yang pulen terletak pada perbandingan beras dan air yang tepat. Takaran yang pas yakni dengan perbandingan 1:2 antara beras dan air, atau jika menggunakan hitungan gelas adalah 1 gelas beras dimasak dengan 2 gelas air.

Paling umum untuk mengetahui takaran yang pas yakni menggunakan teori ruas jari. Terlebih dulu, beras dituang ke dalam wadah penanak, kemudian tambahkan air sebanyak satu ruas jari diatas permukaan beras.

Harus perlu diperhatikan, karena terlalu banyak air akan membuat nasi lembek. Sedangkan jika terlalu sedikit air, nasi akan memiliki tekstur keras, dan cepat kering. Setelah menambahkan air, beras bisa langsung dinanak dengan rice cooker atau manual diatas kompor.

3. Aduk setelah matang

mengaduk nasi pulen
ilustrasi mengaduk nasi (pinterest.com/kitchen guru ideas)

Nasi umumnya sudah matang setelah 20–30 menit dimasak. Saat itu Sobat Yummy harus mengaduk-aduknya perlahan.

Mengaduk nasi akan membuat sirkulasi suhu panas dibawah nasi akan menguap naik ke atas, sehingga tidak terperangkap dan membuat nasi menjadi lebih benyek atau cepat basi di kemudian waktu. Proses mengaduk juga akan mempertahankan tekstur nasi, sehingga terasa pulen dan nikmat.

Baca Juga: 7 Cara Menghias Nasi Goreng yang Unik dan Menarik, Eyecatching Banget!

Tips agar nasi tetap pulen dan nikmat

1. Pilih beras dengan kualitas bagus

Beras yang memiliki kualitas oke juga akan menghasilkan nasi nikmat. Hal ini karena beras bagus lebih bersih, dan tidak beraroma apak. Sehingga saat ditanak memiliki tekstur pulen, dengan aroma sedap dan tidak gampang basi

2. Tambahkan daun pandan

daun pandan untuk pengharum dan menambah nikmati nasi
ilustrasi daun pandan (pinterest.com/season with spice)

Saat menanak nasi, Sobat Yummy bisa menambahkan bahan tambahan untuk mendukung kenikmatan nasi yang dihasilkan. Contohnya, yakni daun pandan. Cukup satu helai daun pandan saja, dan tidak lupa untuk dicuci terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Caranya cukup simple, setelah pandan dicuci, ikat bagian tengahnya agar aroma wangi pandan dapat keluar, kemudian masukan di atas beras yang akan dinanak. Nasi pun akan lebih wangi, dan menggugah selera.

3. Pindahkan ke wadah lain

Jika Sobat Yummy menanak nasi di rice cooker, ada opsi untuk memindahkannya ke wadah lain, saat sudah matang. Hal ini karena, rice cooker akan bekerja memanaskan nasi terus-menerus.

Memindahkan ke wadah lain dapat mengurangi tekstur kepulenan nasi, bahkan bisa mengeringkan nasi. Sehingga lebih baik dipindahkan ke dalam wadah baru. Jika kamu ingin memakannya cukup dipanaskan lagi sebentar.

Kepulenan nasi memang sangat menggugah selera. Bahkan bisa bikin menambah porsi makan. Selain cara dan tips di atas, pastikan juga loyang rice cooker atau alat penanak lainnya selalu bersih sebelum digunakan, ya! Hal itu juga mempengaruhi tekstur pulen dari nasi.

Yuk, download aplikasi Yummy sekarang untuk dapatkan informasi dan resep masakan terbaru setiap hari dengan mudah.

Baca Juga: Cara Memasak Nasi di Rice Cooker, Mudah dan Hasil Sempurna

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Erna

Erna

Bakcang Ayam

Bakcang Ayam

(5.0)

8 langkah

634

Artikel Lainnya di tips