Advertisement

Advertisement

Advertisement

4 Cara Mematangkan Alpukat, Mudah dan Cepat

​Gak usah khawatir alpukat belum matang!

4 Cara Mematangkan Alpukat, Mudah dan Cepat

penulis:

tim yummy

Bagikan:

Alpukat adalah buah yang kaya nutrisi dan sangat populer di berbagai kalangan usia. Alpukat juga terkenal sebagai buah yang memiliki lemak tak jenuh yang ramah untuk jantung. Tak heran ada banyak orang yang menggemari buah ini.

Kalau kamu salah satunya, kamu pasti pernah membeli alpukat tapi ternyata buahnya belum matang sempurna. Sekarang, kamu tidak perlu khawatir lagi. Yummy App akan bagikan cara mematangkan alpukat yang mudah dan cepat supaya kamu bisa segera menikmatinya.

Eits, sebelum masuk ke cara mematangkan alpukat, kamu juga harus tahu dulu seperti apa ciri-ciri alpukat yang sudah matang. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Advertisement

Bagaimana cara mengenali alpukat yang sudah matang?

Seperti kebanyakan sayur dan buah lainnya, alpukat yang sudah matang tentu akan mempengaruhi rasa dagingnya. Tapi, selain itu, ada juga cara lain yang bisa kamu gunakan untuk melihat tingkat kematangan alpukat, yaitu dari warna kulitnya. 

Alpukat yang sudah matang biasanya memiliki warna yang lebih gelap dan memiliki bintik-bintik hijau. Kamu bisa meremas lembut alpukat untuk merasakan tekstur lembut dari daging alpukat yang ada di dalamnya. 

Ketika kamu menemukan alpukat yang belum matang, biasanya alpukat membutuhkan waktu semalam atau 4 hingga 5 hari jika menggunakan cara-cara tertentu.

Waktu kematangan juga ditentukan oleh seberapa keras alpukat yang kamu beli. Semakin keras teksturnya ketika digenggam, maka semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk alpukat matang.

Advertisement

1. Menggunakan paper bag atau koran

Alpukat ternyata menghasilkan gas etilen yang mana gas ini dapat mempercepat proses pematangan buahnya. Nah, agar gas ini tetap berada di sekitar buah alpukat, kamu bisa membungkus buah dengan paper bag ataupun dibalut dengan kertas koran. Tunggu sekitar 3-4 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menyimpan di ruangan yang hangat

Cara mematangkan alpukat selanjutnya adalah menyimpannya di ruangan yang hangat. Lemari es ternyata hanya akan memperlambat pematangan alpukat, lho. Maka dari itu, alpukat yang masih mentah jangan kamu taruh di dalam lemari es. Coba untuk simpan di ruangan yang memiliki suhu yang hangat atau sekitar 20 ℃ ke atas. 

Ruangan yang hangat akan memancing gas etilen pada buah alpukat keluar, kamu bisa mengunci gas tersebut dengan membungkus alpukat di dalam paper bag ataupun di wadah lainnya agar tetap hangat.

3. Simpan dengan pisang

Sama seperti alpukat, pisang pun juga buah klimaterik yang dapat menghasilkan gas etilen dalam jumlah yang besar. Karena itu, kamu bisa menyimpan dua buah ini berdekatan agar menghasilkan gas etilen yang lebih banyak. Kamu hanya perlu sekitar 1-2 hari ketika melakukan cara ini dan alpukat pun akan matang dengan sendirinya.

4. Simpan dengan clip wrap setelah dipotong

Kalau kamu sudah terlanjur memotong alpukat yang kurang matang, kamu bisa menggabungkannya kembali dengan menggunakan plastik. Cling wrap atau plastic wrap ini bisa kamu gunakan untuk menahan kelembaban dari alpukat yang masih dalam proses pematangan.

5. Direndam dalam beras

Cara lama yang masih ampuh sampai saat ini adalah merendam alpukat di dalam beras. Cara ini bisa kamu lakukan dengan jangka waktu sekitar 3-4 hari sampai alpukat matang. Jangan lupa untuk memeriksa alpukatnya yah, siapa tahu alpukat bisa matang lebih awal!

Itulah 5 cara mematangkan alpukat yang bisa kamu coba di rumah. Mudah banget kan caranya? Jadi, gak perlu khawatir lagi kalau beli alpukat tapi belum matang! Semoga artikel ini bisa membantu!


Penulis: Anna Novita Rachim

Baca Juga: Stok Alpukat Cepat Busuk? Berikut Cara Tepat Menyimpannya!

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

Laila Dawud

Laila Dawud

Alpukat Kecrok Gula

Alpukat Kecrok Gula

(5.0)

5 langkah

30

Artikel Lainnya di tips

Advertisement

Advertisement